Ternyata Semudah Ini Cara Menciptakan Tempe Sendiri

Ternyata Semudah ini Cara Membuat Tempe Sendiri Ternyata Semudah ini Cara Membuat Tempe Sendiri
Image Source: masbroo.com

Bagaimana cara menciptakan tempe? Tempe, siapa yang tidak kenal dengan kuliner tradisional yang materi utamanya yakni kacang kedelai. Kacang kedelai merupakan salah satu materi yang mempunyai gizi yang tinggi. Tempe merupakan kuliner tradisional yang materi utamanya kacang kedelai. Walaupun kuliner tradisional, tapi tempe ini yakni kuliner yang sangat menyehatkan.

Beragam keunggulan mengonsumsi tempe antara lain bisa mencegah hipertensi, menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan penyakit lainnya. Nah, bagi anda yang ingin tau bagaimana sih cara menciptakan tempe, simak terus ya artikel ini.

Cara menciptakan tempe sederhana memang bisa dibilang sudah ada semenjak zaman dahulu kala, alasannya memang tempe sangat populer dikalangan masyarakat. Hasil pencarian untuk cara menciptakan tempe homemade terdapat 1.843 resep kuliner rumahan yang gampang dan enak. Lihat juga resep kering tempe simple yummy lainnya.

Pada kesempatan kali ini akan membagikan cara menciptakan tempe sendiri cukup gampang untuk dipraktekkan di rumah. Bahan dan alat yang diharapkan pun tidak terlalu rumit untuk ditemukan di pasaran.

:

Cara menciptakan tempe sendiri di rumah

Alat dan materi menciptakan tempe :

  • Baskom
  • Saringan
  • Dandang
  • Kipas angin
  • Sotel kayu
  • Tampah
  • Kompor
  • Kacang kedelai (sesuaikan kebutuhan Anda saja)
  • Ragi tempe
  • Daun pisang/kantong plastik

Langkah-langkah cara menciptakan tempe :

  1. Cuci higienis semua peralatan terlebih dahulu. Keringkan.
  2. Cuci higienis kacang kedelai.
  3. Rendamlah kacang kedelai kurang lebih selama 13-18 jam.
  4. Jika sudah lunak, kelupas kulitnya.
  5. Bilas memakai air.
  6. Rebus kembali biji kedelai yang sudah dibilas air tadi.
  7. Tiriskan pada tampah. Kipasi memakai kipas angin sampai tidak terlalu panas.
  8. Masukkan ragi tempe ke biji kedelai secara merata, aduk rata.
  9. Masukkan biji kedelai yang sudah diberi ragi pada daun pisang atau kantong plastik. Untuk tebal tipisnya sesuai dengan selera anda.
  10. Untuk mendapat tempe yang baik, waktu yang dibutuhkan untuk proses fermentasi yakni 2 hari dengan suhu kamar. Usahakan kacang kedelai anda sudah tertutupi jamurnya.
Bagaimana, cukup gampang bukan? Tahukah anda bahwa selain protein, ternyata tempe juga mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan badan untuk membantu kinerjanya lebih maksimal. Sehingga ibu-ibu dirumah bisa mencoba menciptakan tempe ini untuk menu makan.

Demikian klarifikasi tentang bagaimana cara menciptakan tempe. Semoga bermanfaat.
Related Posts