Berbagai Macam Potensi Sumber Daya Alam Indonesia Yang Sangat Kaya


SDM via satujam.com

Apa saja sih bergotong-royong potensi dari sumber daya alam itu sendiri? Ada berapa macam potensi sumber daya alam? Yuk simak penjelasannya bersama.

Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) ialah segala sesuatu yang berasal dari alam yang sanggup dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sudah tahu belum ihwal macam-macam potensi sumber daya alam? Jika belum. Yuk, mari kita simak artikel berikut bersama-sama.

Sumber-sumber makanan dan minuman yang berasal dari lingkungan inilah yang disebut dengan sumber daya alam. Sumber daya alam ialah sesuatu yang sanggup dimanfaatkan untuk banyak sekali kepentingan dan kebutuhan hidup insan semoga hidup lebih sejahtera yang ada dimuka bumi ini. Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang disediakan oleh alam semesta yang sanggup dipergunakan oleh insan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Inilah macam-macam potensi sumber daya alam yang perlu Anda ketahui, yuk simak penjelasannya dibawah ini.


Sumber daya via geograph88.blogspot.com

Mengenal Macam-macam Potensi Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah kekayaan alam yang terdapat di bumi dan sanggup dimanfaatkan oleh manusia. Tahu kah kau bahwa jenis-jenis sumber daya alam sanggup dibedakan menurut pembentukan, materi dan lokasinya? Yuk kita cari tahu!

Berdasarkan pembentukannya, sumber daya alam sanggup dibagi menjadi dua:
1) Sumber daya yang sanggup diperbaharui: sumber daya alam yang sanggup diproduksi kembali.
2) Sumber daya yang tidak sanggup diperbaharui: sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan sanggup habis.

Berdasarkan materinya, sumber daya alam juga sanggup dibagi menjadi 2, yaitu sumber daya alam biotik dan abiotik.

Berdasarkan lokasinya, sumber daya alam dibagi menjadi 2 yaitu: 1) sumber daya alam terestrial (darat), dan 2) akuatik (perairan).

HUTAN

Hutan ialah ekosistem daratan yang menyediakan oksigen, kayu dan daerah tinggal bagi bermacam-macam tanaman dan fauna. Hutan sanggup dibedakan menurut iklim, relief dan jenis tanahnya, menjadi hutan hujan tropis, hutan musim, hutan sabana, dan hutan bakau (mangrove).

TANAH

Tanah merupakan media yang menjadi daerah tumbuh bagi tumbuh-tumbuhan serta menjadi fondasi bagi segala kehidupan di daratan.

AIR

Tahu kah kau bahwa hampir 71% permukaan ditutupi oleh air? Selain itu, air juga merupakan sumber daya alam yang sangat penting dan istimewa bagi kehidupan di bumi. Air juga merupakan salah satu sumber kekuatan dan energi yang ada di bumi.

Berdasarkan sumbernya, air sanggup dibedakan menjadi 3 jenis:

TAMBANG

Tahu kah kau jikalau pertambangan di Indonesia merupakan salah satu tambang terbesar di dunia?Keren ya! Salah satu barang yang dihasilkan dari tambang ialah emas.

Apa saja sih hal-hal yang sanggup dihasilkan oleh tambang? Yuk mari kita simak bersama:

1. Minyak bumi

Minyak bumi termasuk kategori sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui. Minyak bumi terbentuk dari hasil pengendapan mikroplanton yang terdapat di danau, rawa, teluk atau lautan dangkal. Daerah penghasil minyak bumi meliputi: Aceh, Riau, Sumatra Selatan, Cepu, Cilacap, Majalengka, Balikpapan, Maluku, Sorong dan Delta Mahakam (Kalimantan Timur).

2. Gas Alam

Gas alam merupakan barang tambang yang pembentukannya sama menyerupai minyak bumi, hanya saja bentuknya berupa gas. Gas alam sanggup pula diubah menjadi bentuk cair, yang disebut sebagai Liquified Natural Gas (LNG). Daerah penghasil gas alam: Arun (Nangroe Aceh Darussalam), Bontang (Kalimantan Timur), Tangguh (Papua) dan Pulau Natuna.


Sumberdaya alam via republika.co.id

3. Batubara


Batubara ialah salah satu dari materi bakar fosil yang termasuk dalam kategori tidak sanggup diperbarui. Batubara terbentuk dari hasil tumbuh-tumbuhan yang membusuk dan mengendap selama jutaan tahun di dalam lapisan bumi.

Daerah penghasil batubara: Sawahlunto (Sumatra Barat), Tanjung Enim (Palembang), Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Samarinda (Kalimantan Timur), Pulau Sebuku (Kalimantan Selatan),Makassar dan Papua.

PERIKANAN

Perikanan di Indonesia sanggup dibedakan menjadi perikanan tangkap dan perikanan kebijaksanaan daya. Perikanan tangkap ialah perjuangan penangkapan ikan di habitat aslinya menyerupai danau, sungai dan laut, sedangkan perikanan kebijaksanaan daya ialah perjuangan pembiakkan ikan pada suatu daerah tertentu yang lalu sanggup dipanen.

HUTAN BAKAU (MANGROVE)

Hutan bakau (mangrove) ialah hutan yang berada di rawa payau atau wilayah pesisir. Wilayah pesisir ialah wilayah yang terpengaruh oleh pasang surut air laut. Selain itu hutan bakau juga mempunyai banyak menyerupai mencegah abrasi, daerah pinjaman binatang dan ikan, pariwisata dan penghasil kayu.

TERUMBU KARANG

Terumbu karang ialah kumpulan karang-karang yang menjadi daerah tinggal bagi banyak biota maritim berukuran kecil. Karang disusun oleh suatu jenis binatang berjulukan polip yang hidup dengan menyerap kalsium karbonat dari air laut. Ternyata terumbu karang juga mempunyai banyak manfaat lho, menyerupai sebagai daerah hidup ikan, daerah pariwisata dan untuk penelitian.

Mengagumkan ya! Indonesia mempunyai potensi sumber daya alam yang sangat banyak. Sudah paham belum? Semoga artikel ini sanggup membantu dan bermanfaat bagi Anda.