6 Cara Merawat Rambut Biar Tetap Sehat Tanpa Harus Ke Salon

 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Tanpa Harus ke Salon 6 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Tanpa Harus ke Salon
Image Source: fimela.com
Rambut merupakan salah satu kepingan penting. Kebersihan dan keindahan rambut selalu diperhatikan, terutama mereka para perempuan yang selalu menganggap sesuatu yang sangat penting. Masalah rambut rontok ini cukup menyita perhatian. Tak heran aneka macam cara merawat rambut dilakukan demi mendapat rambut yang indah dan sehat.

Bagaimana cara merawat rambut rusak? Memelihara rambut yaitu hal yang relatif gampang dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat. Rambut terbuat dari protein, jadi Anda harus mengonsumsi masakan yang mengandung protein semoga rambut tetap sehat. Ada bermacam-macam cara merawat rambut semoga sehat dan berkilau. Beberapa cara gampang yang bisa dilakukan tanpa harus ke salon, yaitu dengan menata rujukan hidup saja.

Bagaimana cara merawat rambut dengan baik? Kunci dari cara merawat rambut yang terbaik bahu-membahu hanya telaten. Cara merawat rambut sehat berkilau tanpa harus kau pergi ke salon. Kamu bisa melaksanakan perawatan sendiri di rumah dan tetap mendapat rambut yang sehat. Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi repot ke salon untuk merawat rambut!

:

Cara merawat rambut tanpa harus ke salon

1. Pilih materi yang tepat

Cara merawat rambut kering yang pertama yaitu dengan memperhatikan materi yang ada pada produk rambut yang digunakan. Anda perlu memakai produk yang mengandung materi menyerupai pisang, shea butter, minyak zaitun, minyak argan, atau minyak kelapa, yang mempunyai kemampuan untuk melindungi kelembapan pada rambut serta menutrisi rambut.

2. Hindari materi yang memicu rambut semakin kering

Salah satu tips merawat rambut kering, yaitu jangan gunakan produk rambut yang mengandung silikon dan alkohol. Silikon sendiri sanggup menghalangi peresapan nutrisi dan kelembapan yang dibutuhkan oleh rambut. Sementara untuk alkohol sanggup menciptakan rambut ‘dehidrasi’. Produk rambut yang mengandung sulfat juga sanggup menciptakan rambut menjadi lebih kering alasannya yaitu menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut. Sebaiknya gunakan produk rambut yang mengandung materi organik dan tentunya sanggup merawat rambut yang kering dengan kandungan pelembap.

3. Hindari mencuci rambut terlalu sering

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya, yaitu tidak mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut terlalu sering sanggup mengakibatkan hilangnya minyak alami pada kulit kepada dan rambut. Hal ini justru menciptakan rambut tambah kering dan menjadi rapuh. Agar rambut tidak kering, Sebaiknya cucilah rambut setiap 2-3 hari sekali untuk mempertahankan minyak alami di rambut Anda.

4. Gunakan masker rambut

Pemakaian masker rambut juga sanggup dijadikan salah satu cara merawat rambut kering. Penggunaan masker ini bertujuan untuk melembutkan rambut bergairah dan menambahkan kelembapan. Disarankan untuk memakai masker rambut setidaknya 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Cara menggunakannya, oleskan masker ke rambut Anda sehabis keramas, kemudian ratakan masker ke seluruh rambut dan biarkan selama 20 sampai 30 menit sebelum dibilas. Anda sanggup menciptakan masker rambut sendiri dengan bahan-bahan alami atau bila tidak ingin repot, Anda sanggup memakai masker rambut yang ada di pasaran. Sesuaikan cara perawatan rambut kering dengan duduk masalah rambut Anda.

5. Gunakan shampoo dan kondisioner dengan benar

Perawatan rambut kering juga sangat bergantung pada penggunaan shampoo dan kondisioner rambut. Saat Anda sedang memakai shampoo, cara mengatasi rambut kering yang benar yaitu dengan membersihkan seluruh rambut dan kulit kepala pada bilasan pertama dan pada bilasan kedua sebisa mungkin untuk menggunakannya pada kepingan akar rambut saja. Hal ini dikarenakan minyak pada rambut terkonsentrasi di sana. Untuk pemakaian kondisioner gunakanlah di ujung rambut dan hindari pangkal rambut, alasannya yaitu akar rambut sanggup menjadi berminyak.

6. Potong ujung rambut

Cara merawat rambut kering yang terakhir yaitu memotong ujung rambut secara rutin untuk menciptakan tampilan rambut menjadi lebih sehat. Sebab, salah satu ciri dari rambut kering yaitu ujung rambut yang kering atau bercabang. Sebagai cara semoga rambut tidak kering, disarankan untuk melaksanakan pemotongan ujung rambut tiap dua sampai tiga bulan sekali di salon.

Penyebab rambut kering

Bagaimana cara merawat rambut kering? Rambut yang kering intinya kurang produksi minyak untuk membuatnya tetap lembap. Kondisi tersebut, menciptakan lapisan luar rambut mengelupas sehingga mahkota Anda terlihat kering dan kusam. Pasti Anda ingin tau apa yang menjadi penyebab rambut kering? Untuk menjawabnya, simak 6 faktornya berikut ini.

Faktor lingkungan

Penyebab rambut kering yang pertama yaitu dari lingkungan. Polusi, kotoran, sampai cuaca panas sanggup menciptakan rambut menjadi kering. Paparan sinar matahari yang ekstrem merupakan salah satu penyebab rambut kering yang utama. Apalagi tinggal di Indonesia yang mempunyai iklim tropis, sehingga berisiko mengalami kekeringan lebih tinggi daripada orang yang tinggal di negara empat musim.

Cara keramas yang salah

Mungkin ada sebagian dari Anda yang menganggap bila keramas setiap hari baik untuk rambut. Sebenarnya ini keliru. Pasalnya, beberapa jenis rambut gampang kehilangan kelembapan alaminya alasannya yaitu keramas setiap hari. Menggunakan sampo yang tidak sesuai jenis rambut sanggup mengakibatkan rambut menjadi kering dan menghilangkan minyak alami pada rambut.

Alat styling penghantar panas

Alat-alat menyerupai hair dryer, catokan maupun pengeriting sering dipakai untuk menata rambut semoga lebih rapi dan indah. Tapi, bila dipakai terlalu sering sanggup menjadi penyebab rambut kering. Hal ini dikarenakan alat-alat styling tersebut menciptakan kandungan lemak yang berada di dalam kulit kepala menjadi kering, sehingga tidak ada lagi yang mengontrol kelembapan rambut.

Menggunakan pewarna rambut

Penyebab rambut kering yang sering diabaikan, yakni seringnya mewarnai rambut. Pewarna rambut mengandung materi kimia yang cukup keras yang sanggup menyerap minyak alami rambut yang akan menciptakan rambut menjadi kering.

Kurang asupan air putih

Perlu diketahui, kesehatan rambut juga dipengaruhi dari kecukupan konsumsi air putih. Anda niscaya sudah sering mendengar bila sebaiknya badan insan minum air mineral 2 liter per hari. Minum air putih yang cukup sanggup menghidrasi sel-sel di rambut dan kuku Anda. Kelembapan ini dibutuhkan semoga rambut terhindar dari kekeringan dan kerusakan lainnya.

Kurang nutrisi

Bila rambut kekurangan nutrisi niscaya akan muncul masalah, salah satunya yaitu rambut kering. Apalagi bila Anda sedang diet yang mengurangi sebagian besar porsi makan dan nutrisi tidak hanya mempengaruhi kondisi tubuh, tetapi juga kondisi kesehatan rambut Anda.

Nah itulah cara merawat rambut semoga tetap indah berkilau dan sehat. Dengan mengetahui 6 penyebab rambut kering di atas semoga membantu Anda meminimalisir rambut menjadi rusak. Hal ini alasannya yaitu bila rambut sudah kering niscaya akan memunculkan masalah-masalah lain menyerupai rambut bercabang, gampang rontok, dan lain-lain. Selain itu, rambut yang kering menjadi terlihat kusut sehingga mengganggu penampilan Anda. 

Demikian bagaimana cara merawat rambut yang bisa dicoba dirumah. Semoga bermanfaat.