Tanda Datangnya Hari Kiamat, Gempa Bumi Dan Kebenaran Sabda Rasulullah Saw!


Jalan di Anchorage, Alaska, rusak sehabis diguncang gempa Sabtu (1/12/2018) WIB. Foto/Twitter @Jlennyb

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un...

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Tidak akan datang hari Kiamat hingga banyak terjadi gempa bumi.” (HR. Bukhari)

Luput dari pemberitaan, Gempa sudah melanda banyak sekali tempat di belahan dunia. Bahkan hari ini Alaska diguncang Gempa 7 SR bahkan berpotensi Tsunami...

Salah satu tanda kiamat dan kiamat ialah banyaknya terjadi gempa bumi. Terdapat beberapa nash yang menjelaskan hal ini.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَكْثُرَ الزَّلاَزِلُ

Tidak akan datang hari Kiamat hingga banyak terjadi gempa bumi.” (HR. Bukhari)

Dalam riwayat yang lain disebutkan gempa bumi terjadi dalam waktu yang cukup usang selama beberapa tahun.

Dari sahabat Salamah bin Nufail as-Sakuni radhiallahu ‘anhu, dia berkata,

كُنَّا جُلُوسًا عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. (وَذَكَرَ الْحَدِيْثَ وَفِيْهِ) وَبَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ مُوتَانٌ شَدِيدٌ وَبَعْدَهُ سَنَوَاتُ الزَّلاَزِلِ

Kami pernah duduk-duduk bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam… (lalu dia menuturkan haditsnya) dan sebelum Kiamat ada dua maut yang sangat dahsyat, dan setelahnya terjadi tahun-tahun yang dipenuhi dengan gempa bumi.” (HR. Ibnu Majah, shahih)

Ibnu Hajar Al-Asqalani menjelaskan gempa bumi terjadi hampir di seluruh penjuru bumi. Beliau berkata,

قد وقع في كثير من البلاد الشمالية والشرقية والغربية كثير من الزلازل، ولكن الذي يظهر أن المراد بكثرتها: شمولها، ودوامها

Sungguh gempa banyak terjadi pada negara-negara di utara, timur dan barat, namun yang nampak dari maksudnya lafadz ‘banyak’ ialah meliputi keseluruhan dan terjadi terus-menerus.” (Fahul Bari 31/93-94)

Luput dari Pemberitaan, Hari ini Alaska Diguncang Gempa 7 SR bahkan Berpotensi Tsunami.

Gempa berkekuatan 7.0 magnitudo mengguncang sekitar Anchorage, Alaska menurut tubuh geologi AS, The US Geological Survey.

Dilansir dari ABC News, Sabtu (1/12/2018) Gempa tersebut terjadi di sekitar 7,5 mil sebelah utara kota. Pejabat US Geological Survey melaporkan warga di terdampak gempa harus berkemas-kemas untuk gempa susulan.

Bahkan, NWS dan National Oceanic Atmospheric Administration mengeluarkan peringatan tsunami untuk beberapa bab di Alaska.

Bukan hanya itu, akhir-akir gempa juga banyak melanda di banyak sekali tempat.

Diantaranya ialah Venezuela, Kanada , Haiti, Iran dan juga negara kita sendiri Indonesia.

Gempa Venezuela

Dikutip dari AFP, Pada Selasa (21/8), Venezuela diguncang gempa bumi berkekuatan 7,3 SR di akrab pantai timur lautnya.

Gempa ini mengakibatkan kepanikan warga namun hingga ketika ini belum ada laporan cedera atau kerusakan. USGS menyampaikan bahwa gempa terjadi pukul 17.30 waktu setempat dengan sentra gempa di akrab pantai Sucre di kedalaman 123 km.

Gempa Kanada

Dikutip dari CNN Indonesia, setidaknya empat gempa bumi mengguncang Kanada pada Minggu (21/10) malam waktu setempat dengan kekuatan 4,9 skala Richter hingga 6,8 SR.

Gempa bumi pertama berkekuatan 6,6 SR mengguncang wilayah Port Hardy, Kanada, yang terletak 571 kilometer dari Seattle.

Guncangan kedua dengan kekuatan 6,8 SR melanda 196 kilometer di wilayah barat daya Port Hardy lebih dari setengah jam kemudian.

Enam menit kemudian, gempa ketiga berkekuatan 6,5 SR terasa di 222 kilometer wilayah barat daya Port Hardy.

Setelah itu, 14 menit kemudian gempa melemah dengan kekuatan 4,9 SR tercatat mengguncang di tempat yang sama.

Gempa 5,9 SR Guncang Haiti, 11 Orang Tewas

Gempa berkekuatan 5,9 Skala Richter (SR) mengguncang pesisir Pantai Utara Haiti pada Sabtu malam (6/10) menelan 11 korban jiwa. Ratusan orang pun luka-luka akhir tertimpa bangunan-bangunan yang runtuh.

Gempa terjadi sekitar 12 mil (20 km) barat maritim kota pesisir Port-de-Paix, pada kedalaman 11,7 km.

Gempa di Iran pada Ahad (25/11), Setidaknya Mengakibatkan 700 Warga Luka-luka

Dikutip dari Republika, Gempa yang terjadi pada Ahad (25/11) malam dirasakan di tujuh provinsi di Iran. Gempa paling berpengaruh dirasakan di Provinsi Kermanshah.

Kantor info negara Iran IRNA mengatakan, terjadi dua gempa bumi susulan berkekuatan 5,2 SR dan 4,6 SR yang mengguncang tempat Sarpol-e Zahab pada Senin (26/11) pagi. Dilaporkan hingga ketika ini telah terjadi 161 gempa susulan di Iran.

Dilaporkan Arab News pada Jumat (30/11), akhir gempa susulan banyak orang khawatir sehingga mereka bermalam di jalanan meski dalam cuaca dingin. Gempa susulan tersebut memicu tanah longsor di beberapa daerah.

Laporan terbaru Televisi Negara Iran menyampaikan, lebih dari 700 orang terluka, sebagian besar menderita luka ringan.

Dan di Indonesia sendiri, gempa juga masih terus melanda wilayah Mamasa.

Sejak dua pekan terakhir Kabupaten Mamasa dan Sekitarnya Terus di Guncang Gempa Tektonik.

BMKG menyebut gempa yang terjadi di Mamasa itu merupakan gempa Swarm.

Fenomena Gempa Swarm sendiri merupakan rangkaian acara gempa bermagnitudo kecil dengan frekuensi kejadian sangat tinggi dalam waktu relatif lama, bahkan hingga 2 bulan.

Dikutip dari kompas.com, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BNPB Mamasa Ian Lebok mengatakan, akhir gempa tersebut jumlah pengungsi yang panik dan ketakutan sempat mencapai belasan ribu warga, termasuk anak-anak, namun kini tinggal sekitar 8.000-an yang tersebar di Sumarorong, Tanduk Kalua, Mamasa, dan beberapa lokasi lainnya.

Gempa Adalah Peringatan

Allah Azza wa Jalla berfirman :

مَّا أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللَّهِ ۖ وَمَا أَصَابَكَ مِن سَيِّئَةٍ فَمِن نَّفْسِكَ

Nikmat apapun yang kau terima, maka itu dari Allah, dan peristiwa apa saja yang menimpamu, maka itu alasannya ialah (kesalahan) dirimu sendiri”. [an Nisaa/4 : 79].

Allah Azza wa Jalla berfirman :

قُلْ هُوَ الْقَادِرُ عَلَىٰ أَن يَبْعَثَ عَلَيْكُمْ عَذَابًا مِّن فَوْقِكُمْ أَوْ مِن تَحْتِ أَرْجُلِكُمْ أَوْ يَلْبِسَكُمْ شِيَعًا وَيُذِيقَ بَعْضَكُم بَأْسَ بَعْضٍ

“Katakanlah (Wahai Muhammad) : “Dia (Allah) Maha Berkuasa untuk mengirimkan adzab kepada kalian, dari atas kalian atau dari bawah kaki kalian, atau Dia mencampurkan kau dalam golongan-golongan (yang saling bertentangan), dan mencicipi kepada sebagian kalian keganasan sebahagian yang lain”. [al-An’am/6 : 65].

Hendaknya kita banyak intropeksi diri apabila terjadi banyak gempa. Bisa jadi ini merupakan tanda dan peringatan kepada kita semua biar kembali kepada Allah dan bertaubat.

Ibnu Mas’ud berkata ketika terjadi gempa,

يا أيها الناس ! إن ربكم يستعتبكم فأعتبوه

Wahai manusia, gotong royong Allah menginginkan kalian untuk kembali, maka kembalilah pada-Nya.” (Tafsir At-Thabari 17/478)

Demikian, Wallahu A'lam.

: