Breaking News! Alaska Diguncang Gempa 7 Sr, Berpotensi Tsunami


Jalan di Anchorage, Alaska, rusak sesudah diguncang gempa Sabtu (1/12/2018) WIB. Foto/Twitter @Jlennyb

Peringatan tsunami gres saja berlaku untuk wilayah pesisir Semenanjung Kenai, Alaska.

Peringatan itu muncul menyusul gempa bumi berkekuatan 7 SR yang menimpa daerah tersebut.

Semoga peristiwa ini tak menelan korban...

Dilansir dari ABC News, Sabtu (1/12/2018) Gempa tersebut terjadi di sekitar 7,5 mil sebelah utara kota. Pejabat US Geological Survey melaporkan warga di terdampak gempa harus berkemas-kemas untuk gempa susulan.

NWS dan National Oceanic Atmospheric Administration mengeluarkan peringatan tsunami untuk beberapa belahan di Alaska. Tetapi di negara belahan sekitarnya tidak mendapatkan peringatan serupa.

Gempa tersebut mengakibatkan puing-puing berjatuhan, bangunan rusak, dan terjadi kerusakan infrastruktur besar. Belum diketahui ada atau tidaknya korban, tetapi polisi daerah Anchorage mendesak warga untuk tetap waspada.

"Ada kerusakan infrastruktur besar di Anchorage. Banyak rumah dan bangunan rusak. Banyak jalan dan jembatan ditutup. Menjauhlah dari jalan kalau Anda tidak perlu menyetir, carilah tempat berlindung. Periksa lingkungan Anda dan orang terdekat," ujar pejabat kepolisian.

Mengutip CNN, gempa itu melumpuhkan kantor perwakilan CNN di sana. "Barang-barang berjatuhan," ujar Direktur Pemberitaan CNN, Tracy Sabo.


Sebuah kendaraan beroda empat terdampar di jalan yang runtuh di bersahabat bandara pasca gempa di Anchorage. (dok. Reuters)

Beberapa gambar yang tersebar di media umum mengatakan kekacauan yang diakibatkan gempa tersebut. Termasuk di antaranya bawah umur yang berlindung di bawah meja dan barang-barang yang berjatuhan.

The US Geological Survey melaporkan setidaknya telah terjadi empat gempa susulan menyusul gempa pertama. Yang terbesar terjadi di Kota Anchorage dengan magnitudo 5,8 SR.

Sementara dikutip dari ky News, Alaska belahan selatan mempunyai risiko tinggi gempa bumi.

Pada 27 Maret 1964 silam, Alaska pernah dilanda gempa berkekuatan 9,2 SR yang tercatat sebagai gempa terkuat sepanjang sejarah Amerika.

Gempa yang berpusat di antara Anchorage dan Valdez, Alaska berdurasi empat menit itu menewaskan sedikitnya 136 orang. Lima belas tanggapan gempa, dan 124 lagi tanggapan tsunami yang menyeret gelombang sampai California.

Dimanapun gempa ini berada, biar tak lagi mengakibatkan korban jiwa.