Efek Samping Konsumsi Obat Tidur, Dapat Terlelap Usang Sampai Tak Sadarkan Diri


obat tidur via hellosehat.com

Jangan terlalu sering konsumsi obat tidur. Konsumsipun harus dengan tawaran dokter. Jangan minum obat tidur dengan sembarang dosis. Ini efeknya bahayanya.

Apakah obat tidur berbahaya

Obat tidur ialah jenis obat yang diresepkan oleh dokter sebagai pengobatan jangka pendek untuk duduk perkara gangguan tidur. Penggunaan obat tidur wajib di bawah pengawasan dokter. Jika tidak dikonsumsi dengan bijak, obat tidur sanggup membawa imbas samping yang berbahaya, mulai dari gangguan ingatan, alergi, hingga ketergantungan.

Makara sudah tahukan balasan dari apakah obat tidur berbahaya atau tidak. Selanjutnya, apakah obat tidur termasuk narkoba ?

Apakah obat tidur termasuk narkoba ?

Ada bebrapa obat tidur yang mempunyai dampak menyerupai narkoba, berikut ulasannya.

Xanax (alprazolam) merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan benzodiazepine (minor tranquilezer) yang bekerja dengan cepat sehabis dikonsumsi. Indikasi Xanax ialah untuk mengatasi anxiety (kecemasan), panick attack, serta depresi ringan. Xanax bekerja pada Gamma-Amino Butyric Acid (GABA) receptor, neurotransmitter yang penting di otak manusia.

Cara kerja Xanax yang cepat diserap sistem pencernaan, merupakan keunggulan obat ini dalam mengatasi panic attack. Puncak konsentrasi alprazolam dalam plasma insan diperoleh hanya dalam waktu 1 hingga 2 jam sehabis dikonsumsi. Obat ini hanya boleh diresepkan oleh dokter seorang hebat kesehatan jiwa (psikiater).
Xanax tersedia dalam takaran 0.25 mg (berwarna putih), 0.5 mg (berwarna merah muda), dan 1 mg (berwarna biru muda).

Fenomena belakangan ini di kota-kota besar, menyerupai Jakarta, Bandung, dan Surabaya, memperlihatkan penggunaan Xanax meningkat tajam, hal ini kelihatannya disebabkan oleh kondisi sosial ekonomi negara kita yang masih belum stabil, sehingga semakin banyak orang yang mengalami kecemasan (anxiety -GAD), stress, hingga depresi.

Masalah bertambah runyam, lantaran pemakaian Xanax sanggup menjadikan adiksi (ketergantungan) psikis dan fisik yang hebat. Pada sebagian orang takaran yang dibutuhkan makin usang makin meningkat, lantaran kebutuhan otak pasien akan zat alprazolam ini makin meningkat seiring dengan waktu, kalau penggunaannya tidak diawasi dengan ketat.

Sekarang bagaimana cara untuk mengurangi takaran Xanax pada pasien? Dihentikan secara mendadak tidak mungkin, lantaran otak pemakai akan “berontak”, yang menjadikan withdrawal symptom, tubuh terasa sangat tidak nyaman, tubuh menggigil, muncul keringat dingin, pegal, tremor, tidak sanggup berpikir tenang, hilang nafsu makan, dll.

Untuk mengurangi pemakaian Xanax dengan aman, dibutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan mungkin bertahun-tahun.

Xanax juga berpotensi untuk disalahgunakan sebagai “recreational drug” oleh sebagian orang. Biasanya Xanax diminum dengan minuman beralkohol biar berfungsi sebagai “obat rekreasi”. Xanax juga sering digunakan untuk menenangkan orang yang telah memakai Ecstacy (3,4-Methylenedioxy-n –methylamphetamine), LSD, amphetamine,methamphetamine, dan Lysergic acid diethylamide (LSD).

Makara hati-hati ya dalam mengonsumsi obat tidur!

Obat tidur paling ampuh

bahaya obat tidur via sains.kompas.com

Obat tidur paling ampuh ini merupakan obat tidur gak sadar diri yang sering dibentuk kejahatan.

Obat flunitrazepam digunakan untuk pengobatan menyerupai gangguan kecemasan dan insomnia. Tapi imbas berpengaruh dari obat ini yang menciptakan orang tertidur panjang hingga 2-8 jam kadang digunakan untuk kejahatan biar si korban tertidur.

Flunitrazepam mempunyai imbas fisiologis yang menyerupai dengan valium (diazepam), tapi 10 kali lipat lebih kuat. Ketika seseorang mengalami intoksifikasi umumnya dikaitkan dengan gangguan evaluasi dan keterampilan motorik.

Obat ini tidak mempunyai rasa dan anyir serta larut dalam air yang membuatnya sulit dideteksi sehingga banyak orang tidak menyadarinya dikala ia dicampurkan ke dalam makanan atau minuman.

Sekitar 10 menit sehabis obat tersebut dikonsumsi, seseorang mungkin akan merasa pusing dan bingung, merasa udara di sekitarnya terlalu panas atau terlalu hambar serta mual, menyerupai dikutip dari About.com.

Secara perlahan ia juga akan mengalami kesulitan berbicara dan bergerak hingga jadinya pingsan. Puncak dari imbas ini terjadi dalam waktu 2 jam dan sanggup bertahan hingga 8 jam. Umumnya orang yang konsumsi obat ini tidak sanggup mengingat apa yang terjadi selama ia berada dalam imbas obat.

Selain obat tidur gak sadar diri diatas adakah obat tidur yg mematikan korban ? Ternyata ada lho obat tidur yg mematikan dan bikin sakau.

Menurut dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT dari RS Medistra Jakarta, obat tidur yang sering diminum tanpa resep biasanya obat flu dan obat alergi. Hal ini dikarenakan imbas obat-obat tersebut yang sanggup menciptakan mengantuk.

"Tapi jeleknya sanggup bikin kecanduan. Kalau terus-terusan ya nggak baik. Kalau nggak minum jadi nggak sanggup tidur. Efeknya sanggup macam-macam, ada yang ke lambung, ginjal, liver. Satu-satunya cara ya stop obat," tuturnya.

dr Rimawati mewanti-wanti biar obat tidur tidak dikonsumsi dalam jangka panjang. Karena obat tidur mempunyai imbas toleransi, di mana tubuh sanggup menoleransi hingga takaran tertentu, maka kalau obat tidak mempan dosisnya akan terus ditambah.

"Jika dikonsumsi jangka panjang maka semakin usang efektivitasnya membutuhkan takaran yang lebih tinggi, kebutuhan obat makin meningkat. Akibatnya antara takaran yang menciptakan beliau sanggup tertidur dengan takaran mematikan menjadi semakin dekat, lantaran obat tidur ini sanggup menimbulkan kematian," tutur dr Rimawati.

Selain itu, semua obat tidur ialah obat depresi pernapasan di mana otak memberi perintah untuk berhenti napas. Inilah yang semakin menciptakan obat tidur berbahaya kalau dikonsumsi dalam jangka panjang.

"Juga ada studi yang menyebutkan penggunaan obat tidur jangka panjang sanggup menimbulkan gangguan daya ingat sehingga kemungkinan untuk terkena demensia atau pikun menjadi lebih besar," kata dr Rimawati.

Hii ngeri ya. Yuk seh selengkapnya kita bahas obat tidur imbas samping berikut ini.

Obat tidur imbas samping

insomnia via borneonetv.com

Semua resep obat tidur mempunyai imbas samping yang bervariasi, tergantung pada obat dan takaran tertentu, serta berapa usang obat berlangsung dalam sistem Anda. Efek samping yang paling umum ialah menyerupai kantuk yang berkepanjangan di keesokan harinya, sakit kepala, nyeri otot, sembelit, ekspresi kering, sulit berkonsentrasi, pusing, linglung, dan insomnia.

Risiko lainnya meliputi:
  • Toleransi obat. Pada periode waktu tertentu, tubuh Anda akan membangun toleransi obat tidur, sehingga Anda akan mengonsumsi lebih dari biasanya biar obat tersebut sanggup bekerja di tubuh Anda. Dengan semakin banyaknya obat tidur yang Anda minum, Anda akan mencicipi imbas samping yang lebih besar.
  • Ketergantungan obat. Anda mungkin akan bergantung pada obat tidur untuk tidur, dan tidak akan sanggup tidur atau bahkan mempunyai tidur yang buruk kalau tidak meminum mereka. Obat resep biasanya sanggup sangat adiktif, sehingga akan sangat sulit untuk berhenti dari mereka.
  • Gejala sakau. Jika Anda menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba, Anda mungkin akan mengalami tanda-tanda sakau menyerupai mual, berkeringat, dan gemetar.
  • Interaksi obat. Obat tidur sanggup berinteraksi dengan obat lain. Hal ini sanggup memperburuk imbas samping dan adakala membahayakan, terutama dengan obat resep penghilang rasa sakit dan obat penenang lainnya.
  • Insomnia. Jika Anda berhenti dari penggunaan obat tidur, terkadang insomnia akan menjadi lebih buruk dari sebelumnya.
  • Menutupi duduk perkara utama. Mungkin ada gangguan medis atau mental yang mendasari insomnia atau bahkan gangguan tidur yang tidak sanggup diobati oleh obat tidur. 

Setelah mengetahui obat tidur imbas samping yang mengerikan tersebut. Apa obat tidur alami yang sanggup digunakan ? Berikut ini macam-macamnya.

Apa obat tidur alami?

obat tidur alami via obatantibbiotik.com

Sehatkah mengonsumsi obat tidur yang demikian? Jelas tidak sehat dan untuk itulah, obat tidur alami di bawah ini sanggup Anda pertimbangkan.

1. Minum Susu sebelum Tidur
Tampaknya sudah bukan diam-diam lagi bahwa khasiat susu sapi murni bagi kesehatan sangat besar. Bahkan untuk duduk perkara insomnia atau insomnia juga sanggup diatasi dengan minum susu sapi hangat di malam hari. Meski belum ada penelitian yang menyatakan bukti wacana susu menciptakan mengantuk, segelas susu hangat akan sangat merilekskan tubuh dan pikiran Anda.

2. Menggunakan Daun Lemon
Daun jeruk lemon mungkin agak kurang begitu familiar bagi Anda, dan mungkin Anda kemudian berpikir bagaimana sanggup materi ini menjadi obat tidur alami. Dengan menyiapkan daun jeruk lemon kering 2 sendok makan yang sudah kering, begitu juga madu secukupnya plus air mendidih sebanyak 8 ons.

3. Memenuhi Asupan Karbohidrat
Sering dengar bukan bahwa tubuh yang mendapat karbohidrat lebih akan lebih cepat mengantuk? Karbohidrat yang berlebihan memang bukanlah hal baik, namun untuk penderita insomnia, karbohidrat sanggup menjadi obat tidur alami yang jauh lebih baik ketimbang pil obat tidur. Mengonsumsi karbohidrat akan menciptakan triptofan lebih gampang untuk menuju otak.

4. Menghindari Makanan/Minuman Berkafein Tinggi
Makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi konon katanya ialah yang akan menciptakan Anda betah melek sepanjang malam. Itulah mengapa kopi selalu menjadi sobat di kala Anda butuh untuk begadang. Kafein akan memperlihatkan tenaga bagi Anda dan ini akan memacu adrenalin lebih sehingga pada jam istirahat, Anda malah semakin bersemangat, bukannya merasa rileks.

5. Minum Daun Kopi Muda
Bila kopi yang berkandungan kafein tinggi tidak boleh, apakah daun kopi muda dianggap kondusif sebagai obat tidur Anda? Anda sanggup mengambarkan sendiri bahwa dengan mengambil daun kopi muda sebanyak 1 genggaman tangan, kemudian merebusnya dengan air 2 gelas hingga mendidih akan membantu insomnia Anda. Air didihan atau rebusan inilah yang Anda perlu nikmati sehari 2 kali untuk imbas cepat tidur.

6. Menggunakan Akar Melati
Bahan herbal lainnya yang sepakat punya sebagai obat tidur yang baik dan efektif ialah akar melati. Cukup dengan menyediakan akar melati sebanyak ½ jengkal saja, cucilah dulu sebelum kemudian sanggup ditumbuk. Tumbukan tersebut sanggup Anda seduh bersama air hangat. Aduk dan saring lebih dulu sebelum airnya diminum secara rutin.

7. Menggunakan Daun Putri Malu
Karena ada kandungan melatonin di dalamnya sehingga imbas sedatifnya sanggup menguasai Anda di mana ini ialah imbas damai dan rileks yang dibutuhkan supaya sanggup tidur nyenyak. Siapkan daun putri aib sebanyak 33 gram, bersama dengan daun sawi langit 20 gram dan daun calincing 35 gram yang semuanya perlu direbus dengan air 2 gelas saja. Airnya harus tersisa 1 gelas sebelum jadinya disaring kemudian airnya diminum sempurna sebelum tidur hingga habis.

8. Minum Teh Kamomil
Seperti yang kita sudah tahu bahwa teh kamomil populer sebagai obat tidur alami lantaran imbas penenangnya yang sama sekali kondusif bagi tubuh. Berbeda dari teh biasa di mana ada ancaman minum teh bagi kesehatan kalau diminum sering-sering, teh kamomil ini baik untuk mendukung Anda cepat tidur. Tambahkan susu, madu atau perasan lemon sesuai selera Anda.

Demikianlah serangkaian obat tidur bagi Anda yang akhir-akhir ini bergumul dengan duduk perkara sulit tidur. Tak usah ragu melepaskan kebiasaan mengonsumsi pil obat tidur, Anda sanggup mencoba beberapa obat atau cara di atas supaya mengurangi imbas samping obat tidur kimia Anda. Selamat mencoba dan kiranya sanggup menjadi tumpuan yang sangat efektif.