Pernah Derita Cacar Air Diusia Remaja, Awas Cacar Air Diusia Renta Lebih Berbahaya Dapat Berubah Jadi Hepatitis


Sumber gambar klikdokter.com

Umunya, cacar air didertita oleh bawah umur dibawah usia 10 tahun. 

Tapi ternyata tak sedikit pula orang cukup umur yang juga mengalami cacar air. 

Bahkan, insiden ini sangatlah berbahaya daripada yang dialami anak-anak.

Cacar air merupakan penyakit yang praktis menular dan sanggup menyerang siapa saja, baik anak kecil maupun orang cukup umur yang sistem kekebalan tubuhnya menurun.

Tapi cacar air sanggup lebih berbahaya jika menyerang orang dewasa. Kenapa?

Cacar air (chickenpox) ialah salah satu penyakit yang sanggup menular dengan cepat dan disebabkan oleh virus varicella zoster. Dibutuhkan waktu inkubasi sekitar 2-3 ahad sehabis kontak dengan orang yang terkena cacar air.


"Kalau kena cacar air dikala cukup umur lebih berbahaya, lantaran reaksi virusnya sanggup lebih besar dan mengakibatkan komplikasi. Komplikasinya sanggup hingga peradangan otak atau ensefalitis," terang Dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM menyerupai yang dikutip dari health.detik.com.

:

  1. Ikuti Panduan di Internet Para Remaja Ini Meramu Air Rebusan Pembalut, Ada Varian Rasa yang Efeknya Mirip Narkotika
  2. Meninggal di Hari Jum'at Benarkah Bebas Dari Siksa Kubur ? Untuk Muslim yang Taat Kepada Allah


Cacar Air Diusia Dewasa Bisa Berubah Menjadi Hepatitis 

Cacar air pada usia cukup umur biasanya akan menjadikan demam tinggi dan rasa gatal.

Bedanya, cacar air pada usia cukup umur berpotensi dengan pneumonia yang menyerang badan akhir sistem kekebalan badan yang melemah. Bahkan kemungkinan bermetamorfosis hepatitis atau ensefalitis, yang merupakan iritasi dan pembengkakan otak dan berpotensi pada kerusakan permanen.

Seramnya, virus ini juga sanggup tertidur di dalam badan dan muncul kembali beberapa tahun yang berbagi herpes zoster. Vaksinasi memang sangat diharapkan untuk mencegah terjadinya penyakit ini pada tubuh.

Tom DeWitt, M.D., director of general pediatrics dari Cincinnati Children's Hospital, menyampaikan dari 90 persen orang cukup umur yang menerima vaksin, hanya 20 persen dari mereka yang mengalami pneumonia dan 10 persen herpes zoster, menyerupai yang dikutip dari liputan6.com.

Sementara hepatitis dan ensefalitis jarang terjadi, kata DeWitt. Jika cacar air terlanjur menyerang Anda, perbanyaklah mengonsumsi air mineral dan gunakan tylenol, ibuprofen, dan diphenhydramine menyerupai Benadryl untuk membantu mengurangi rasa gatal.