Cara Menciptakan Alat Penghemat Listrik, Jadi Tak Perlu Mahal-Mahal Membelinya


alat penghemat listrik via listrikindonesia.com

Bingung mengatasi tagihan listrik yang semakin naik? Kali ini Anda gak usah khawatir lagi, Anda sanggup mengatasi duduk masalah ini dengan menciptakan alat penghemat listrik di rumah.

Saat ini penggunaan alat penghemat listrik untuk rumah tangga masih kontroversi. Meskipun demikian, alat ini banyak dicari masyarakat dengan tujuan tagihan listrik stabil.

Namun, alat penghemat listrik tersebut tentunya tidak murah. Berikut 4 cara yang sanggup Anda coba untuk menciptakan alat penghemat listrik.

Pasti Tagihan Irit! Berikut ini Cara Menghemat Listrik yang Efektif

4 Cara Membuat Alat Penghemat Listrik PLN Sederhana

Masalah yang sangat umum terjadi dikalangan masyarakat, baik lapisan menengah bawah, atas bahkan perusahaan sekalipun. Proses penghematan dalam mengurangi kebutuhan sekunder memang sering terjadi. Salah satunya listrik.

Untuk itu tak jarang orang-orang menggunakan banyak cara untuk mengurangi beban tanggungan listrik guna mengurangi biaya yang dibutuhkan. Banyak sekali cara yang sanggup dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik tersebut, mulai dari antisipasi menggunakan listrik dengan cerdas, penggunaan Kapasitor Bank, sampai menciptakan alat penghemat listrik sendiri dirumah.

Pada dasarnya, menentukan alternatif untuk menciptakan alat penghemat listrik terbilang cerdas alasannya ialah pembuatannya gampang untuk dilakukan. Ini alasannya ialah pembuatannya sangat sederhana, lebih sederhana dari pembuatan air supply dan materi yang diperlukan tidak banyak.

Cara untuk menciptakan kapasistor itu sendiri pun beragam, mulai dari melaksanakan trik pada meteran, sampai menciptakan sendiri alat kapasitor, Berikut 4 cara menciptakan alat penghemat listrik sendiri di rumah.

1. Memasang Alat Penghemat Listrik

ilustrasi alat penghemat listrik via kompasiana.com

Untuk cara yang satu ini, sebelum Anda memutuskan untuk melakukannya ada hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Ketahuilah dahulu apakah cara yang akan Anda lakukan ini telah legal dan tidak melanggar hukum PLN yang ada di daerah Anda. Hal tersebut dilakukan supaya tidak mengakibatkan duduk masalah dikemudian hari dengan pihak PLN jikalau dilakukan pengecekan. Biasanya memasang komponen pemanis sebelum meteran terpasang sanggup dipermasalahkan, namun setelahnya tidak. Tapi untuk lebih jelasnya lagi tidak ada salahnya Anda telusuri lebih dahulu.

Pemasangan Sebelum Meteran Terpasang

Pada masalah yang telah ada, umumnya untuk pemasangan peralatan penghemat listrik dalam jaringan sebelum PLN memasang meteran termasuk ilegal, namun pemasangan sehabis meteran terpasang banyak yang menyimpulkan hal tersebut legal alasannya ialah pihak PLN tidak mempermasalahkannya. Sangat disayangkan alasannya ialah faktanya pesamangan alat penghemat listrik sebelum meteran terpasang ialah cara yang paling efisien untuk mengurangi pemakaian.

Namun tidak ada salahnya Anda mengetahui bagaimana caranya untuk pengetahuan, mungkin Anda sanggup mempelajari lebih lanjut dahulu apakah ini legal atau tidak krena masih terbilang ambigu dikalangan masyarakat.

Pertama, untuk menghemat pemakaian listrik Anda sanggup memasang kapasitor dan coil sebelum meteran terpasang, atau pemasangan trafo sebelum jaringan listrik masuk ke rumah. Hal tersebut dilakukan untuk merubah puncak gelombang atau kurva cosinus arus listrik.

Kedua, dapat dilakukan dengan memaksimalkan daya listrik yang terpasang sampai sesuai dengan daya pada MCB dengan memperbaiki voltase yang masuk ke meteran.

Pemasangan Penghemat listrik Setelah Meteran Terpasang

Untuk cara yang satu ini Anda tidak perlu khawatir alasannya ialah terbilang kondusif dan biasanya tidak dipermasalahkan PLN dikemudian hari. Membuat penghemat listrik dengan cara ini hanya membutuhkan sebuah kapasitor AC atau beberapa kapasitor pemanis lainnya yang akan berperan sebegai Kapasitor Bank.

Kapasitor tersebut akan berfungsi sebagai buffer jika terjadi tarikan mendadak pada rangkaian listrik Anda sehingga beban akan ditangkap terlebih dahulu oleh Kapasitor Bank dan tidak terjadi di rangkaian listrik atau meteran Anda. Untuk alternatif sanggup Anda cobakan untuk menggunakan starting.

2. Membuat Rangkaian Penghemat Listrik

Cara lain untuk melaksanakan penghematan dalam pemakaian listrik rumah Anda ialah dengan menciptakan atau melaksanakan trik pada jaringan listrik rumah Anda. Memang aneka macam alat penghemat listrik yang dijual di pasaran namun apa salahnya jikalau Anda sanggup membuatnya sendiri. Untuk menciptakan rangkaian ini dibedakan menurut pemakaian rangkaiannya, yaitu:
  • Pada seluruh Instalasi rumah
  • Pada Stop Kontak

Tentunya dengan peralatan yang diperlukan tidak memakan biaya yang banyak. Cara membuatnya juga sangat sederhana sanggup Anda cobakan di rumah meskipun Anda bukanlah master dalam bidang elektronika. Namun tidak perlu khawatir, nda tetap sanggup mencobanya.

3. Rangkaian Penghemat Listrik untuk Instalasi Rumah

ilustrasi rangkaian penghemat listrik via rangkaianalatpenghematlistrik.wordpress.com

Untuk cara ini mungkin diperlukan sedikit pemahaman dalam rangkaian listrik. Namun hening saja, alasannya ialah komponen yang diperlukan dalam pembuatannya sanggup Anda beli di toko komponen elektronik yang ada disekitar daerah Anda tinggal, harganya pun bervariasi susai dengan kebutuhan alat dan kualitas.

Untuk rangkaian yang satu ini sanggup difungsikan untuk mengurangi beban / penghemat pemakaian listrik pribadi pada seluruh rumah. Sehingga alat ini ditempatkan pada instalasi rumah langsung.

4. Rangkaian Penghemat Listrik pada Stop Kontak

ilustrasi rangkaian penghemat listrik via rangkaianalatpenghematlistrik.wordpress.com

Pada rangkaian yang satu ini Anda tidak sanggup mengaplikasikannya untuk seluruh penggunaan listrik di rumah ibarat cara sebelumnya, namun hanya pada beberapa alat elektronik seperti charger HP/Laptop, setrikaan, Lampu, Televisi dll. Karena itu penggunaannya hanya pada stop kontak saja.

Untuk membuatnya Anda membutuhkan beberapa alat elektronik seperti:
  • Box Powersuppy (sedang) yang berbahan dasar plastik.
  • Kabel power cpu.
  • Lampu (Ukuran kecil – sedang, jikalau ada lampu setrikaan)
  • Sekring dan fuse 4-5A
  • Kapasitor ukuran 10uF 450volt AC, harga alat tersebut di pasaran berkisar sekitar Rp. 25.000,-

Untuk menciptakan alat tersebut Anda hanya perlu merangkainya ibarat bagan yang ada di atas.

Penggunaan rangkaian ini sanggup menghemat pemakaian listrik terutama pada elektronik yang menggunakan motor. Hasilnya pun cukup baik, sanggup menghemat pemakaian bulanan listrik Anda sampai lebih kurang 20%.

Hebat bukan? Lalu bagaimana bantu-membantu alat ini bekerja sampai sanggup menghemat arus listrik pada meteran rumah Anda? Ini alasannya ialah rangkaian alat ini bekerja dengan mereduksi puncak besaran dari kurva AC agar terbaca sedemikian rendah. Kaprikornus dengan kata lain, rangkaian alat penghemat listrik ini sanggup kita buat sendiri di rumah dan cara kerjanya pun terbilang efisien alasannya ialah mengurangi besaran Cosinus pada Kurva AC yang akan terbaca pada alat ukur listrik (Meteran) yang ada di rumah Anda. Dengan cara tersebut tagihan Anda akan lebih sedikit alasannya ialah terhitung pemakaian alat tersebut juga lebih minim dari biasanya.

Perbedaan Jenis AC Panasonic & Penjelasan Teknologinya

Nah, itulah beberapa cara menciptakan alat penghemat listrik yang sanggup Anda praktekkan di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan pun juga gampang dicari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Related Posts