Sekolahkan Anak Di Pondok Pesantren Kini Juga, Alasannya Yaitu Dunia Ini Semakin Tidak Karuan


Ayo mondok via lyceum.id

Jika Anda masih bertanya.

Kenapa anak kita harus dididik di pondok pesantren? Apa yang akan mereka dapatkan? Zaman kini apa perlu?

Anda harus baca ini! PENTINGNYA pendidikan di Pondok Pesantren, apalagi di zaman yang maksiatnya sudah merajalela menyerupai kini ini.

Apakah pondok pesantren pada ketika ini masih diperlukan? Masih. alasannya yaitu pondok pesantren tempat kita memper dalam ilmu agama islam sekaligus tempat memperbaiki watak menuju yang lebih baik lagi. Peran Pondok Pesantren tidak bisa diabaikan begitu saja dari sejarah dan budaya Indonesia, alasannya yaitu pondok mempunyai tugas penting dalam mempelajari ilmu agama.

Untuk itu pondok pesantren menyusun kegiatan-kegiatan yang membentuk hal-hal positif serta bermanfaat. Apa saja yang dipelajari di pondok pesantren? Persoalan yang didiskusikan didalam pondok pesantren bisa apa saja, menyerupai duduk masalah fiqh, nahwu, dan mempelajari mengulang kitab-kitab yang dipelajari sebelumnya.

Beginilah Penjelasan Lengkap Mengenai Pondok Pesantren

Peran Pondok Pesantren tidak bisa diabaikan begitu saja dari sejarah dan budaya Indonesia, alasannya yaitu pondok mempunyai tugas penting dalam pendidikan dan penyebaran agama islam di indonesia.

Pondok pesantren diketahui sebagai suatu tempat untuk para siswa/i-nya (santri) guna menimba ilmu keagamaan islam, dimana yang membedakannya dengan sekolah, alasannya yaitu biasanya para santrinya juga tinggal menetap di pondok tersebut hingga santri tersebut lulus dari pendidikannya.

Tempatnya juga mempunyai ciri khas dimana kebanyakan suatu pondok itu yaitu tertutup (memiliki tembok tinggi mengitari pondoknya) untuk mengatur keluar masuk ke pondok tersebut. Namun, tahukah kalian wacana pendidikan tersirat yang ada di pondok pesantren yang belum tentu didapatkan di forum atau tempat lain? Inilah beberapa pendidikan tersembunyi yang tidak akan kalian dapatkan kalau kalian belum mondok.


Manfaat blajar dipondok via nahdlatululama.id

Belajar Gotong Royong dengan Budaya Ro'an (Bersih Bersih/Kerjabakti Bersama) yang Dilakukan Setiap Minggunya bahkan Setiap Hari.
Gotong royong yaitu budaya baik yang sudah menjalar dan turun temurun di indonesia dan harus selalu dilestarikan, alasannya yaitu dengan bersama-sama tersebut, akan memupuk rasa tenggang rasa dan saling bekerja sama bahkan menjadikan perilaku taling menolong sebagai mahluk sosial.

Fitrah insan yaitu mahluk sosial, yang membutuhkan pertolongan orang lain, sehingga dengan berguru bersama-sama yang ditanamkan di pondok pesantren berupa ro'an maka nantinya ketika mereka telah lulus dan keluar dari pondok, akan terbiasa dengan budaya ini, dan tidak kagok dengan kehidupan kasatmata dalam bermasyarakat.

Pendidikan Untuk Selalu Ta'dhim (Menghormati) Para Pengasuh dan Ustadz serta yang Lebih Tua.
Pendidikan pondok pesantren untuk selalu menghormati para Kyai (pengasuh pondok pesantren) bahkan kepada semua keluarga Ndalem (keluarga kyai) yaitu pelajaran yang tidak banyak diajarkan atau tidak banyak dipraktekkan eksklusif di forum lembaga pendidikan.

Dibuktikan dengan memang adanya mata pelajaran siswa/i terkait Moral, atau Akhlak. Namun kalian tau sendiri bahwa moral siswa/i tidak banyak berkembang dan bahkan semakin hancur alasannya yaitu banyak sekali dampak lingkungan. Hal ini berbeda dengan di pondok pesantren, dimana setiap santrinya walaupun tidak ada peraturan untuk mewajibkan Ta'dhim ke Kyai.

Namun perilaku itu timbul sendirinya alasannya yaitu wibawa dan tinggi keilmuannya para Kyai, sehingga hampir mustahil setiap santri tidak men-Ta'dhimii para Kyainya. Modal moral inilah yang bisa dibawa oleh para santri yang telah lulus dari pondoknya, untuk selalu mengamalkan dengan menghormati setiap orang yang lebih bau tanah daripada mereka, sehingga tidak gampang menyombongkan diri, dan gampang merendahkan orang lain. Seperti halnya zaman kini ini yang semakin banyak kalian tahu.

Ngalap Barokah. Istilah Bahasa Jawa yang Berarti Berharap Mendapatkan Berkah Melalui Kyai di Pondok Pesantren.
Ngalap Barokah. yaitu bahasa jawa yang kalau diindonesiakan artinya Berharap Mendapatkan Barokah. Hal ini biasa diimplementasikan dengan melaksanakan acara yang bekerjasama dengan kegiatan di dalam pondok, semisal menyapu, membawakan kitab Kyai, membersihkan kamar mandi, membersihakn mushallah, dll. Dengan jalan aktifitas itu, para santri berharap akan mendapat barokah ilmu yang bermanfaat, atau setidaknya ketularan kealiman dari para Kyainya.

Mencari keridhaan Allah itu bisa dicari dari hal apa saja, menyerupai hal nya aktifitas tersebut. Sehingga melalui aktifitas itu, Allah akan ridha kepada santrinya dan menawarkan keberkahan ilmunya. Itulah pendidikan yang bisa diterapkan dikehidupan kasatmata di masyarakat oleh para santri ketika sudah terjun eksklusif di lingkungan masyarakatnya. Bahwa untuk mencapai segala sesuatu hal hal baik pun perlu dilakukan, sebagai cara untuk mencapai sesuatu yang dituju.

Talaman sebagai Pelajaran untuk Selalu Hidup Rukun dalam Keberagaman dan Kebersamaan di Lingkungan yang Heterogen.
Berbeda dengan ro'an yang identik dengan sesuatu yang sering tidak disukai, alasannya yaitu malas bersih-bersih. Namun, talaman ini sesuatu yang sering dinantikan tunggu oleh para santri akan kedatangannya. Talaman ini sendiri artinya makan bareng dalam satu nampan untuk dimakan bersama yang biasanya 5-7 orang atau lebih. Bahasa inipun berbeda-beda di banyak sekali daerah.

Seperti Bancaan/Mayoran/Lengseran dan lain lain. Kemudian hal ini mengajarkan apa? Hal ini mengajarkan bahwa dalam Talaman itu, mengajarkan untuk saling menyebarkan satu sama lain, apalagi menyebarkan rijeki, yang zaman kini jarang dilihat, alasannya yaitu keserakahan dan ketamakan setiap orang. Coba bayangkan kalau setiap orang bisa menyebarkan rejeki satu sama lain, tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, mungkin kemiskinan sudah tidak ada di negeri ini, atau bahkan tingkat korupsi tidak semakin meningkat.

Budaya Talaman pun tidak mengenal kau siapa atau seberapa tinggi pangkatnya. Jika kalian kelihatan, maka sebisa  mungkin santri yang lain akan mengajak bahkan sedikit meminta biar kau juga ikut nimbrung dan ikut menikmati rijeki gratis tersebut. Bayangkan alangkah indahnya kalau hal itu ada pada setiap moral anak bangsa.

Belajar Hidup Sederhana dan Bertanggungjawab di Pondok Pesantren.
Kenapa harus berguru hidup sederhana? bukankah kalau ingin menjadi orang besar, seseorang harus berfikir besar pula? Mungkin itu yang muncul dalam benak beberapa orang, sehingga dalam kehidupannya pun bergaya menyerupai orang kaya atau orang besar.

Namun, apakah kalian juga berfikir, bahwa sebelum seseorang itu benar benar menjadi orang besar dan kaya, mereka tidak serta merta eksklusif menjadi kaya, melainkan membuthkan proses dari bawah. Hal inilah yang ingin ditanamkan pada setiap santri yang menimba ilmu di pondok pesantren untuk hidup sederhana, guna berguru dan bisa mencicipi rasanya menjadi orang yang kekurangan.

Sehingga seorang santri kalau sudah lulus, bisa lebih prihatin dan tidak hidup dalam kemewah-mewahan atau berfoya-foya. Selain itu, para santri juga mau tidak mau ditanamkan untuk bertanggungjawab, menyerupai terkait pakaiannya yang harus dicuci sendiri, kebersihan kamarnya, dll. Hal tersebut untuk mendidik biar para santri nantinya tidak mengandalkan dan bergantung pada orang lain, sehingga bisa sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan tanggungjawab terhadapat dirinya dan kebutuhannya sendiri.

Selain itu, ada 5 unsur pondok pesantren yang harus Anda ketahui, apa saja 5 unsur itu? Ini penjelasannya.


Unsur pondok via pondoktahfidzdijawatimur.wordpress.com

:

Unsur dan Komponen Pondok Pesantren

Dalam forum pendidikan Islam yang disebut pesantren sekurang-kurangnya ada unsur-unsur: kiai yang mengajar dan mendidik serta jadi panutan, santri yang berguru kepada kiai, masjid sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan dan sholat jamaah, dan asrama tempat tinggal santri. Sementara itu berdasarkan Zamakhsyari Dhofier ada lima elemen utama pesantren yaitu pondok, masjid, pengajian kitab-kitab klasik, santri dan kiai.  Unsur-unsur pondok pesantren tersebut sebagaimana berikut:

a. Pondok
Menurut Hasbullah bahwa perkembangan pondok pesantren bukanlah semata-mata dimaksudkan sebagai tempat tinggal atau asrama para santri untuk mengikuti pelajaran yang diberikan oleh kiai, tetapi juga sebagai latihan bagi santri yang bersangkutan biar bisa hidup sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam masyarakat.

b. Masjid
Menurut bahasa, masjid merupakan isim makan (nama tempat) yang diambil dari fiil (kata kerja) bahasa Arab sajada, yang artinya tempat untuk sujud. Pada mulanya yang dimaksud dengan masjid yaitu bab (tempat) di muka bumi yang dipergunakan untuk bersujud, baik dihalaman, lapangan, ataupun di padang pasir yang luas.

Akan tetapi, pengertian masjid ini usang kelamaan tumbuh dan berubah sehingga pengertiannya menjadi satu bangunan yang membelakangi arah kiblat dan dipergunakan sebagi tempat sholat baik sendiri atau jamaah.

c. Santri
Santri merupakan unsur pokok dari suatu pesantren, santri biasanya terdiri dari dua kelompok yaitu santri mukim dan santri kalong sebagaimana dijelaskan oleh Hasbullah bahwa :
  • Santri mukim yaitu santri yang berasal dari tempat yang jauh dan menetap di pesantren. Santri mukim yang telah usang tinggal di pesantren biasanya diberi tanggung jawab untuk mengurusi kebutuhannya sehari-hari.
  • Santri kalong yaitu santri yang berasal dari tempat desa sekeliling pesantren yang tidak menetap di pesantren. Mereka biasanya pulang pergi dari rumah ke pesantren.

Adapun alasan santri pergi dan menetap disuatu pesantren alasannya yaitu banyak sekali alasan, yaitu :
  • Ia ingin mempelajari kitab-kitab lain yang membahas Islam secara lebih mendalam dibawah bimbingan Kiai yang memimpin pesantren tersebut;
  • Ia ingin memperoleh pengalaman kehidupan bersama, baik dalam bidang pengajaran keorganisasian maupun korelasi dengan pesantren-pesantren terkenal;
  • Ia ingin memusatkan studinya dipesantren tanpa disibukkan kewajiban sehari-hari dikeluarganya.


d. Kiai
Kiai merupakan elemen yang esensial dari suatu pondok pesantren bahkan merupakan pendiri pesantren tersebut. Kiai bukanlah gelar yang bisa didapatkan dari pendidikan formal, akan tetap gelar tresebut diberikan oleh masyarakat kepada orang yang ilmu pengetahuannya mendalam wacana agama Islam dan mempunyai serta memimpin pondok pesantren dan juga mengajarkan kitab-kitab klasik pada para santrinya .

e. Pengajian kitab-kitab klasik
Unsur pokok lain yang membedakan antara pondok pesantren dengan forum pendidikan lain yaitu bahwa dalam pondok pesantren ini diajarkan kitab-kitab klasik yang dikarang oleh Ulama terdahulu. Di kalangan pesantren kitab-kitab klasik ini bisa disebut dengan kitab kuning, bahkan alasannya yaitu tidak dilengkapi dengan sandangan (syakal), istilah lain kerap oleh kalangan pesantren dengan sebutan kitab gundul.


Pondok pesantren via presidenri.go.id

Lalu ada berapa pondok pesantren di indonesia? Dimana pondok pesantren tertua di indonesia? Mengapa pondok pesantren berperan terhadap berdirinya nu?

Ada banyak sekali pondok pesantren di Indonesia, tetapi hanya ada 31 pondok terbaik dan terbesar di Indonesia. Berikut ini yaitu daftar nama pesantren tertua di Indonesia dan juga pendirinya dan tahun berdiri. Hingga ketika ini, pesantren tertua ini masih ada dan terus melaksanakan penemuan dan perkembangan sesuai zaman.
  • Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu, Kebumen, Jawa Tengah. Didirikan oleh Syekh As Sayid Abdul Kahfi Al Hasani (ulama besar dari Hadramaut, Yaman) pada 4 Januari 1475 M/879 H. Ini pesantren tertua se-Asia Tenggara.
  • Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Jawa Barat. Didirikan oleh Mbah Muqoyyim pada tahun 1715 M.
  • Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur. Didirikan oleh Sayyid Sulaiman bin Sayyid Abdur Rahman Basyaiban pada tahun 1718 M.
  • Pesantrean Al Mujahid (Sekarang berganti nama Al Alawiyyin), Cianjur, Jawa Barat. Didirikan pada tahun 1760 M.
  • Pondok Pesantren Jamsaren, Surakarta, Jawa Tengah. Didirikan oleh Kiai Jamsari pada tahun 1768 M.
  • Pondok Pesantren PPMH, Gading, Malang, Jawa Timur. Didirikan oleh KH. Hasan Munadi pada tahun 1768 M.
  • Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan Madura. Didirikan oleh Kiai Itsbat pada tahun 1787 M.
  • Ponpes Hidayatut Thullab (Pondok Tengah), Kamulan, Durenan, Trenggalek, Jawa Timur. Didirikan pada 1790 M.
  • Pondok Pesantren Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Didirikan pada tahun 1818 M.
  • Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen, Palengaan, Pamekasan, Jawa Timur. Asuhan KH. Muhammad Muddatstsir Badruddin (Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur). Didirikan oleh KH. Nasruddin bin Itsbat pada tahun 1827 M.
  • Pondok Pesantren Al-Iman, Purworejo Jawa Tengah. Didirikan pada tahun 1828 M.
  • Pondok Pesantren Tremas Paciatan Jawa Tengah. Didirikan oleh KH. Abdul Mannan pada tahun 1830 M.
  • Pondok Pesantren Langitan Tuban Jawa Timur. Didirikan oleh KH. Muhammad Nur pada tahun 1852 M.
  • Pondok Pesantren Syaichona Cholil Bangkalan Madura. Didirikan oleh Syaichona Muhammad Kholil pada tahun 1861 M.

Sejarah lahirnya NU tidak bisa terlepas dari tugas pesantren alasannya yaitu pesantren merupakan bab integral dari NU. NU lahir juga dibidani oleh kiai pesantren dan bisa ditelusuri secara historis maupun empiris. Hampir sebagian besar pesantren yang ada di Indonesia beraviliasi kepada NU.

Keinginan untuk mendirikan organisasi formal struktural dimulai dengan kelompok-kelompok pengajian keliling. Selain itu, para ualam juga membentuk diskusi yang diberi nama Tashwirul Afkar (1918) di Ampel suci Surabaya. Forum diskusi untuk membahas banyak sekali masalah yang dihadapi umat dipelopori oleh K.H. A. Wahab Hasbullah dan K.H. Mas Mansyur. Namun akhirnya, K.H. Mas Mansyur masuk Muhammadiyah, sedangkan kiai Wahab mendirikan NU.

Sebelum NU lahir, para ulama pesantren telah membentuk organisasi atau jamiah untuk mewadahi diri dalam kiprahnya. Antara lain dalam Nahdlatul Tujjar yaitu organisasi yang bertujuan untuk memperbaiki ekonomi umat. Nahdlatul Wathon (1918) yaitu sebuah organisasi yang didirikan di kampung Kawatan Surabaya dan Nahdlatul Syubban yaitu organisasi kepemudaan.

Pesantren terutama yang terletak di tempat pedesaan yaitu "NU kecil (NU Jamiah). Kiai, ustad, santri, dan banyak sekali unsur lain dalam pesantren merupakan rumah NU yang semenjak awal didirikan sebagai "Jamiah Diniah Ijtimaiyah" (organisasi sosial keagamaan) yang dibuat sebagai wadah usaha para ulama dan pra pengikutnya untuk membina syiar Islam dan membangun kehidupan Islam.

Nahdlatul Ulama tidak berarti bahwa NU hanya beranggotakan para ulama, namun anggotanya terdiri dari banyak sekali lapisan masyarakat dan selalu terbuka untuk siapapun juga.

Demikian klarifikasi pondok pesantren yang sanggup kami sampaikan, semoga bisa menambah pengetahuan serta bermanfaat bagi Anda. Sekian dari kami, bila ada salah kata kami mohon maaf.