Jumlah Korban Meninggal Di Palu Lebih Dari 1300, Inggris Pribadi Bantu Rp 38 Miliar


Image from bbc.com

Seiring gempa tsunami yang melanda Palu. Sampai kini diperkirakan korban lebih dari 1300 meninggal dunia. Tak sanggup dipungkiri bantuan santunan tak ada hentinya. 

Sampai-sampai menerima tenggang rasa dari negara lain untuk membantu mendonasikan santunan sebab saking dahsyatnya gempa palu...

Data terbaru BNPB menunjukkan, korban tewas sudah mencapai setidaknya 1347 orang, termasuk 34 pelajar yang ditemukan meninggal dunia di bawah reruntuhan gereja di Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, pada Selasa (1/10).

Jumlah korban tewas terus meningkat, dan kini mencapai 1374, dalam data yang tercatat BNPB hingga Selasa (2/10) pukul 17:00.

Hal ini diungkapkan Kepala BNPB Willem Rampangile, dalam jumpa pers di posko penanganan bencana, Palu.

"Adapun yang hilang 113 orang, dan masih ada beberapa mayat yang masih tertimbun, dan kita masih belum tahu berapa jumlahnya," ungkap Willem, menyerupai dilaporkan wartawan BBC News Indonesia, Heyder Affan.

Menurut Willem, ketika ini BNPB masih berfokus pada upaya pencarian dan penyelamatan.

"Kita mengarahkan SDM mulai Basarnas, TNI, Polri, relawan, dan yang mengoperasikan alat berat ialah dari PUPR: semua kita kerahkan, untuk evakuasi," jelasnya

Para korban, berdasarkan juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, berasal dari Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Moutong.

"Namun kita memilah korban berdasarkan kabupaten, sulit. Karena tim SAR campuran ketika menerima jenazah, pribadi dibawa ke rumah sakit. Dan rumah sakit ada di Palu," kata Sutopo, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (2/10) siang.

Seperti yang dikutip dari bbc.com, di antara para korban meninggal dunia terdapat 34 pelajar yang ditemukan di bawah reruntuhan gereja di Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, pada Selasa (1/10).

Saat ini, sejumlah relawan masih berupaya mengevakuasi ke-34 mayat tersebut.

"Kondisi lumpur di tempat itu begitu parah. Kami harus berjalan sekitar 1,5 jam untuk mencapai (area longsor) sehingga upayanya amat sulit," kata Ridwan Sobri, juru bicara Palang Merah Indonesia kepada BBC.

Dia menambahkan, identitas dan usia para pelajar belum sanggup dikonfirmasi.

PMI, sebagaimana dilaporkan kantor informasi AFP, semula menerima laporan bahwa ada 86 pelajar yang hilang ketika mengikuti program pendalaman Bibel di Gereja Jonooge, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Belum jelas, apakah 34 mayat yang ditemukan di bawah reruntuhan gereja merupakan belahan dari 86 pelajar yang dilaporkan hilang.

Kecamatan Sigi Biromaru berjarak sekitar 20 kilometer sebelah selatan Kota Palu. Jika kondisi jalan normal, kecamatan tersebut sanggup dijangkau memakai kendaraan bermotor dari Kota Palu kurang dari satu jam.

Akan tetapi, gempa-tsunami yang melanda Kota Palu dan sekitarnya menjadikan sejumlah jalan rusak dan tidak sanggup diakses. Pasokan listrik terhenti dan jaringan telekomunikasi lumpuh.

Jumlah korban sangat mungkin bertambah karena banyak yang belum sanggup dievakuasi dari reruntuhan bangunan. Data dari tempat lainnya, menyerupai Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Moutong belum diproleh secara lancar kendati sudah mulai sanggup dijangkau, karena kerusakan infrastruktur.



Melihat peristiwa itu hingga sampai menerima tenggang rasa dari negara lain, mereka menawarkan bantuan santunan yang sanggup dibilang bukan ukuran kecil..



Pemerintah Inggris menyetujui santunan dana untuk peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala. Bantuan yang disetujui senilai Rp 38 miliar.

"Saya ingin mengucapkan turut berdukacita atas jatuhnya korban-korban di gempa dan tsunami di Palu. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran," kata Dubes Inggris di Indonesia Moazzam Malik, Selasa (2/10/2018).

"Pemerintah Inggris, dalam hal ini Menteri Pembangunan Internasional Inggris, telah menyetujui santunan kemanusiaan senilai Rp 38 miliar," imbuhnya.

Pernyataan Moazzam Malik tersebut berdasarkan rilis yang diterima dari Kepala Media Komunikasi Kedubes Inggris John Nickell.

Moazzam menyatakan ketika ini pihak Kementerian Pembangunan Internasional Inggris tengah dalam perjalanan ke Indonesia untuk mengkoordinasikan santunan tersebut.

"Tim dari kementerian tersebut sedang menuju ke Jakarta untuk mengkoordinasikan santunan kemanusiaan, khususnya dengan pemerintah Indonesia," tutur Moazzam.

Selain itu, pihak pemerintah Inggris mengupayakan mendistribusikan santunan selain berupa uang. Bantuan yang dimaksud antara lain tenda, selimut, hingga dapur portabel yang ketika ini berada di Dubai.

"Kami juga bekerjasama dengan maskapai untuk memindahkan bahan-bahan tersebut ke Palu atau bandara-bandara besar sekitar tempat darurat," tutur Moazzam.

Semoga yang menerima peristiwa tetap diberi ketabahan dan kesabaran. Amiin