Cara Cepat Mempelajari Ilmu Tajwid Semoga Tidak Salah Arti Dalam Membaca Al Qur'an


Belajar ilmu tajwid via nikimura.com

Membaca Al Alquran jikalau tidak tahu tajwidnya maka akan beda artinya, sangat berbeda. Contoh aamiin, aamin, amiin, aaamiiin. Artinya sangat berbeda jauh, Hati-hati, pahami tajwid dulu jikalau ingin membaca Al Qur'an dengan baik.

Hal yang utama dari mencar ilmu membaca alquran ialah juga mencar ilmu tajwid al-quran. Ketika kita membacaa-qur'an kita juga harus memperhatikan tanda bacanya juga, dari segi istilah ulama tajwid dan andal bacaan.

Dalam ilmu Qiraah, tajwid berarti mengeluarkan abjad dari tempatnya dengan menunjukkan sifat-sifat yang dimilikinya. untuk lebih jelasnya simak artikel ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai ilmu tajwid dan penjelasannya.

Tajwīd (تجويد) secara harfiah mengandung arti melaksanakan sesuatu dengan elok dan indah atau manis dan membaguskan, apa saja yang dipelajari dalam ilmu tajwid? Yang terutama dibahas atau dipelajari dalam ilmu Tajwid ialah : Huruf-huruf hijaiyah yang 29. Dalam majemuk harakah (barisnya) serta dalam majemuk hubungan.


Medalami tajwid via janganmales.wordpress.com

Apa tujuan ilmu tajwid? Apa aturan ilmu tajwid? Apa kegunaan ilmu tajwid?

Tujuan mempelajari Ilmu Tajwid ialah supaya sanggup membaca ayat-ayat Al-Qur’an secara betul (fasih) sesuai dengan yang diajarkan oleh Nami Muhammad SAW. Dengan kata lain, supaya sanggup memelihara mulut dari kesalahan-kesalahan ketika membaca Al-Qur’an.

Hukum mempelajari Ilmu Tajwid adalah fardhu kifayah, yaitu merupakan kewajiban kolektif. Artinya, mempelajari Ilmu Tajwid secara mendalam tidak diharuskan bagi setiap orang, tetapi cukup diwakili oleh beberapa orang saja. Jika dalam satu kaum tidak ada seorang pun yang mempelajari Ilmu Tajwid, maka berdosalah kaum itu.

Adapun aturan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan aturan-aturan Tajwid, ialah fardhu ain, yang merupakan kewajiban pribadi. Membaca Al-Qur’an sebagai sebuah ibadah haruslah dilaksanakan sesuai ketentuan. Ketentuan itulah yang terangkum dalam Ilmu Tajwid.

Tentunya ilmu tajwid tidak semata mata tidak mempunyai fungsi dan kegunaan, gunanya ilmu tajwid ialah untuk menjaga pengecap supaya tidak keliru atau salah ketika kita membaca firman Allah swt yang telah diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw yakni Al-Qur'an.


Ilmu tajwid via suherlin.com

Ada juga cara mempelajari ilmu tajwid ini, bagaimana cara mempelajari ilmu tajwid? Sebelum mengetahui caranya, akan lebih baik lagi jikalau kita mengetahui terlebih dahulu mengenai klarifikasi ilmu tajwid. Dibawah ini ialah klarifikasi ihwal ilmu tajwid.

Ilmu Tajwid

Ilmu tajwid berdasarkan kughah (bahasa) attahsiin artinya membaguskan. Sedangkan berdasarkan istilah ialah suatu ilmu untuk membaguskan dan membetulkan bacaan-bacaan Al-Qur'an berdasarkan aturan aturan tertentu.
Aturan aturan itu antara lain:

  • Hukum bacaan
  • Tempat keluar huruf
  • Sifat huruf
  • Hukum yang tertentu bagi tiap huruf
  • Hukum panjang dan pendeknya suatu bacaan
  • Hukum penentuan atau terusnya suatu bacaan

Aturan-aturan ini terutama berlaku pada ayat-ayat suci Al-Qur'an yang mana ilmu tajwid itu ialah suatu cabang pengetahuan untuk mempelajari cara membaca Al-Qur'an.

Yang menjadi dasar ilmu tajwid ialah firman Allah dalam surat Al-Huzammil [73] : 4
yang artinya "Dan bacalah olehmu (Muhammad) Al-Qur'an itu dengan tartil tepat betul bacaannya)"

Menurut sahabat Ali bin Abi Thalib ra yang dimaksud dengan tartil pada ayat itu, ialah ilmu tajwid, yaitu ketika orang-orang menanyakan kepadanya "apa tajwid itu?" Ali bin Abi Thalib menjawab
"Ialah membaguskan bacaan tiap-tiap abjad dan mengetahui tiap-tiap waqaf."

Menurut qaidah yang lain, perkataan tajwid itu khusus mengenai bacaan. Maksudnya ialah mengucapkan sesuatu berdasarkan bunyi hurufnya.

Para andal ilmu tajwid mendefinisikan :

  • Mengeluarkan atau mengucapkan abjad berdasarkan aslinya satu persatu sambil tiap-tiap abjad itu diucapkan berdasarkan ucapan bunyi aslinya dan menuturkannya secara tepat dengan bunyi yang tidak dipaksakan.
  • Yang dimaksud dengan hak abjad ialah sifat orisinil yang selalu menyertainya menyerupai sifat jahr, ist'la, dan lain-lain. Sedangkan yang dimaksud dengan mustahiq abjad ialah sifat yang mendadak sewaktu-waktu menyerupai tafkhim, tarqiq, idgham, dan lain-lain.



Bacaan tajwid via muslimahwahdah.or.id

3 Cara Cepat Belajar Ilmu Tajwid

Menemukan cara mudah mencar ilmu tajwid yang cepat dipahami memang tidak mudah. Terutama bila mengingat banyak metode yang sanggup dipakai untuk mencar ilmu tajwid. Namun inti dari mencar ilmu tajwid ialah melaksanakan praktik langsung.

Dari bahan tajwid yang telah dipelajari, Anda harus segera mengaplikasikannya ketika membaca Al Quran. Hal ini akan menciptakan hukum-hukum tajwid selalu Anda ingat dan tidak pernah lupa dipakai ketika membaca Al Quran.

Pelafalan abjad hijaiyah yang benar
Bagi Anda yang mencar ilmu membaca Al Alquran semenjak kecil, pengenalan abjad hijaiyah ialah adalah tahap awal mencar ilmu Al Quran. Beberapa orang bisa mengenal sekaligus melafalkan abjad hijaiyah dengan sempurna.

Sayangnya beberapa orang hanya mengingat abjad hijaiyah dengan tepat namun tidak pelafalannya. Untuk mengawali mencar ilmu tajwid, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah mengingat sekaligus melafalkan abjad hijaiyah dengan sempurna.

Pelafalan abjad hijaiyah yang tepat akan menjamin bacaan Al Alquran juga menjadi sempurna. Hal ini merupakan awal dari bahan tajwid yakni bisa melafalkan abjad hijaiyah dengan sempurna. Biasanya abjad hijaiyah yang sulit dilafalkan ialah abjad ke 14 sampai 15 yakni Shad dan Dhad.

Selain itu, ada Dha dan Ghayn yang juga cukup sulit dilafalkan. Namun kesempurnaan melafalkan abjad hijaiyah sanggup diperoleh dengan sering mengulang-ulang melafalkan abjad hijaiyah.

Hukum Lam
Lepas dari pelafalah abjad hijaiyah dan benar dan tepat, ilmu tajwid berisi hukum-hukum bacaan selama membaca Al Quran. Salah satu aturan bacaan yang akan Anda temui selama membaca Al Alquran ialah aturan lam.

Hukum ini akan sanggup Anda temui selama membaca Al Alquran ketika membaca abjad AL yang terdiri dari alif dan lam. Jika bertemu dengan bacaan al ini, terdapat dua aturan bacaan yang harus Anda laksanakan.

Hukum pertama yakni Lam Qamariyah yang dibaca dengan jelas. Artinya ketika Anda menemukan al pada 13 abjad menyerupai Alif-Ba-Jim-Ha-Kha-‘Ain-Ghayn-Fa-Qa-Ka-Ma-Wa-Ya, maka Al harus dibaca jelas. Hukum kedua ialah Lam Samsiyah yang dibaca dalam hati atau dihilangkan saja.

Dengan kata lain jikalau Anda menemukan bacaan Al yang bertemu dengan abjad hijaiyah selain 13 abjad Lam Qamariyah maka Anda harus membaca bacaan Al dalam hati atau dihilangkan saja.

Hukum Nun Mati Dan Tanwin
Selain aturan Lam, terdapat juga aturan nun mati dan tanwin. Terdapat 5 hukun nun mati dan tanwin yakni Izhhar, Idgham Bighunnah, Idgham Bilaghunnah, Iqlab dan Ikhfa. Kelima aturan nun mati dan tanwin ini mempunyai tata cara pelafalan tersendiri dalam Al Quran.

Jika tidak terbiasa Anda akan cukup kesulitan untuk melakukannya. Karena itu lebih sering mempraktikkan pribadi dengan membaca Al Alquran setiap hari akan membantu Anda semakin terlatih.

Diatas merupakan pembahasan mengenai ilmu tajwid, dari pembahasan tadi kita sanggup menyimpulka bahwa mempelajari ilmu tajwid itu sangatlah penting, kita perlu memperhatikan bacaan dan tanda baca yang benar ketika membaca al-qur'an. Selain itu, anda juga sudah mengetahui cara cepat mempelajari ilmu tajwid, semoga bahan diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda.