Masya Allah, Mengamalkan Doa Ini, Allah Mudahkan Masuk Nirwana Dan Dijauhkan Dari Neraka


Sumber gambar inspirasidata.com

Jika kita perhatikan tidak ada yang memberatkan dari doa yang Rasulullah ajarkan kepada kita, bacaan ayat ini tidak panjang dan gampang di hafal.

Tapi kenapa masih enggan dan berat sekali untuk mengamalkan ? Padahal akan menghindarkan kita dari panasnya api neraka..

Semua orang tahu jikalau Neraka yaitu daerah yang penuh dengan keburukan dan penuh dengan eksekusi yang sangat pedih untuk insan yang mempunyai banyak dosa.

Sebagai insan yang beriman tentunya kita tidak ingin terjerumus kedalam api neraka sebab dosa-dosa yang pernah kita lakukan.

Maka Rasulullah SAW pun tidak rela jikalau umatnya menjadi penghuni neraka, Oleh sebab itu Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk mengamalkan doa-doa untuk memohon pertolongan dari api neraka dan memohon untuk dimasukan kedalam surga.

Gempa Dahsyat Ternyata Juga Pernah Terjadi di Zaman Nabi, Hingga Tanah Terbalik

Doa Setelah Shalat Shubuh Agar Dijauhkan Dari Neraka

Sebagaimana diriwayatkan dalam hadist:

”Apabila kau jawaban shalat subuh, becalah doa berikut sebelum kau berbicara dengan orang lain: ’Allahumma aajirnii minan naar’ 7 kali. Jika pada hari itu kau mati maka Allah akan memutuskan bahwa kau jauh dari neraka. 

Jika kau jawaban shalat maghrib, ucapkanlah doa ini sebelum kau berbicara dengan orang lain: ’Allahumma aajirnii minan naar’ 7 kali. Jika malam itu kau mati, maka Allah menetapkan bahwa kau jauh dari neraka.”

Hadis ini diriwayatkan Imam Ahmad dalam musnadnya no. 18054, Abu Daud no. 5079, dan Ibn Hibban 5/367, dari jalur al-Harits bin Muslim, dari bapaknya Muslim bin harits at-Tamimi secara marfu’.

Hadits ini mengajarkan kepada kita beberapa hal. Pertama, berlindung dari api neraka sanggup dengan berdoa memakai kalimat yang pendek dan sanggup dihafal dengan gampang serta tidak membutuhkan waktu yang lama.

Seumur Hidup Shalat Tidak Diterima Hanya Karena Kebiasaan Ruku' dan Sujud, Ini Sering Kita Lakukan!

Doa Memohon Surga dan Berlindung Dari Neraka

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Allaahumma innii as-alukal jannah, wa a'uudzu bika minan-naar.

Ya Allah, saya mohon kepada-Mu surga, dan saya berlindung kepada-Mu dari neraka.

HR. Abu Daud no. 792, Ibnu Majah no. 910, dan Ahmad (3/474). Syaikh Al Albani menyampaikan bahwa hadits ini shahih.

مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ الْجَنَّةُ: اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ النَّارُ: اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ

”Siapa yang meminta nirwana 3 kali, maka nirwana akan berkata: ’Ya Allah, masukkanlah beliau ke dalam surga.’ Dan siapa yang memohon pertolongan dari neraka 3 kali, maka neraka akan berkata: ’Ya Allah, lindungilah beliau dari neraka.” (HR. Ahmad 12585, Nasai 5521, Turmudzi 2572 dan yang lainnya. Hadis ini dinilai hasan oleh Syuaib al-Arnauth dan dinilai shahih oleh al-Albani).

Itulah beberapa doa yang sanggup menjauhkan kita dari neraka dan memohon untuk dimasukkan kedalam surga.

Jika kita perhatikan tidak ada yang memberatkan dari doa yang Rasulullah ajarkan kepada kita, bacaan ayat ini tidak panjang dan gampang di hafal.

Tapi kenapa masih enggan dan berat sekali untuk mengamalkan ?

Wallahu a'lam, agar bermanfaat.