Faktor Penyebab Tubuh Kurus Dan Susah Gemuk

Faktor Penyebab Badan Kurus dan Susah Gemuk Faktor Penyebab Badan Kurus dan Susah Gemuk
Image Source: hipwee.com

Apa penyebab tubuh kurus? Penampilan memang menjadi hal yang paling penting untuk dipikirkan banyak orang biar mereka lebih percaya diri dihadapan semua orang, salah satunya tubuh kurus. Faktanya, tak sedikit orang yang tetap tampil kurus meski sudah cukup banyak makan. Lantas apa bersama-sama penyebab tubuh kurus dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa penyebab tubuh kurus padahal makan banyak? Memiliki tubuh kurus atau status gizi underweight tidak berarti sehat, ada beberapa faktor penyebab tubuh kurus. Tidak semua penyebab tubuh kurus meski sudah banyak makan berasal dari penyakit. Secara umum, penyebab tubuh kurus pada seseorang yakni akhir kurangnya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Penting bagi Anda untuk mengetahui faktor penyebab tubuh kurus. Pasalnya, tubuh yang terlalu kurus sanggup merusak kesehatan Anda dan kuat pada sistem kekebalan tubuh yang lemah, kelemahan tulang atau osteoporosis, anemia, kekurangan energi, sampai gangguan kesuburan.

Sementara sanggup jadi kau gak tahu niscaya penyebab berat badanmu turun. Apa saja penyebab tubuh kurus? Berikut yakni sejumlah hal yang sanggup menjadi penyebab tubuh kurus yang sudah dirangkum oleh pada artikel ini.

:

Penyebab tubuh kurus yang perlu Anda ketahui

Ada bermacam-macam penyebab tubuh kurus, di antaranya:

1. Genetik atau keturunan

Jika semenjak lahir sampai berilmu balig cukup akal mempunyai postur tubuh kurus, atau bila orang renta dan keluarga Anda berpostur kurus, kemungkinan Anda mempunyai faktor keturunan berbadan kurus. Beberapa orang memang terlahir dengan metabolisme lebih tinggi dari biasanya, yang kemudian menimbulkan seseorang mempunyai tubuh kurus. Dari segi medis, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari hal ini.

2. Aktivitas fisik yang cenderung tinggi

Aktivitas fisik menyerupai olahraga yang terlalu sering atau pekerjaan berat juga sanggup memengaruhi berat badan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kalori yang dibakar ketika melaksanakan acara fisik.

3. Kondisi medis tertentu

Tiroid yang terlalu aktif, gangguan pencernaan, diabetes, sampai kanker sanggup menjadikan penurunan berat tubuh dan menimbulkan tubuh kurus.  Diet ekstrim juga sanggup menjadi penyebab tubuh kurus lantaran kurangnya asupan nutrisi untuk tubuh.

4. Obat-obatan tertentu

Sebagian obat-obatan yang diresepkan dokter juga sanggup menimbulkan mual dan penurunan berat badan. Kemoterapi juga cenderung mengurangi nafsu makan dan memperburuk penurunan berat tubuh akhir sakit.

5. Masalah psikologis

Kesehatan mental juga sanggup menjadi faktor penyebab tubuh kurus. Stres, depresi, gangguan makan, dan duduk masalah emosional sanggup mensugesti kebiasaan sampai nafsu makan Anda, yang akibatnya berdampak pada penurunan berat badan.

Tips sehat menambah berat badan

Cara terbaik mengatasi tubuh kurus yakni dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Jika Anda merasa terlalu kurus dan tidak tahu penyebabnya, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter dan melaksanakan beberapa investigasi yang diperlukan. Dokter biasanya akan menganjurkan jadwal penambahan berat badan. Kendati demikian, bukan berarti Anda harus menggila dengan porsi makan dan kudapan berupa junk food. Sekalipun junk food sanggup menaikkan berat badan, namun kandungan lemak, gula, garam yang terlalu berlebih pada junk food justru sanggup berdampak jelek bagi kesehatan.

Untuk mendapat berat tubuh yang lebih berisi, Anda sanggup melaksanakan langkah-langkah diet sehat menyerupai menambahkan unsur kalori sehat dalam sajian makanan Anda. Beberapa asupan yang sanggup Anda tambahkan seperti:
  • Buah, sayur, roti gandum, kacang-kacangan, dan keju. Jenis makanan ini sanggup menjadi sumber kalori sehat yang Anda konsumsi.
  • Asupan protein, karbohidrat dan lemak sehat. Jangan lupa untuk menentukan makanan yang bernutrisi, menyerupai daging, ikan, atau telur yang berprotein tinggi, juga nasi merah yang berkarbohidrat tinggi. Pilih sumber lemak sehat menyerupai makanan yang dimasak dengan minyak canola atau biji bunga matahari.
  • Camilan. Memilih kudapan sehat yang mengandung protein dan karbohidrat sehat juga sanggup membantu menambah berat badan.
  • Olahraga. Disarankan menentukan olahraga yang membangun kekuatan dan massa otot menyerupai yoga. Olahraga ini sanggup membangun otot-otot dan membantu kenaikan berat badan.
  • Cukupi kebutuhan cairan. Setidaknya Anda harus minum 6 - 8 gelas air per hari. Hindari untuk minum sebelum makan yang sanggup menimbulkan rasa kenyang.

Nah, itulah beberapa penyebab tubuh kurus yang sanggup menambah wawasan Anda. Jika Anda mempunyai selera makan yang buruk, cobalah untuk makan dengan porsi kecil namun teratur. Ada banyak hal yang menjadi penyebab tubuh kurus.

Segera kenali alasannya dan terapkan diet sehat untuk membantu menambah berat tubuh Anda. Untuk lebih jelasnya, konsultasikan pada dokter dan mahir gizi mengenai asupan nutrisi yang sempurna dan berimbang.

Demikian klarifikasi tentang apa penyebab tubuh kurus dan tidak sanggup gemuk. Semoga bermanfaat.