5 Daerah Bersejarah Yang Disinggahi Rasulullah Ketika Isra' Mi'raj


Sumber gambar Tribunnews.com

No 1 Menjadi Impian Semua Orang

Hari ini bertepatan dengan malam Isra' Mi'raj, malam yang sangat bersejarah bagi umat islam seluruh dunia. Bila ditilik dari asal usulnya hari yang jatuh pada 27 Rajab ini merupakan kepingan kedua dari perjalanan Nabi Muhammad SAW.

Dalam perjalanannya selama satu malam, Nabi Muhammad mendapatkan perintah untuk menunaikan salat lima waktu yang lalu menjadi rukun Islam.

Di sisi lain, selama melaksanakan perjalanan, ada beberapa kawasan yang disinggahi oleh Nabi Muhammad. Tempat-tempat bersejarah itu lalu menjadi destinasi wisata religi yang sekarang diminati oleh umat Muslim. Apa sajakah tempat-tempat tersebut?

Berikut merangkumnya untuk kalian, bebarapa kawasan yang disinggahi Rasulullah ketika Isra' Mi'raj.


Sumber gambar charismainsani.id

1. Masjidil Haram

Ada dongeng yang mengisahkan sebelum kejadian isra atau keberangkatan dada Nabi Muhammad dibelah dan dibersihkan oleh Malaikat Jibril memakai air zamzam. Peristiwa ini terjadi di Masjidil Haram, Mekkah. Saat melaksanakan ibadah umrah atau haji, sudah niscaya umat Muslim akan mengunjungi masjid ini.


Sumber gambar zurich.co.id

2. Madinah

Tempat selanjutnya yang disinggahi oleh Nabi Muhammad yaitu Yastrib yang lalu dikenal dengan nama Madinah. Di sana Malaikat Jibril menyampaikan kepada Nabi Muhammad kota tersebut merupakan tujuan hijrah.

:

  1. Doa Malam Isra' Miraj Lengkap Dengan Arti dan Hikmah Dibalik Peristiwa Ini
  2. Seorang Ibu Tidur Diatas Makan Anaknya, Ini Penyebab Anaknya Meninggal

3. Gunung Sinai

Tempat lain yang ditunjukkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad selama melaksanakan perjalanan yaitu Gunung Thursina atau Gunung Sinai. Dikatakan gunung ini merupakan kawasan di mana Allah berbicara pribadi dengan Nabi Musa dan mempunyai ketinggian mencapai 2285 meter.

4. Bethlehem

Dalam perjalanan menaiki buraq, Nabi Muhammad juga sempat singgah di Bethlehem. Dikatakan kawasan tersebut merupakan kawasan kelahiran Nabi Isa.

5. Masjidil Aqsa

Perjalanan Nabi Muhammad hingga juga di Masjidil Aqsa yang merupakan masjid tertua sehabis Masjidil Haram. Di sana terdapat Baitul Maqdis yang merupakan kawasan Nabi Muhammad berangkat menuju Sidratul Muntaha dengan cara melewati langit yang berlapis-lapis dan bertemu dengan para nabi.

Kemudian dilanjutkan dengan menghadap Allah dan mendapatkan perintah salat lima waktu.

Begitulah tadi 5 Tempat Bersejarah yang Disinggahi Rasulullah Saat Isra' Mi'raj. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sudah membacanya, dan admin sangat bereterima kasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca artikel yang admin tulis dari awal hingga akhir.

Berikan balasan kalian dikolom komentar mengenai artikel yang sudah admin tulis.