Bacaan Ijab Qobul Bahasa Arab


ijab qobul via konsultasisyariah.com

Proses ijab kabul yaitu hal paling utama dalam pernikahan. Di indonesia ada yang melaksanakan ijab qobul dalam bahasa arab dan ada juga yang memakai bahasa indonesianya. Untuk anda yang ingin melafalkannya dalam bahasa arab, maka anda berada di artikel yang tepat. Kami akan sajikan lengkap dengan teks latin dan terjemahannya.

Dalam agama islam, menikah yaitu suatu hal yang sakra dan merupakan sunnah Rasulullah SAW. Menikah berpahala dan sangat dianjurkan oleh Nabi SAW. Islam sendiri mengatur proses dan tata caranya. Ada banyak rangkaian aktivitas yang mesti dilakukan dan dipenuhi biar pernikahan kita sah secara syariat agama dan istri atau suami kita menjadi halal untuk kita. Dan ibarat yang tersebut diatas salah satu yang paling penting dan hukumnya wajib yaitu proses ijab Kabul.

Ijab qabul sendiri yaitu proses dimana wali yang ditunjuk mewakili mempelai perempuan menikahkan atau melafadzkan bacaan ijab kepada calon mempelai pria. Selanjutnya mempelai laki-laki menjawabnya dan ini disebut dengan bacaan qobul. Semuaitu dilakukan dengan adanya saksi. kira kira begitulah garis besar proses ijab kabul.

Hukum ijab qobul bahasa arab ?

Para fuqaha beropini bahwa ijab kabul dengan memakai selain bahasa dianggap sah. Menurut Imam Syafi’i dan Ibnu Qudama, ibarat termaktub dalam kitab al-mughnî bahwa bagi yang menguasai lafal ijab kabul dengan bahasa Arab, maka beliau harus memakai ijab kabul dengan bahasa Arab. Jika tidak, maka nikahnya diangap tidak sah.

Sementara itu, Abu Hanifah membolehkan ijab kabul dengan selain bahasa Arab,  walaupun mempelai mahir berbahasa Arab. Hal ini alasannya yaitu ungkapan ijab kabul yaitu ungkapan khusus yang hanya diucapkan dikala pernikahan saja.[1]

Menurut Abdul Karim Zaidan, bahwa ijab Kabul sanggup diucapkan dengan bahasa apapun. Islam yaitu agama yang gampang sehingga diperlukan tidak mempersulit sesuatu yang sudah dimudahkan oleh Islam. Ijab dan kabul bahwasanya dimaksudkan biar kedua mempelai, dikala menikah saling memahami dan saling merestui, dan bukan alasannya yaitu unsur keterpaksaan. Ungkapan ijab kabul bahwasanya yaitu bukti dari kerelaan kedua mempelai tersebut.

Kaprikornus itulah hukum ijab qobul bahasa arab serta bahasa lainnya.

Setelah mengerti aturan jabqobul bahasa arab yuk mengetahui ijab qobul bahasa arab yang benar itu ibarat apa.

Ijab qobul bahasa arab yang benar

Berikut ini akan kami bahasa arti dari ijab qobul bahasa arab seperti apa.
Adapun lafadz, lafal ijab kabul bahasa arab untuk ijab yaitu sebagai berikut:

ijab qobul bahasa arab via bicarawanita.xyz

Ankahtuka wa Zawwajtuka Makhtubataka Binti .... alal Mahri ....

Artinya:
“Aku nikahkan engkau, dan saya kawinkan engkau dengan pinanganmu puteriku ..... dengan mahar .....”

Pernyataan di atas harus segera dijawab oleh calon mempelai pria, dilarang ada jeda waktu yang signifikan atau menyelinginya dengan sesuatu, baik dengan membicarakan hal-hal lain, ataupun meninggalkan majelis daerah berlangsunnya ijab kabul tersebut. (sehingga sanggup disela dengan pengucapan kabul oleh pihak selain calon mempelai pria), yaitu:


lafadz ijab qobul bahasa arab via bicarawanita.xyz

Qobiltu Nikahaha wa Tazwijaha alal Mahril Madzkuur wa Radhiitu bihi. Wallahu Waliyut Taufiq.

Artinya:
“Aku terima pernikahan dan perkawinannya dengan mahar yang telah disebutkan. Dan semoga Allah selalu memperlihatkan anugerah"

Menghafal bacaan kabul (qobul) bagi calon mempelai laki-laki memang sangat penting. Jadi, yaitu sebuah langkah yang bijak bagi seorang laki-laki yang sudah ingin menikah untuk menghafalkan lafdz, lafal bacaan ijab kabul di atas. Hal ini biar prosesi ijab kabul sanggup berjalan dengan lancar.

Prosesi ijab qobul bahasa arab

Berikut ini cara mengucapkan ijab qobul dalam bahasa arab dalam video biar lebih gampang di mengerti.




Doa sesudah ijab qobul bahasa arab

dikala seorang muslim tanggapan dari kesepakatan nikahnya hendaklah ia melaksanakan hal-hal berikut :

Pertama, memegang ubun-ubun istrinya seraya menyebut nama Allah yakni mengucapkan bismillaah
Kedua, memohon kepada Allah biar dikaruniai keberkahan akan rumah tangga yang dibangun dan dijalaninya itu. Misalnya dengan kalimat :

اللهم بارك لي في أهلي وبارك لأهلي في

Allaahumma baarik lii fii ahlii wa baarik li-ahlii fiyya

Artinya "Ya Allah berkahilah istriku untukku dan berkahilah saya untuk istriku"

Atau doa-doa keberkahan lainnya.

Ketiga, mendoakan istrinya dengan doa yang diajarkan Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allaahumma innii as-aluka khayraha wa khayra maa jabaltahaa ‘alaihi wa a’uudzu bika min syarrihaa wa min syarri maa jabaltahaa ‘alaihi

Artinya "Ya Allah bahwasanya saya memohon kebaikannya dan kebaikan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya. Dan saya memohon sumbangan kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya".

Demikian artikel mengenai lafadz bacaan ijab kabul bahasa Arab dan artinya. Semoga memudahkan anda dalam mempersiapkan pernikahan anda. Salam.