Faedah Surat Yasin : Tangan Dan Kaki Berbicara Kelak Di Hari Kiamat


Ilustrasi tangan dan kaki insan berbicara kelak di akhirat

Sejenak merenungkan diri...

Seberapa banyak tabungan amal kita kelak di akhirat?

Padahal semua yang ada pada diri kita kelak akan dimintai pertanggung jawaban. Bahkan tangan, lisan dan semua anggota tubuh lainnya pun akan berbicara.

Seperti yang sudah dijelaskan pada surah yasin berikut..

Suatu pelajaran penting dari surat Yasin, tangan dan kaki akan berbicara pada hari final zaman kelak.

Allah Ta’ala berfirman,

الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَى أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

“Pada hari ini Kami tutup lisan mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.” (QS. Yasin: 65)

:

Kesimpulan Mutiara Ayat

Pada hari kiamat, lisan orang-orang kafir akan ditutup kemudian tangan dan kaki mereka akan berbicara atas apa yang telah mereka perbuat di dunia.

Ini juga keadaan orang munafik pada hari kiamat. Setiap anggota tubuh akan berbicara pada hari final zaman kelak.

Dalilnya yaitu firman Allah,

حَتَّى إِذَا مَا جَاءُوهَا شَهِدَ عَلَيْهِمْ سَمْعُهُمْ وَأَبْصَارُهُمْ وَجُلُودُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (20) وَقَالُوا لِجُلُودِهِمْ لِمَ شَهِدْتُمْ عَلَيْنَا قَالُوا أَنْطَقَنَا اللَّهُ الَّذِي أَنْطَقَ كُلَّ شَيْءٍ وَهُوَ خَلَقَكُمْ أَوَّلَ مَرَّةٍ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ (21) وَمَا كُنْتُمْ تَسْتَتِرُونَ أَنْ يَشْهَدَ عَلَيْكُمْ سَمْعُكُمْ وَلَا أَبْصَارُكُمْ وَلَا جُلُودُكُمْ وَلَكِنْ ظَنَنْتُمْ أَنَّ اللَّهَ لَا يَعْلَمُ كَثِيرًا مِمَّا تَعْمَلُونَ (22)

“Sehingga apabila mereka hingga ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka ihwal apa yang telah mereka kerjakan. Dan mereka berkata kepada kulit mereka: “Mengapa kau menjadi saksi terhadap kami?” Kulit mereka menjawab: “Allah yang menimbulkan segala sesuatu berakal berkata telah menimbulkan kami berakal (pula) berkata, dan Dia-lah yang membuat kau pada kali pertama dan hanya kepada-Nya lah kau dikembalikan.” Kamu sekali-sekali tidak sanggup bersembunyi dari kesaksian pendengaran, penglihatan dan kulitmu kepadamu bahkan kau menduga bahwa Allah tidak mengetahui kebanyakan dari apa yang kau kerjakan.” (QS. Fushilaat: 20-22)

Allah akan menutup lisan orang-orang kafir yang mendustakan hari kiamat. Namun awalnya mereka berbicara dahulu sebagai ratifikasi mereka bahwa mereka berlepas diri dari syirik.

Allah Ta’ala berfirman,

ثُمَّ لَمْ تَكُنْ فِتْنَتُهُمْ إِلَّا أَنْ قَالُوا وَاللَّهِ رَبِّنَا مَا كُنَّا مُشْرِكِينَ

“Kemudian tiadalah fitnah mereka, kecuali mengatakan: “Demi Allah, Rabb kami, tiadalah kami mempersekutukan Allah.” (QS. Al-An’am: 23)

  • Yang bisa membuat tangan dan kaki bisa berbicara pada hari final zaman yaitu kuasa Allah.
  • Sebagian anggota tubuh bisa menjadi saksi pada anggota tubuh lainnya pada hari kiamat. Kaprikornus insan bisa menjadi saksi untuk dirinya sendiri.
  • Syaikh Ibnu ‘Utsaimin mengungkapkan, yang diperhitungkan pada hari final zaman bukan sekedar amal, namun amal yang diusahakan seseorang (artinya atas kehendak). Maka berbeda antara ayat “bimaa kaanu yaksibuun” dan “bimaa kaanu ya’maluun”. Karena ada yang berinfak namun bukan dengan kehendak beliau sendiri ibarat amalan orang yang lupa, yang tertidur atau semisal itu.
  • Surat Yasin ayat 65 menyampaikan bahwa mereka -orang kafir- benar-benar merugi, mereka tidak bisa berbicara, mereka juga tidak bisa mengingkari kekufuran dan kedustaan mereka. Demikian disebutkan oleh Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di.
Jadi, Mulai kini perbanyaklah amal kebaikan dan hindarilah kasus yang dihentikan oleh Allah SWT. Semoga kelak kita di alam abadi menerima fasilitas dan syafaat Rasulullah di yaumul hisab. Amiin

Wallahu A'lam.