Manfaat Kunyit Asam Untuk Perempuan Selain Meredakan Nyeri Haid

Manfaat Kunyit Asam untuk Wanita Selain Meredakan Nyeri Haid Manfaat Kunyit Asam untuk Wanita Selain Meredakan Nyeri Haid
Image Source: hellosehat.com

Apa manfaat kunyit asam? Kunyit asam yaitu salah satu jenis jamu yang paling gampang dibentuk sendiri dan relatif kondusif sebab bahan-bahan yang dipakai yaitu tradisional. Sudah bukan diam-diam lagi jikalau kunyit merupakan salah satu rempah-rempah khas Indonesia yang mempunyai sifat anti-radang dan antibakteri.

Kegiatan meminum kunyit asam memang menjadi salah satu yang disarankan untuk menjaga tidak hanya kecantikan kulit, tetapi juga memperlihatkan manfaat kesehatan lainnya. Kunyit asam populer sebagai minuman tradisional yang menyehatkan. Namun nyatanya, kunyit dan asam yaitu dua jenis rempah yang berbeda.

Melihat khasiat kedua materi tersebut, Anda niscaya sudah sanggup membayangkan manfaat kunyit dan asam apabila dibentuk menjadi minuman kunyit asam. Bukan hanya itu, masing-masing materi juga masih mempunyai segudang manfaat lainnya. Mari ulas satu per satu.

Apa saja manfaat kunyit asam yang baik bagi kesehatan Anda? Simak klarifikasi selengkapnya mengenai manfaat kunyit asam dan kandungan kunyit asam pada artikel berikut ini.

:

Berbagai manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan

Manfaat Kunyit Asam untuk Wanita Selain Meredakan Nyeri Haid Manfaat Kunyit Asam untuk Wanita Selain Meredakan Nyeri Haid
Image Source: hellosehat.com

Secara alamiah, kunyit mengandung materi aktif yang berfungsi sebagai analgesik (meredakan nyeri), antipiretik (menurunkan suhu tubuh ketika demam), dan antiradang. Begitu juga dengan asam jawa yang mengandung materi aktif sebagai antiradang, antipiretik, dan penenang. Campuran kedua materi alami ini telah terbukti kondusif dan tidak menjadikan keracunaan bila dikonsumsi bersamaan. Nah, berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jamu kunyit asam:

1. Meredakan nyeri haid

Apa manfaat kunyit asam untuk wanita? Jamu kunyit asam umum dikonsumsi oleh perempuan dengan keluhan nyeri haid. Bahkan sekarang kunyit asam sudah banyak diproduksi dalam bentuk serbuk atau minuman kemasan sehingga Anda tidak perlu repot-repot meraciknya sendiri.

Kandungan kurkumin pada kunyit bekerja dengan mengurangi ajaran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang membuat rasa sakit dan pembengkakan.

Manfaat ini semakin diperkuat dengan reaksi tannin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin pada asam jawa yang sanggup memengaruhi sistem saraf otonom dan otak. Selanjutnya, otak akan mengirimkan perintah ke tubuh untuk meredakan kontraksi rahim.

Maka tidak diragukan lagi bila minuman kunyit asam memang terbukti bisa mengatasi nyeri haid pada wanita.

2. Sebagai antioksidan

Apa manfaat kunyit asam bagi tubuh? Sejumlah penelitian menandakan bahwa kunyit dan asam sama-sama bermanfaat sebagai antioksidan. Pasalnya, senyawa kurkumin pada kunyit diketahui mempunyai kegiatan antioksidan yang tinggi, sama halnya dengan asam jawa yang juga mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh.

Kandungan antioksidan pada minuman kunyit asam mempunyai kegiatan yang lebih besar dibandingkan dengan antioksidan sintetis. Suatu penelitian menyebutkan bahwa formula terbaik minuman kunyit asam terdiri dari 25 persen asam, 5 persen kunyit, dan 70 persen air untuk kadar antioksidan yang maksimal.

3. Menurunkan berat badan

Secara terpisah, baik kunyit maupun asam jawa sama-sama berguna untuk menurunkan berat badan. Khasiat ini tentu semakin maksimal dengan menggabungkan dua materi alami tersebut.

Kurkumin, yaitu suatu antioksidan pada kunyit berfungsi untuk menekan respon peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Reaksi ini sanggup membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta kondisi metabolik lainnya tanggapan obesitas. Alhasil, berat tubuh Anda cenderung lebih stabil dan menurunkan risiko obesitas. Selain itu, tubuh Anda juga menjadi lebih fokus ketika menurunkan berat tubuh sebab minimnya reaksi peradangan pada tubuh sehabis minum kunyit asam.

4. Mengendalikan gula darah

Apa manfaat minum kunyit asam setiap hari? Bila Anda mengidap penyakit diabetes, cobalah untuk rutin mengkonsumsi jamu kunyit asam. Kunyit telah usang diketahui sanggup menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes. Efek ini diduga tanggapan kemampuan antiinflamasi yang dimiliki oleh kunyit.

Bahkan sebuah studi pada tahun 2012 memperlihatkan bahwa orang dengan prediabetes yang mengkonsumsi kapsul kurkumin cenderung menghambat kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Jadi, masih ragu dengan manfaat kunyit asam untuk kesehatan tubuh Anda?

Nah, itulah apa saja manfaat jamu kunyit asam yang bisa Anda dapatkan, apabila dikonsumsi rutin setiap hari. Jika sehabis mengkonsumsi kunyit asam ini ada tanda-tanda yang tidak lezat pada tubuh Anda, segera konsultasi dengan dokter secepatnya.

Demikian klarifikasi tentang apa manfaat kunyit asam. Semoga bermanfaat.
Related Posts