Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Maupun Orang Dewasa

Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Maupun Orang Dewasa Gejala Radang Tenggorokan Pada Anak Maupun Orang Dewasa
Image Source: kantorobat.com

Ketika tenggorokan sakit, tentu sebagian besar dari kita ingin tahu apa penyebabnya. Selain menjawab rasa ingin tau itu, mengetahui penyebab sakit tenggorokan juga diperlukan. Hampir setiap penyakit mempunyai gejala, termasuk radang tenggorokan.

Gejala radang tenggorokan diartikan sebagai suatu keluhan (rasa tak nyaman) pada penderitanya. Radang tenggorokan yaitu salah satu penyebab sakit tenggorokan. Cari tahu gejala, penyebab, dan cara mencegah tanda-tanda radang tenggorokan yang sering disebut panas dalam.

Sakit tenggorokan akrab kaitannya dengan radang amandel. Meski sekilas keduanya mempunyai tanda-tanda yang hampir sama, tapi sakit tenggorokan dan amandel mempunyai ciri atau tanda-tanda yang berbeda. Radang tenggorokan biasanya merupakan istilah yang biasa dipakai orang awam untuk menyebut tanda-tanda sakit tenggorokan. Padahal tidak semua penyakit disebut radang.

Apa saja penyebab radang tenggorokan? Sakit tenggorokan lantaran virus biasanya berlangsung beberapa hari, kemudian menghilang begitu saja. Biasanya diikuti dengan gejala-gejala tertentu. Sakit Tenggorokan sanggup terjadi tanggapan banyak sekali sebab, yang paling umum sakit tenggorokan muncul bersamaan dengan kondisi ketika batuk.

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, Anda perlu lebih meningkatkan sistem kekebalan badan lebih efektif memerangi tanda-tanda pilek dan flu lainnya.

Pada kesempatan kali ini akan membahas apa saja tanda-tanda radang tenggorokan yang sering dialami oleh sebagian masyarakat.

:

Definisi

Apa itu radang tenggorokan (faringitis)?

Radang tenggorokan atau faringitis yaitu sakit tenggorokan yang disebabkan oleh radang belahan belakang tenggorokan, atau yang dalam dunia medis disebut dengan faring. Masyarakat Indonesia sering menyebutnya dengan sebutan panas dalam.

Radang tenggorokan akan menciptakan Anda merasa tidak nyaman lantaran tenggorokan akan terasa sakit atau panas, sehingga menciptakan Anda kesulitan untuk makan.

Sakit tenggorokan yaitu tanda-tanda umum dari beberapa penyakit yang berbeda atau terjadi lantaran penyakit lain, ibarat flu, demam, dan mononukleosis (demam kelenjar). Sakit tenggorokan biasanya akan mereda tanpa obat radang tenggorokan dalam waktu kurang dari seminggu.

Seberapa umumkah radang tenggorokan (faringitis)?
Kondisi ini sanggup memengaruhi semua orang, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Siapapun sanggup mengalami radang tenggorokan baik anak-anak, orang dewasa, atau orang lanjut usia. Namun belum dewasa berusia antara 5 hingga 15 tahun cenderung paling sering terkena sakit tenggorokan.

Pada orang dewasa, 10% sakit tenggorokan yang mereka alami disebabkan oleh infeksi basil streptococcus. Anda sanggup mengatasi radang tenggorokan ini dengan mengurangi faktor risiko, untuk info lebih lanjut, Anda sanggup diskusikan dengan dokter.

Tanda-tanda & tanda-tanda radang tenggorokan

Apa saja ciri-ciri dan tanda-tanda radang tenggorokan (faringitis)?

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, biasanya Anda akan mengalami rasa tidak nyaman dalam tenggorokan. Gejala lain yang muncul biasanya tergantung pada penyebabnya, tanda-tanda umum yang muncul pada radang tenggorokan adalah:
  • Sakit tenggorokan
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri sendi dan nyeri otot
  • Ruam kulit
  • Membengkaknya kelenjar getah bening di leher
Apa tanda-tanda radang tenggorokan? Karena tanda-tanda radang tenggorokan bergantung pada penyebabnya, maka tanda-tanda sakit tenggorokan yang Anda rasakan sanggup bervariasi. Gejala sakit tenggorokan yang disebabkan oleh demam adalah:
  • Bersin
  • Batuk
  • Demam dengan suhu 38 derajat Celsius
  • Sakit kepala ringan
Sedangkan tanda-tanda sakit tenggorokan yang disebabkan oleh  flu adalah:
  • Kelelahan
  • Pegal-pegal
  • Panas dingin
  • Demam dengan suhu lebih dari 38 derajat Celsius
Sedangkan tanda-tanda sakit tenggorokan yang disebabkan oleh mononukleosis atau demam kelenjar adalah:
  • Pembesaran kelenjar getah bening di leher dan ketiak
  • Amandel membengkak
  • Sakit kepala
  • Kehilangan selera makan
  • Pembengkakan limpa
  • Peradangan hati
Jika Anda merasa bahwa tanda-tanda radang tenggorokan yang Anda rasakan telah mengganggu kegiatan harian Anda, segera konsultasikanlah keluhan Anda kepada dokter untuk mendapat obat radang tenggorokan yang sempurna dan sesuai dengan kondisi Anda.

Penyebab

Apa penyebab radang tenggorokan (faringitis)?

Penyebab sakit tenggorokan biasanya yaitu virus dan bakteri. Virus dan basil yang mengakibatkan pilek dan influenza sebagian besar juga akan menghipnotis sakit tenggorokan. Virus sebuah penyakit yang mengakibatkan sakit tenggorokan antara lain:
  • Pilek
  • Flu (influenza)
  • Mononukleosis (demam kelenjar)
  • Campak
  • Cacar air
  • Croup atau infeksi pernapasan yang sering terjadi pada belum dewasa yang ditandai dengan batuk keras yang menggonggong
Sedangkan infeksi basil yang sanggup mengakibatkan sakit tenggorokan yaitu streptococcus pyogenes dan streptococcus kelompok A. Selain virus dan bakteri, radang tenggorokan juga sanggup disebabkan oleh hal berikut ini:

1. Alergi

Alergi pada bulu binatang peliharaan, jamur, bubuk dan serbuk sari bunga sanggup mengakibatkan Anda sakit tenggorokan. Postnasal drip yaitu penyebab utama dalam kasus alergi yang disebabkan radang tenggorokan. Hasil paparan alergen, postnasal drip terjadi ketika mampet pada sinus mengalir ke tenggorokan, mengakibatkan rasa menggelitik atau rasa sakit gatal.

2. Udara 

Udara yang pengap dan panas di dalam sebuah ruangan sanggup menciptakan tenggorokan Anda terasa berangasan dan gatal, terutama di pagi hari ketika Anda berdiri tidur. Bernapas terlalu sering melalui lisan lantaran hidung tersumbat juga sanggup mengakibatkan sakit tenggorokan.

3. Iritan (bahan kimia)

Polusi udara di luar sanggup mengakibatkan iritasi tenggorokan terus-menerus. Polusi udara di dalam ruangan lantaran rokok atau materi kimia juga sanggup mengakibatkan radang tenggorokan. Mengunyah tembakau, minum alkohol dan mengonsumsi masakan pedas juga sanggup menciptakan tenggorokan Anda sakit.

4. Otot tegang pada tenggorokan 

Otot di tenggorokan Anda sanggup menegang, lantaran Anda selalu sering berteriak, ibarat pada program olah raga, berbicara keras, atau berbicara dalam waktu usang tanpa istirahat.

5. Penyakit gastroesophageal reflux (GERD)

GERD yaitu kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada tanggapan naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan yaitu belahan dari jalan masuk pencernaan yang menghubungkan lisan dan lambung, yang mengakibatkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Penyakit asam lambung merupakan persoalan kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

6. Infeksi HIV 

Sakit tenggorokan dan tanda-tanda flu lainnya terkadang muncul lebih awal pada seseorang yang terinfeksi HIV. Seseorang yang nyata mengalami HIV, mungkin akan mengalami sakit tenggorokan kronis atau berulang lantaran infeksi. Infeksi sakit tenggorokan ini lebih sering terjadi pada seseorang dengan sistem kekebalan badan yang lemah.

7. Tumor 

Tumor kanker tenggorokan, lidah, dan laring sanggup mengakibatkan radang tenggorokan. Tanda atau tanda-tanda lain mungkin termasuk bunyi serak, sulit menelan, sesak napas, benjolan di leher, dan darah dalam air liur.

Faktor-faktor risiko

Siapa yang berisiko terkena radang tenggorokan (faringitis)?

Meskipun setiap orang sangat besar kemungkinannya untuk mengalami sakit tenggorokan. Ada beberapa faktor yang menciptakan Anda lebih rentan terkena faringitis, antara lain:

1. Usia

Anak-anak dan remaja mempunyai kemungkinan lebih besar untuk mengalami sakit tenggorokan. Radang tenggorokan pada belum dewasa biasanya banyak disebabkan oleh infeksi bakteri.

2. Asap rokok 

Merokok dan asap rokok sanggup mengiritasi tenggorokan Anda. Penggunaan produk tembakau juga meningkatkan risiko kanker mulut, tenggorokan dan laring (kotak suara).

3. Alergi 

Alergi musiman atau reaksi alergi yang terus-menerus terhadap debu, jamur atau bulu binatang peliharaan akan menciptakan sakit tenggorokan Anda akan lebih parah.

4. Paparan iritan kimia 

Polusi udara yang dihasilkan oleh pembakaran materi bakar fosil dan materi kimia rumah tangga biasa sanggup mengakibatkan iritasi pada tenggorokan Anda.

5. Infeksi sinus parah 

Lendir atau mukus yang dihasilkan oleh sinus berfungsi membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru-paru. Lendir ini mengalir ke hidung melalui saluran-saluran kecil. Saluran ini sanggup terhalang kalau sinus terinfeksi atau mengalami peradangan dan mengakibatkan sakit tenggorokan.

6. Tempat berkumpulnya virus dan bakteri 

Infeksi virus dan basil sanggup menyebar dengan gampang di kawasan orang berkumpul, baik di sentra penitipan anak, ruang kelas, kantor atau pesawat terbang.

7. Sistem imun lemah 

Anda akan lebih rentan terhadap infeksi kalau daya tahan badan Anda lemah. Sistem daya tahan badan yang lemah ini biasanya disebabkan oleh suatu penyakit ibarat HIV, diabetes, pengobatan dengan steroid atau obat kemoterapi, atau lantaran stres, kelelahan, dan teladan makan yang buruk.

Namun perlu Anda ingat, kalau Anda tidak menemukan faktor risiko, bukan berarti Anda tidak akan pernah mengalami sakit tenggorokan. Konsultasikan selalu kondisi kesehatan kepada dokter kalau Anda mencicipi perubahan tidak normal pada badan Anda.

Demikian apa saja tanda-tanda radang tenggorokan yang sanggup menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.