Selain Penentu Arah, Rasi Bintang Juga Penting Untuk Hal-Hal Berikut


rasi bintang via infoastronomy.org

Pastinya Anda pernah melihat bintang-bintang di langit kan? Bintang-bintang tersebut membentuk sebuah bentuk dinamakan rasi bintang.

Dan rasi bintang ini banyak keuntungannya bagi kita. Mari kita bahas satu persatu.

Rasi bintang atau konstelasi adalah sekelompok bintang yang tampak berafiliasi membentuk suatu konfigurasi khusus. Dalam ruang tiga dimensi, kebanyakan bintang yang kita amati tidak mempunyai hubungan satu dengan lainnya, tetapi sanggup terlihat mirip berkelompok pada bola langit malam.

Pengelompokan bintang-bintang menjadi rasi bintang bahu-membahu cukup acak, dan kebudayaan yang berbeda akan mempunyai rasi bintang yang berbeda pula, sekalipun beberapa yang sangat gampang dikenali biasanya seringkali ditemukan, contohnya Orion atau Scorpius.

Apakah rasi bintang berubah? Rasi bintang akan berubah seiring waktu. Setiap gerakan orbit bintang-bintang berbeda satu sama lain, kecepatannya sangat bergantung pada seberapa jauh jaraknya dari sentra galaksi kita. Hal itu pun pada karenanya menghasilkan perubahan sedikit demi sedikit pada posisinya di langit Bumi.

Perubahan posisi itu dikenal sebaga gerak diri. Sebuah pergerakan bintang yang sangat kecil bila diamati dari Bumi kita lantaran jarak bintang-bintang ini yang begitu jauh. Gerak diri diukur dalam mili-detik busur per tahun, di mana satu detik busur yaitu 1/3600 derajat, dan berarti mili-detik busur merupakan seperseribu dari angka itu.

Dengan kata lain, perubahan posisi bintang di langit lantaran gerak diri bintang tersebut akan membutuhkan waktu ribuan tahun untuk bisa kita lihat, bukan semalam atau dua malam saja.

Fakta Dibalik Gerhana Bulan yang Disangka Sangat Berbahaya dan Mistis, Ternyata Begini

Bagaimana cara melihat rasi bintang? Bergantung pada lokasi dan waktu di mana Anda kini berada, bintang-bintang yang diamati juga berbeda. Di zaman serba modern ini, Anda sanggup memakai aplikasi peta bintang untuk menemukan rasi bintang. Ada banyak aplikasi yang bisa dicoba, mirip aplikasi Starry Night, Stellarium, atau Google Sky Map, yang mana ketiganya sanggup memungkinkan Anda berlatih mengetahui bentuk dan letak rasi bintang.

Selain itu, Anda bisa melihat rasi bintang dengan cara mencocokkan apa yang ada di aplikasi dengan yang ada di langit. Pergilah menjauh dari kota untuk mendapat langit yang gelap, siapkan binokuler atau teleskop sehingga Anda bisa melihat bintang redup ataupun benda langit lain yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Rasi Bintang Menurut Islam

ilustrasi quran via cahayaislam.id

Al-Qur'an menyebutkan kata "al-buruuj" sebagai “rasi bintang” sebanyak tiga kali termasuk ayat sumpah di atas, ayat-ayat lain mirip firman Allah:

وَلَقَدْ جَعَلْنَا فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا وَزَيَّنَّاهَا لِلنَّاظِرِينَ (١٦

Artinya: "Dan sesungguhnya Kami telah membuat rasi bintang-bintang dilangit dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang(nya)" (QS: 15: 16)

تَبَارَكَ الَّذِي جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا وَجَعَلَ فِيهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيرًا (٦١

Artinya: "Maha Suci Allah yang mengakibatkan di langit rasi-rasi bintang dan Dia mengakibatkan juga padanya matahari yang bersinar dan bulan yang bercahaya" (QS: 25: 61).

Sebagaimana terdapat kata "al-buruuj" berarti "benteng" disebutkan sekali dalam al-Qur'an, mirip firman Allah:

أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكُكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ

Artinya: "Di mana saja kau berada, janjkematian akan mendapat kamu, kendatipun kau di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh" (QS: 4: 78).

Terdapat pula kata kerja "tabarraja", kata benda "tabarrujun" dan kata sifat "mutabarrijaatun" dalam perintah larangan menebar pesona dan menampakkan pemanis bagi perempuan, mirip pada firman Allah SWT:

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الأولَى

Artinya: "Dan hendaklah kau tetap di rumahmu dan janganlah kau berhias dan bertingkah laris mirip orang-orang jahiliyah yang dahulu" (QS: 33: 33).

فَلَيْسَ عَلَيْهِنَّ جُنَاحٌ أَنْ يَضَعْنَ ثِيَابَهُنَّ غَيْرَ مُتَبَرِّجَاتٍ بِزِينَةٍ

Artinya: "tiadalah atas mereka dosa menanggalkan pakaian mereka dengan tidak menampakkan perhiasan" (QS: 24: 60)

Adapun pendapat-pendapat jago tafsir dunia ihwal ayat Sumpah: "was-samaai zaatil buruj" (demi langit yang mempunyai deretan (rasi) bintang), salah satunya:

Ibnu Katsir, berkomentar: "Sesungguhnya Allah bersumpah demi langit dan rasi-rasi bintang, yaitu bintang-bintang yang perkasa", beliau merujuk pendapat Ibnu Abbas bahwa: (البروج) "al-buruj" yaitu bintang-bintang, pendapat Yahya bin Rafi': (البروج) "al-buruuj" ialah menara di langit, pendapat al-Minhal bin Amar: yaitu ciptaan yang indah dan berdasarkan Jarir: yaitu orbit-orbit matahari dan bulan yang terdapat 12 orbit (menara), yang dilewati matahari setiap orbit sekali sebulan dan bulan melewati setiap orbit tersebut sekali dalam 2 + sepertiga malam, maka jumlahnya yaitu 28 orbit dan tertutupi dua malam.

Apa saja nama rasi bintang?

ilustrasi nama rasi bintang via planetarium.jakarta.go.id

Pada sidang umumnya yang pertama tahun 1922, Persatuan Astronomi Internasional (International Astronomical Union) atau yang disingkat IAU secara resmi mengadopsi daftar modern 88 rasi. Berikut nama-nama ke-88 Rasi Bintang itu serta artinya dalam bahasa Indonesia:

1. Andromeda (Putri Andomeda)
2. Antlia (Pompa Air)
3. Apus (Cendrawasih)
4. Aquarius (Pembawa Air)
5. Aquila (Elang)
6. Ara (Altar)
7. Aries (Domba Jantan)
8. Auriga (Sais Kereta Perang)
9. Bootes (Pengembala)
10. Caelum (Pahat)
11. Camelopardalis (Jerapah)
12. Cancer (Ketam)
13. Canes Venatici (Anjing-anjing Pemburu)
14. Canis Major (Anjing Besar)
15. Canis Minor (Anjing Kecil)
16. Capricornus (Kambing Laut)
17. Carina (Lunas Kapal Argo)
18. Cassiopeia (Ratu Ethiopia)
19. Centaurus (Centaur)
20. Cepheus (Raja Ethiopia)
21. Cetus (Ikan Paus)
22. Chamaeleon (Bunglon)
23. Circinus (Kompas)
24. Columba (Merpati)
25. Coma Berenices (Rambut Berenice)
26. Corona Australis (Mahkota Selatan; Yunani Kuno - Ptolemaeus)
27. Corona Borealis (Mahkota Utara)
28. Corvus (Burung Gagak)
29. Crater (Cangkir)
30.Crux (Salib Selatan)
31. Cygnus (Angsa)
32. Delphinus (Lumba-lumba)
33. Dorado (Ikan Todak)
34. Draco (Naga)
35. Equuleus (Kuda kecil)
36. Eridanus (Sungai)
37. Fornax (Tungku)
38. Gemini (Kembar)
39. Grus (Burung bangau)
40. Hercules (Hercules, anak Zeus)
41. Horologium (Jam)
42. Hydra (Naga laut)
43. Hydrus (Ular air)
44. Indus (Indian)
45. Lacerta (Kadal)
46. Leo (Singa)
47. Leo minor (Singa kecil)
48. Lepus (Kelinci)
49. Libra (Timbangan)
50. Lupus (Serigala)
51. Lynx ( Lynx)
52. Lyra (Harpa)
53. Mensa ( Meja)
54. Microscopium (Mikroskop)
55. Monoceros (Kuda Bertanduk)
56. Musca (Lalat)
57. Norma (Timabangan Datar)
58. Octans (Oktan)
59. Ophiucus (Tangan Naga)
60. Orion (Pemburu)
61. Pavo (Merak)
62. Pegasus (Kuda bersayap)
63. Perseus (Perseus)
64. Phoenix (Phoenix)
65. Pictor (Kuda-kuda)
66. Pisces (Ikan)
67. Piscis Austrinus (Ikan Selatan)
68. Puppis (Buritan kapal Argo)
69. Pyxis (Kompas kapal Argo)
70. Reticulum (Jaring)
71. Sagitta (Anak Panah)
72. Sagittarius (Pemanah)
73. Scorpius (Kalajengking)
74. Sculptor (Alat Pemahat)
75. Scutum (Perisai)
76. Serpens (Ular)
77. Sextans (Sekstan)
78. Taurus (Lembu Jantan)
79. Telescopium (Teleskop)
80. Triangulum (Segitiga)
81. Triangulum Australe (Segitiga Selatan)
82. Tucana (Burung tukan)
83. Ursa Major (Beruang Besar)
84. Ursa Minor (Beruang Kecil)
85. Vela (Layar Kapal Argo)
86. Sunbulat (Sang Perawan)
87. Volans (Ikan Terbang)
88. Vulpecula (Rubah)

Apa kegunaan rasi bintang bagi manusia?

ilustrasi kegunaan rasi bintang bagi insan via infoastronomy.org

Ternyata banyak sekali manfaat rasi bintang dalam kehidupan manusia. Apa kegunaan rasi bintang bagi manusia? Kita sanggup menggunakannya dalam aneka macam bidang. Untuk itu, yuk simak manfaat rasi bintang mirip di bawah ini:

1. Petunjuk Arah Utara
Arah utara ditandai dengan adanya rasi bintang Ursa Major. Rasi bintang yang dikenal sebagai rasi bintang biduk atau beruang besar ini terdiri dari 7 (tujuh) bintang dan muncul sepanjang tahun di langit sebelah utara. Oleh lantaran itulah rasi bintang ini dijadikan sebagai petunjuk arah utara yang mana untuk mengenalinya sangat gampang lantaran terdapat salah satu bintang paling jelas di ujung kontelasinya.

2. Petunjuk Arah Barat
Ketika melihat ke arah barat kita akan menjumpai rasi bintang Orion. Oleh alasannya yaitu itu, rasi bintang ini sanggup dipakai sebagai petunjuk arah barat.  Di Indonesia, rasi bintang Orion dikenal sebagai rasi bintang Pemburu atau Waluku. Rasi bintang Orion terdiri dari 3 (tiga) bintang kembar sejajar yang membentuk sabuk Orion dan disebut dengan Orion Belt.

3. Petunjuk Arah Selatan
Rasi bintang Crux berbentuk mirip ikan pari atau layang-layang. Rasi bintang ini akan tampak ketika kita melihat arah selatan. Karena bentuk dan arahnya, rasi bintang Crux disebut juga sebagai rasi bintang Salib Selatan. Dengan demikian, rasi bintang ini sanggup dijadikan petunjuk arah selatan.

4. Petunjuk Arah Tenggara
Rasi bintang Scorpion/Scorpius sanggup menunjukkan arah tenggara. Rasi bintang yang menyeruapi kalajengking ini agak sulit dicari lantaran konstelasinya yang banyak dan cukup rumit. Meskipun demikian, lantaran letaknya yang selalu berada di tenggara maka deretan bintang ini dijadikan petunjuk arah tenggara.

5. Penentu Musim
Di animo berbeda, rasi bintang yang muncul di langit juga berbeda. Dengan demikian, rasi bintang sanggup dipakai sebagai penentu musim.  Datangnya animo cuek ditandai dengan munculnya rasi bintang Orion. Dan datangnya animo panas atau animo semi ditandai dengan munculnya rasi bintang Segitiga Musim Panas atau Summer Triangle di langit. Di animo yang tidak menentu mirip kini ini akan sangat sulit sekali memakai kalender sebagai penentu datangnya musim. Membaca rasi bintang sanggup membantu kita mengenali animo tanpa memperhatikan kalender.

6. Sebagai Kalender
Dahulu kala sebelum adanya kalender yang beredar mirip di pasaran atau kalender yang ada di smartphone masing-masing, insan memakai rasi bintang sebagai kalender. Hal ini dikarenakan rasi bintang yang muncul di langit akan berbeda di setiap bulannya.

7. Membantu Pertanian
Mengapa rasi bintang sanggup membantu di bidang pertanian? Nenek moyang kita dulunya membaca rasi bintang untuk menentukan kapan ia akan menabur benih dan kapan saatnya panen harus dilakukan. Gugusan bintang membentuk suatu teladan khusus yang gampang diingat. Selain itu, kemunculan rasi bintang tertentu di animo yang berbeda membuat para petani sanggup merencanakan pertaniannya dengan lebih baik. Namun seiring berkembangnya jaman, para petani sudah meninggalkan tradisi ini. Mereka lebih menentukan memakai kalender sebagai teman untuk merencanakan pertaniannya. Namun, untuk animo yang tidak menentu mirip kini ini masih bisakah para petani memakai kalender.

8. Membantu Para Astronom
Di kala modern ini, rasi bintang sangat membantu para astronom untuk menentukan nama-nama bintang. Hal ini dikarenakan bintang-bintang diberi nama sesuai dengan letaknya di rasi bintang dimana ia berada. Misalnya saja seorang astronom sedang meneliti bintang yang berjulukan Alpha Tau, maka astronom lainnya sanggup dengan gampang mengetahui bahwa yang dimaksud yaitu bintang paling jelas di deretan bintang Taurus. Karena sangat mustahil jikalau dengan menyebutkan koordinat suatu bintang, astronom lain akan segera mengetahui dimana letak bintang tersebut.

9. Navigasi Kapal
Baik di jaman dahulu maupun sekarang, seorang kapten kapal harus bisa memakai rasi bintang sebagai navigasi untuk kapalnya. Pada jaman dahulu membaca rasi bintang untuk navigasi di bahari memang sangat diharapkan lantaran belum adanya navigasi secanggih mirip sekarang.  Lalu mengapa di kala modern kapten kapal juga harus mengenal rasi bintang? Hal ini diharapkan jikalau alat navigasi kapal sedang rusak maka sang kapten masih bisa memakai navigasi yang dimiliki alam salah satunya yaitu rasi bintang untuk di malam hari. Adapun untuk siang hari bisa memanfaatkan matahari.

10. Penolong bagi Para Pendaki Gunung
Seorang pendaki gunung diwajibkan bisa membaca gejala alam salah satunya rasi bintang. Hal ini diharapkan biar mereka tidak tersesat ketika berada di tengah hutan maupun dipuncak gunung, sehingga mereka sanggup mencapai tujuan pendakian dan pulang dengan selamat. Oleh lantaran itulah rasi bintang sanggup dianggap sebagai salah satu penolong bagi para pendaki gunung.

Fakta Nyata Burung Merpati Bisa Mengirim Surat, Aksinya Membuat Heran Banyak Orang

Nah, itulah warta ihwal rasi bintang berdasarkan Islam dan kegunaannya yang sanggup kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Kurang lebihnya mohon maaf.