Wajib Tahu! Detail Game Berbahaya Yang Dimainkan Anak, Ini Alasannya


Image from dream.com

Awas salah bun, niatnya mau memberi hiburan anak namun bisa akibatkan petaka, Lho!!

Main game memang sangat mengasyikkan dan bisa bikin siapa saja, terutama belum dewasa jadi lupa waktu. 

Meski bermain game sudah menjadi hal yang “wajar” untuk anak-anak, namun bunda harus perhatikan ini,..

Teknologi digital yang terus berkembang ibarat kini menciptakan anak dengan gampang memainkan game. Bukan hanya video game yang dimainkan layar besar memakai konsol, tapi juga game yang ada di ponsel termasuk game oneline.

Sekilas mungkin tampak ibarat permainan biasa, tapi pada beberapa permainan terdapat agresi kekerasan. Mulai dari menendang, memukul, hingga penuh gambar darah. Tanpa disadari juga muncul adegan yang bernuansa pornografi.

"Bermain game tentu saja sangat menyenangkan bagi anak. Orangtua sering lupa dan tak terlalu memperhatikan kalau unsur kekerasan pada game sangat tinggi. Pada anak, mereka akan sangat suka menirunya," ujar Natalie Chris, seorang pakar pengasuhan anak, dikutip dari MomJunction.

Gerakan pada game ibarat bermain pedang, menendang, memukul pun diikuti anak tanpa merasa bersalah. Mereka belum mengerti kalau hal itu tak boleh dicontoh. Untuk itu pastikan orangtua selalu tahu game-game yang dimainkan anak.

"Jangan eksklusif memberi dan mengizinkannya bermain game begitu saja. Cari tahu dulu isinya, detailnya. Jika dirasa penuh kekerasan dan tak sesuai untuk anak, jangan segan untuk melarangnya," ungkap Chris.

Kini banyak game-game menyenangkan dan bernuansa edukatif untuk anak. Cobalah lebih aktif mencari tahu dan selektif dalam menentukan permainan untuk buah hati. Game penuh kekerasan berbagai di pasaran, jangan hingga membawa efek jelek pada sikap anak.

Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan dan ingin tetap mengawasi anak bunda, coba gunakan cara bijak ini.

Salah satu cara bijak tersebut ialah dengan menggunakan aplikasi pengawasan orangtua atau lebih dikenal dengan parental control.

Aplikasi semacam ini sangat membantu orangtua dalam mengontrol kegiatan anak dengan gadget-nya. Berikut ini kami pilihkan enam (6) aplikasi parental control untuk perangkat Android dan iOS supaya kegiatan anak ketika bermain gadget sanggup dipantau.

1. Kids Place

Aplikasi ini berfungsi untuk melindungi data pribadi dan membatasi jalan masuk aplikasi tertentu kepada anak. Kids Place juga mempunyai fitur yang sanggup mencegah belum dewasa mengunduh (download) aplikasi baru, melaksanakan panggilan telepon, atau kegiatan lainnya yang memerlukan biaya. Menurut deksripsi yang tertera pada toko aplikasi Play Store, aplikasi ini sangat membantu bagi para orangtua yang mempunyai anak berumur di bawah emat tahun dan aktif memakai gadget.

2. Kid Mode



Fungsi dari Kid Mode tak berbeda jauh dengan aplikasi Kids Place. Namun, aplikasi ini mempunyai kelebihan dengan dibekalinya fitur video chat khusus untuk sesama anggota keluarga. Selain itu, Anda pun sanggup mengaturnya untuk secara konstan (per ahad atau bulan) mengirimkan email yang berisikan laporan alamat-lamat situs mana saja yang diakses oleh Anak Anda.

3. AppsNotifier

Tak jarang belum dewasa membeli atau mengunduh sebuah aplikasi tanpa seijin orang tuanya. Mungkin tak terlalu jadi problem jikalau harganya murah. Namun, bagaimana jikalau harga aplikasi tersebut cukup menguras kantong Anda?  Dengan AppsNotifier, Anda akan terhindar dari problem ini. Setiap kali ada pembelian aplikasi, AppsNotifier akan memberitahukan Anda melalui e-mail dan memblok aplikasi tersebut dari proses unduh sebelum Anda memasukan arahan password persetujuan.

4. Kids Lock

Fitur yang diusungnya secara keseluruhan serupa dengan aplikasi Kids Place. Namun, aplikasi ini disertai fitur lock screen khusus yang hanya bisa diakses oleh para orangtua.

5. Norton Online Family

Jika Anda memperlihatkan jalan masuk online internet untuk anak, Anda bisa wajib membekali perangkat mobile Anda dengan Norton Online Family yang sanggup memantau kegiatan internet anak. Aplikasi besutan produsen anti virus ternama dunia ini sanggup memblok halaman yang tidak Anda inginkan, atau mengetahui dengan siapa ia melaksanakan chatting, sehingga sanggup terhindar dari bencana cyberbullying ataupun jenis kejahatan cyber lainnya.

6. Phone Control



Aplikasi yang satu ini mungkin lebih dikhususkan bagi para orangtua yang benar-benar paranoid dengan sikap anaknya ketika memakai gadget pintar. Aplikasi Phone Control bisa memonitor semua yang terjadi dengan gadget yang dipakai anak Anda. Aplikasi ini akan memberitahukan semua SMS yang masuk dan keluar, tak terkecuali pengambilan foto, panggilan telepon, dan lokasi gadget. Hebatnya lagi, Anda tak perlu khawatir akan tertangkap lembap sedang mengawasi oleh anak Anda, lantaran semua kemampuan tersebut berjalan tanpa sepengetahuan anak Anda, bahkan tampilan icon aplikasi ini pun tak akan muncul di layar hidangan utama, dan hanya bisa diakses via hidangan setting aplication.

Demikian, semoga bermanfaat,..