Fakta Mengerikan Benalu Yang Gampang Hidup Dan Menjangkit Otak Insan Sangat Merugikan


otak insan via harian.analisadaily.com

Mengerikan, diperkirakan binatang ini telah menghinggapi minimal 2 miliar otak insan di seluruh dunia. Dan ancaman lebih seram daripada yang Anda pikirkan.
Otak insan yakni salah satu organ terpenting pada tubuh manusia. Otak bisa mengolah banyak sekali gosip yang berasal dari banyak sekali organ tubuh manusia. Bagaimana kalau penggalan penting ini rusak. Hii, nauzubillah... 

Apa selama ini ada yang belum bersyukur, begitu adilnya Allah memberi kita nikmat berfikir..

Apakah semua otak insan sama? Pada dasarnya otak insan itu berbeda-beda. Otak pada laki-laki ukurannya lebih besar dibandingkan wanita. Otak insan mempunyai berat rata-rata 2,7 kilogram atau 1.200 gram, yaitu sekitar 2 persen dari berat tubuh Anda. Laki-laki mempunyai sekitar 100 g lebih besar dari perempuan sehabis memperhitungkan perbedaan total berat badan.

Apa fungsi otak manusia? Fungsi otak pada insan yang mempunyai tugas penting bagi organ tubuh insan lantaran semua organ tubuh insan bergantung pada otak. Otak mempunyai tugas dalam mengatur gerakan manusia, mengatur sikap dan juga fungsi tubuh insan dan masih banyak lagi lainnya.

Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang bekerjasama dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan sentra matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan sentra Intelligence Quotient (IQ).

Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan insan lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan lisan tubuh, mirip menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.


ilustrasi otak insan bekerja via myrtlevalen.blogspot.com

Bagaimana otak insan bekerja? Cara kerja otak insan bisa diibaratkan mirip prinsip kerja siaran radio atau televisi. Otak insan mempunyai stasiun pemancar dan pesawat penerima.

Maksudnya yakni : Selain dipakai sebagai stasiun pemancar, otak insan juga dipakai sebagai pesawat peserta bagi getaran aliran dari otak orang lain. Seperti pada prinsip siaran radio atau televisi, setiap otak insan bisa memancarkan getaran aliran kepada otak orang lain, dan juga kemampuan untuk mendapatkan getaran aliran yang disampaikan oleh otak orang lain.

Lalu, bagaimana otak insan menyimpan ingatan? Menurut McGill University dan Mental Health and Addiction Canadian Institute of Neurosciences, terdapat dua cara otak menyimpan ingatan. Ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang. Ingatan jangka pendek akan diterjemahkan ke dalam ingatan jangka panjang di hippocampus, kawasan otak yang lebih dalam.

Ingatan diputar kembali melalui hippocampus yang merupakan hubungan antarneuron. Akibatnya, jikalau Anda mendengar musik misalnya, maka akan dibanjiri ingatan lain. Dalam scan otak, ilmuwan melihat banyak sekali kawasan otak bercahaya saat seseorang sedang mengingat. Hal ini mengatakan ingatan merepresentasikan suatu indeks rekaman sensasi dan pikiran yang berbeda. Hippocampus akan membantu memperkuat contoh koneksi yang membentuk ingatan, namun ingatan itu sendiri tergantung pada kekuatan koneksi antarsel otak individu.

Terbukti Ampuh, Ini Cara Menghilangkan Kutu Rambut Tanpa Timbulkan Efek Samping


Otak Manusia dalam Al Quran


ilustrasi otak insan via tchno.okezone.com

Al-Qur’an sudah menyinggung secara global struktur dan fungsi otak. Dalam Al-Qur’an surah al alaq ayat 16 Allah SWT menyebutkan bahwa citra otak insan yakni “naqshiyah” atau yang disebut dengan ubun-ubun, didalam ayat tersebut (Al Alaq 16) Allah menyifati naqshiyah “ubun-ubun/otak” dengan kata “kadzibatin khati’ah” yaitu yang mendustakan dan durhaka.

نَاصِيَةٍ كَاذِبَةٍ خَاطِئَةٍ

Artinya: "(yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka." (QS. Al Alaq : 16)

Ubun-ubun atau otak insan adalah yang mengarahkan seluruh tindakan yang dilakukan oleh manusia, jikalau otak berkehendak, maka segalanya sanggup dikerjakan, terlebih lagi jikalau otak menginginkan perbuatan-perbuatan yang tidak baik, hanya menuruti kehendak idenya saja tanpa mempertimbangkan baik dan buruknya, maka bisa jadi seseorang tersebut melaksanakan semua hal yang diingankannya, semua itu kembali kepada otaknya.

Ubun-ubun atau otak merupakan penggalan penganggung jawab atas segala tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, sedangkan anggota tubuh yang lain hanya mengikuti apa yang dikehendaki dan diputuskan oleh ubun-ubun atau otak. Karena sebagian besar insan hanya mementingkan kehendak hawa nafsunya saja tanpa mempertimbangakan baik dan buruknya, oleh alasannya yakni itu ubun-ubun yang merupakan pangkal dari semua kegiatan (terlebih lagi kegiatan yang melanggar dengan agama) yang dilakukan oleh insan disifati oleh Allah dengan “kadzibatin khati’ah” yaitu pendusta dan durhaka.

Secara tersirat Al-Quran memaknai otak/ubun-ubun dengan makna pendusta dan durhaka, hal ini ditujukan kepada orang-orang yang mengikuti segala macam harapan hawa nafsunya tanpa mempertimbangkan apa saja yang ingin dikerjakannya. Segala macam harapan yang diputuskan oleh otaknya dituruti begitu saja, maka kategori otak insan yang semacam inilah yang masuk dalam golongan “kadzibatin khati’ah”, yaitu pendusta dan durhaka.

Hakikat otak manusia ibarat Arasy, dan Ruh Ibarat Allah. Sebagaimana otak insan tempat ruh mengatur segala urusan, tempat berkehendak, dan sebagai Pusat dari Tubuh Manusia, tapi bukan berarti Ruh bertempat di Otak. Ruh itu mencakup seluruh tubuh manusia, sebagaimana Allah mencakup seluruh alam semesta.

وَلِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ مُحِيطًا

Artinya : "Kepunyaan Allah-lah apa yang di langit dan apa yang di bumi, dan yakni (pengetahuan) Allah Maha Meliputi segala sesuatu." (QS.An Nisaa' (4):126)

Otak terdiri dari cairan putih sebanyak 60 % dan cairan abu-abu sebanyak 40 %. Sel-sel yang terdapat dalam otak mengandung neuron atau saraf, sedangkan otak terdiri dari 3 penggalan yaitu otak besar (ceberum), otak kecil (cerebellum) dan batang otak (medulla).

Bicara wacana otak, bagaimana ya jika belatung di otak manusia? Hal ini tidak bisa dibayangkan pastinya. Namun bencana ini memang pernah dialami oleh seorang laki-laki berkebangsaan Amerika berjulukan Simon yang mengeluh mengalami pusing sebulan sehabis melaksanakan perjalanan ke Panama.

Cacing di otak manusia dapat menjadikan gangguan yang timbul cukup berat mulai dari sakit kepala berat, kejang, gangguan kesadaran hingga yang lebih fatal berupa ancaman jiwa.


ilustrasi cacing di otak via halhalal.com

Parasit di otak manusia berjulukan Toxoplasma Gondii diperkirakan telah menghinggapi minimal 2 miliar orang di seluruh dunia. Dan bukti gres mengatakan benalu ini ternyata lebih berbahaya daripada yang kita pikirkan.

Toxoplasma Gondii adalah parasit yang menumpang hidup pada binatang mirip ku­cing, anjing, kelinci, kambing, atau babi. Parasit ini bisa ditemukan pada feses hewan-hewan tersebut.

Infeksi benalu Toxoplasma Gon­dii bisa berdampak fatal pada ibu hamil lantaran bisa menjadikan cacat bayi. Para peneliti baru-baru ini menemu­kan, benalu itu bisa mengubah dan memperkuat banyak sekali gangguan neu­rologis, termasuk epilepsi, Alzheimer, Parkinson, dan kanker.

9 Khasiat Konsumsi Teh Hijau, Meningkatkan Metabolisme Tubuh Hingga Cegah Penyakit Kronis

Itulah klarifikasi wacana otak insan dalam al quran serta fungsinya, jagalah contoh hidup Anda semoga otak selalu sehat. Semoga klarifikasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita. Mohon maaf jikalau ada kekurangan ataupun kesalahan.