Bahaya Narkoba Bagi Anak Muda, Gangguan Saraf Sampai Timbulkan Kematian

Stop narkoba via irvanviktorsh.blogspot.com

Narkoba ialah akronim dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ialah Napza yang merupakan akronim dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Bahaya narkoba sudah tidak diragukan lagi, khusunya bahaya narkoba bagi generasi muda. Sayangnya, penyalahgunaan obat-obatan terlarang makin marak di banyak sekali negara di seluruh Indonesia. Apa saja ancaman narkoba bagi generasi muda bangsa indonesia? Bahaya narkoba bagi generasi muda ialah gangguan psikologi, gangguan kesehatan, menghancurkan masa depan, melanggar UU, dan berdampak jelek bagi lingkungan sosial.

Kata narkotik berasal dari bahasa Inggris, yaitu narcotics yang berarti obat bius. Secara umum narkotik berarti suatu zat yang sanggup menimbulkan perubahan kesadaran. Penyalahgunaan narkoba di Indonesia semakin memprihatinkan, dari hari ke hari terus meningkat tajam.

Bahaya Narkoba sudah menjadi momok yang seram bagi masyarakat. Tak hanya menimbulkan bahaya, imbas narkoba bagi kesehatan juga sangat menakutkan. Apa saja imbas dan apa saja ancaman narkoba bagi kesehatan?


Dampak jelek via vonvon.id


Bahaya dan Efek Narkoba Bagi Kesehatan: 

Narkoba sesedikit apapun penggunaannya, sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena penggunaan yang sedikit biasanya tidak akan bertahan lama. Secara umum, penyalahgunaan narkoba mengatakan empat dampak bagi kesehatan, yaitu :

  1. Dampak depresan. Dampak yang mengakibatkan pemakai tertidur atau tidak sadarkan diri. Dalam tahap ini, tidurnya pengguna narkoba tidak sama dengan tidur orang biasa. Tidurnya tidak berarti istirahat. Karena beberapa organ badan masih bekerja.
  2. Dampak halusinogen. Dampak ini mengakibatkan pemakai narkoba berhalusinasi atau melihat sesuatu yang tidak ada. Halusinasi atau khayalan ini, bisa berupa sesuatu yang seram baginya sehingga bisa berteriak-teriak histeris atau berupa sesuatu yang menyenangkan dan selama ini diinginkannya.
  3. Dampak stimulan. Dampak yang mengakibatkan organ badan menyerupai jantung dan otak pengguna narkoba bekerja lebih cepat. Pada dikala ini, orang tersebut akan merasa lebih bertenaga dan mempunyai energi aksesori untuk berpikir dan berkreasi. Dampak narkoba jenis ini biasanya dipakai oleh para pekerja kreatif, pebisnis, dan semua orang yang merasa bahwa ia hanya bisa berkarya bila di bawah efek narkoba. Akibatnya, organ badan dan otak yang dipaksa bekerja terus menerus melebihi batas kemampuan akan rusak dan sanggup menimbulkan kematian.
  4. Dampak adiktif. Pada dasarnya, semua jenis narkoba mengakibatkan dampak ketagihan atau kecanduan. Dalam waktu usang si pemakai tidak mengkonsumsinya, maka badan akan merasa sakit. Bahkan, badan bisa menjadi kondisi kritis (sakaw).

Selain empat dampak penyalahgunaan narkoba yang telah disebutkan di atas, secara spesifik narkoba sanggup membahayakan kesehatan. Bahaya dan imbas narkoba bagi kesehatan, yaitu :

1. Merusak sistem pernapasan
Ada beberapa jenis narkoba yang penggunaannya dihisap menyerupai ganja dan heroin. Penghisapan berarti melalui jalan masuk pernapasan. Lewatnya zat-zat beracun melalui jalan masuk pernapasan sanggup menimbulkan kondisi gangguan pada sistem pernapasan itu sendiri. 

Orang yang memakai narkoba jenis ini lebih gampang atau beresiko tinggi terjangkit sesak napas, bronchitis, abses paru-paru dan kanker paru-paru.

2. Perubahan fungsi otak
Mungkin di awal penggunaan narkoba, si pengguna merasa meningkat fungsi otaknya ; lebih kreatif, lebih gampang berpikir, dan lain-lain. Namun, ketika sudah hingga pada tahap kecanduan yang tinggi, fungsi tersebut tidak akan dirasakan lagi. 

Banyak penelitian yang memakai percobaan pada binatang akan memperlihatkan bahwa penggunaan narkoba pada karenanya akan merusak fungsi syaraf pusat, yaitu otak. Daya pikir akan menurun. Dan fokus tidak lagi pada pekerjaan dan lingkungan, tetapi kepada bagaimana cara mendapat narkoba.

3. Merusak sistem peredaran darah
Paru-paru dan jantung bekerja saling berhubungan. Ketika zat-zat kimia beracun memasuki paru-paru, maka zat-zat beracun tersebut akan masuk ke jantung dan peredaran darah secara keseluruhan. Dan lantaran darah beredar ke seluruh tubuh, maka akan menyebar pula zat-zat beracun yang dibawanya ke seluruh tubuh. 

Sistem peredaran darah menjadi rusak dan gampang terjangkit banyak sekali penyakit yang bekerjasama dengan peredaran darah. Yang paling pertama sanggup terlihat dari pengguna narkoba yang rusak sistem peredaran darahnya ialah mata yang memerah jawaban melebarnya pembuluh darah mata.


Efek narkoba via alodokter.com

4. Gangguan sistem reproduksi
Penggunaan narkoba yang terus menerus menimbulkan gangguan sistem hormon, terutama hormon yang berkaitan dengan reproduksi. Akibatnya, terjadi penurunan fungsi seksual pada perempuan maupun laki-laki yang memakai narkoba.  Narkoba sanggup menjadi salah satu penyebab kemandulan.

5. Gangguan pada sistem syaraf sentra /otak
Ketika zat-zat narkoba sudah memasuki sistem pembuluh darah, hanya dalam hitungan menit, senyawa kimia beracun dan berbahaya dibawa menuju otak dan organ lainnya. Di otak, yang merupakan sistem syaraf pusat, senyawa narkoba / THC melepaskan doplamin dan mengakibatkan pengguna merasa damai atau”fly”.

Doplamin yang dikeuarkan sangat banyak sehingga pada tahapan lanjut atau pecandu akan mengakibatkan pengguna tidak sanggup mencerna info secara benar, maupun mengingat sesuatu. 

Akibatnya, halusinasi terus menurus hingga kehilangan kesadaran. Alih-alih akan menambah kreatifitas dan meningkatkan fungsi kerja otak, narkoba mengakibatkan kerusakan pada otak.

6. Gangguan pada kulit
Gangguan pada kulit biasanya terjadi pada pengguna narkoba dengan jarum suntik. Suntikan yang terus menerus di tempat yang sama menimbulkan abses kulit. Kulit pengguna narkoba jenis ini terlihat lebam atau kebiruan di tempat bekas suntikan terjadi.

7. Gangguan pada hati
Dalam sistem pencernaan organ hati berfungsi mengatakan racun. Segala jenis racun akan masuk ke dalam hati, terutama narkoba yang dikonsumsi melalui ekspresi dan pernapasan. Karena banyaknya racun yang masuk, hati bekerja berlebihan sehingga mengalami gangguan fungsi hati. 

Gejala awal / ciri-ciri gangguan hati pengguna narkoba ialah perasaan tersengat di ekspresi dan tenggorokan.

8. Merusak sistem kekebalan tubuh
Dengan masuknya banyak sekali jenis kimia sangat berbahaya ke dalam badan dan buruknya banyak sekali organ tubuh, otomatis pengguna narkoba mengalami kerusakan / penurunan sistem kekebalan / imun tubuhnya. 

Pengguna narkoba akan gampang sekali terjangkit penyakit. Apalagi ditambah pecandu narkoba yang sudah level tinggi tiak lagi memperhatikan hal lain selain cara mendapat narkoba kembali.


Awas narkoba via suarapemredkalbar.com

Itulah bahaya narkoba dan pencegahannya bisa Anda lakukan bila Anda mengikuti upaya pencegahan narkoba dibawah ini.


Upaya Pencegahan Narkoba

Upaya pencegahan terhadap penyebaran narkoba di kalangan pelajar, sudah seyogianya menjadi tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua, guru, dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam meragukan ancaman narkoba terhadap bawah umur kita. Ada tiga hal yang harus diperhatikan ketika melaksanakan acara anti narkoba di sekolah. 

Yang pertama ialah dengan mengikutsertakan keluarga. Banyak penelitian telah memperlihatkan bahwa sikap orangtua memegang peranan penting dalam membentuk keyakinan akan penggunaan narkoba pada anak-anak. Strategi untuk mengubah sikap keluarga terhadap penggunaan narkoba termasuk memperbaiki pola asuh orangtua dalam rangka membuat komunikasi dan lingkungan yang lebih baik di rumah. Kelompok pemberian dari orangtua merupakan model intervensi yang sering digunakan.

Kedua, dengan menekankan secara terperinci kebijakan tidak pada narkoba. Mengirimkan pesan yang terperinci tidak memakai membutuhkan konsistensi sekolah-sekolah untuk menjelaskan bahwa narkoba itu salah dan mendorong kegiatan-kegiatan anti narkoba di sekolah. Untuk anak sekolah harus diberikan klarifikasi yang terus-menerus diulang bahwa narkoba tidak hanya membahayakan kesehatan fisik dan emosi namun juga kesempatan mereka untuk bisa terus belajar, mengoptimalkan potensi akademik dan kehidupan yang layak.

Terakhir, meningkatkan kepercayaan antara orang pintar balig cukup akal dan anak-anak. Pendekatan ini mempromosikan kesempatan yang lebih besar bagi interaksi personal antara orang pintar balig cukup akal dan remaja, dengan demikian mendorong orang pintar balig cukup akal menjadi model yang lebih berpengaruh.

Oleh lantaran itu, mulai dikala ini pendidik, pengajar, dan orang tua, harus sigap serta waspada, akan bahaya narkoba yang sewaktu-waktu sanggup menjerat bawah umur sendiri. Dengan banyak sekali upaya tersebut di atas, mari kita jaga dan awasi anak didik dari ancaman narkoba tersebut, sehingga keinginan untuk menelurkan generasi yang cerdas dan tangguh di masa yang akan tiba sanggup terealisasikan dengan baik.

Lantas bagaimana cara menghindari ancaman narkoba? Berikut 7 cara menghindari narkoba dan dampak negatifnya, Anda wajib tahu.


Hidari narkoba via harumsismamedika.com


Cara Menghindari Narkoba

Bagi anda yang g tidak ingin berakhir di sentra rehabilitasi atau kesehatan yang jelek jawaban obat-obatan tersebut ada baiknya mengikuti tips menghindari narkoba yang berikut ini:

1. Ketahui bermacam-macam dampak negatif narkoba
Ada banyak sekali dampak jelek narkoba yang sanggup anda jadikan sebagai fatwa supaya tidak coba-coba untuk menggunakannya. Beragam dampak jelek narkoba tidak hanya dirasakan secara fisik melainkan juga psikis. Sebagai contoh, seseorang yang tertangkap tangan sebagai pengguna narkoba, akan menjadi perbincangan di masyarakat.

Mereka akan dijauhi serta digunjingkan. Jika sudah demikian, maka rasa tertekan jawaban lingkungan membuat seseorang cenderung menutup diri dan merasa dikucilkan.

2. Jaga pergaulan anda
Cara menghindari narkoba juga tergantung pada pergaulan. Pergaulan yang salah memberi dampak jelek bukan hanya pada masa kini melainkan juga pada masa depan anda. Untuk itu dibutuhkan sebuah benteng yang kuat supaya anda tidak sanggup dengan gampang terjerumus pada pergaulan bebas yang menyesatkan. 

Membentengi diri sanggup dilakukan dengan cara memegang teguh agama yang dianut. Di dunia ini tentu tidak ada satupun agama yang membenarkan pergaulan bebas. Untuk itu perbanyak ilmu agama dan jadikanlah sebagai pegangan hidup anda.

3. Hadapi problem anda
Narkoba merupakan salah satu jenis obat-obatan terlarang yang dipakai sebagai salah satu cara pelampiasan atas problem yang tengah dihadapi. Beragam problem yang ada membuat seseorang merasa depresi hingga berdampak pada kelakuannya sehari-hari. 

Banyak dari mereka yang tengah dilanda problem berat terkadang melaksanakan hal jelek sebagai pelampiasan dan mulai coba-coba dengan mengonsumsi narkoba. Sebaik apapun seseorang, ketika dihadapkan pada sebuah problem yang besar, perubahan sikap sanggup pula terjadi.

Ketika dilanda banyak problem yang terkadang tidak sanggup anda tangani sendiri, ada baiknya  bila anda meminta pertolongan dari orang lain. Beragam problem yang tengah melanda terkadang mempunyai penyelesaian yang cukup rumit sehingga membutuhkan pertolongan orang lain untuk menyelesaikannya

4. Lakukan kegiatan yang bermanfaat
Langkah jitu dalam menghindari narkoba ialah dengan cara melaksanakan kegiatan yang bermanfaat. Ada banyak sekali jenis kegiatan yang bermanfaat terutama bagi seorang remaja mulai dari melaksanakan bakti sosial atau melaksanakan hobinya. 

Melakukan kegiatan-kegiatan tersebut bisa menghindarkan anda dari waktu luang yang sanggup membuat pikiran-pikiran negatif masuk dalam pikiran anda. Dengan bermacam-macam acara yang tengah dijalankan sanggup menghindarkan anda dari keinginan untuk mencoba narkoba.

5. Hindari dunia malam
Dunia malam identik dengan hal-hal yang negatif. Bagi para orang renta hendaknya mengatakan batasan waktu bagi anak-anaknya supaya tidak keluar dikala malam hari. 

Dunia malam terlebih pada klub malam ada banyak sekali orang-orang di dalamnya yang telah menjadi pemakai narkoba sehingga tidak menutup kemungkinan bila anda bahagia berada di tempat-tempat tersebut maka keinginan untuk mencoba-coba akan bertambah besar.


Jauhi narkoba via inspirasidata.com

6. Ingat ihwal aturan narkoba
Di Indonesia terdapat aturan yang berlaku bagi para pengguna narkoba maupun pengedarnya. Hal ini sanggup mengakibatkan si pelaku atau si pengedar terkena eksekusi penjara. Bagi anda yang tidak ingin berurusan dengan para pegawapemerintah penegak aturan tentu ada baiknya bila anda menghindari barang terlarang yang satu ini.

Hingga kini telah banyak sekali orang yang direhabilitasi serta masuk kedalam penjara jawaban pemakaian narkoba. Jika anda tidak ingin hal itu terjadi pada anda, tentu ada baiknya bila mulai kini anda bersikap anti pada jenis obat- obatan yang berbahaya satu ini.

7. Jangan gampang tergoda
Ketika anda mempunyai rasa ingin tau yang cukup tinggi terhadap sesuatu, akan lebih baik bila anda sanggup menekannya. Pikirkan dulu apa dampak baik dan buruknya ketika anda hendak melaksanakan sesuatu. Saat dampak jelek ternyata lebih banyak bila dibandingkan dengan dampak baiknya, sebaiknya segera hilangkan pikiran-pikiran tersebut.

jangan gampang terkena bujukan oleh teman untuk mencoba obat terlaran yang satu ini. Sekalinya anda kena, maka rasa ingin mencobanya lagi dan lagi akan terus menerus muncul hingga berakhir dengan ketagihan.

Nah, diatas merupakan dampak jelek yang ditimbulkan oleh narkoba ini, selain itu anda juga bisa mengetahui cara mencegah narkoba. Jauhi narkoba ini, jangan sesekali mencobanya, pikirkan terlebih dahulu dampaknya bagi kehidupan kita selanjutnya. Demikian info ini kami sampaikan, supaya bermanfaat.