Gambaran Allah Mulai Dari Bentuk, Rupa Dan Dimana Allah Bersemayam


Gambaran via diantipinky.blogspot.com

Seperti apa Allah itu? Bagaimana rupa dan bentu Allah? Bagaimana citra Allah berdasarkan Al Qur'an? Simak penjelasannya disini.

Demikian pula, Allah SWT menegaskan dalam firman-Nya: “Apakah mereka diciptakan tanpa sesuatu pun ataukah mereka yang menciptakan", untuk klarifikasi mengenai gambaran Allah lebih lengkapnya simak artikel ini, lantaran kami disini akan membahas tentang citra Allah lengkap.

Karna insan sesungguhnya tidak akan pernah sanggup meliahat Allah dalam dunia. Seperti klarifikasi ihwal gambaran Allah dalam Islam. Dalam konsep Islam, Tuhan disebut Allah dan diyakini sebagai Zat Maha Tinggi Yang Nyata dan Esa, Pencipta Yang Maha Kuat dan Maha Tahu, Yang Abadi.

Allah yaitu kata bahasa Arab untuk Tuhan (al-Ilāh, arti harfiah: sang Tuhan). Kata ini mempunyai kata kerabat dalam bahasa Semit lainnya. Adapun gambaran Allah yang sudah disebutkan dalam aliran islam, seerti apa gambaran Allah tersebut? Dibawah inilah Anda akan mengetahui klarifikasi mengenai Gambaran Allah Mulai dari Bentuk, Rupa dan Tempat Allah.

Gambaran Allah Mulai dari Bentuk, Rupa dan Tempat Allah

Sejak jaman watu sampai kini insan tidak sanggup lepas dari yg namanya tuhan, insan ingin selalu mengenal Tuhannya lebih dan lebih akrab lagi.

"Bagimana kita sanggup mengenal Allah, mengetahui dimana Allah, menyerupai apakah bentuk Allah?”
Sebenarnya mudah
Praktis lantaran Allah Maha Pemurah

Tidak Mungkin seorang bayi mengetahui Ibunya, jikalau Ibunya tak mengenalkan dirinya sebagai Ibu kepada sang anak. Tidak Mungkin Manusia sanggup mengetahui eksistensi Tuhannya, jikalau Dia tidak mengenalkan DiriNya sendiri kepada Manusia


Gambaran Allah via gushaironfadli.com

BERIKUT PENJELASANNYA

KITA SEBAGAI MUSLIM

Saya bersaksi bahwa tiada Ilah selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad saw yaitu Rasul Allah.

PERINTAH ALLAH KEPADA UMAT MUSLIM

Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kau mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya . Amat sedikitlah kau mengambil pelajaran (daripadanya).(QS. Al A'raf : 3)

ALLAH MENURUNKAN QUR’AN SEBAGAI PENGAJAR

Dan demikianlah Kami menurunkan Al Qur’an dalam bahasa Arab, dan Kami telah menunjukan dengan berulang kali di dalamnya sebahagian dari ancaman, biar mereka bertakwa atau (agar) Al Qur’an itu menimbulkan pengajaran bagi mereka.” (QS. Thaha : 113)

PENJELASAN QUR’AN SUDAH RINCI

Alif laam raa, (inilah) suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci, yang diturunkan dari sisi (Allah) Yang Maha Bijaksana lagi Maha Tahu (QS Hud :1)

QUR’AN MUDAH DIPAHAMI

Alif, laam, raa. Ini yaitu ayat-ayat Kitab (Al-Qur’an) yang positif (dari Allah). Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Qur’an dengan berbahasa Arab, biar kau memahaminya. (QS. 12:1-2)

QUR’AN TIDAK SULIT

Kami tidak menurunkan Al-Qur'an ini kepadamu, biar kau menjadi susah. tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah)

APABILA ADA YG BERTANYA DIMANA AKU
MAKA KATAKANLAH: AKU DEKAT

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu ihwal Aku, maka (jawablah), bekerjsama Aku yaitu dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, biar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Al-Baqarah: 186)

AKU BAHKAN LEBIH DEKAT

Dan sesungguhnya Kami telah membuat insan dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih akrab kepadanya daripada urat lehernya [QS. Qaaf : 16].

AKU LEBIH DEKAT KEPADA NYA

Dan Kami lebih akrab kepadanya daripada kamu. Tetapi kau tidak melihat." (Al-Waqi'ah: 85)

AKU BERSAMAMU

"...Dan Dia bersama kau di mana saja kau berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kau kerjakan." (Al-Hadid: 4).

AKU ADA DI LANGIT

Apakah kau merasa kondusif terhadap Allah yang di langit kalau Dia hendak menjungkir-balikkan bumi beserta kau sekalian, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu berguncang” [QS. Al-Mulk : 16].

AKU ADA DIATAS ARSY

Ar-Rahman (Allah) beristiwaa’ di atas ‘Arsy” [QS. Thaha : 5].

KARENA AKU MELIPUTI SEGALA SESUATU

Ingatlah bahwa sesungguhnya mereka yaitu dalam keraguan ihwal pertemuan dengan Tuhan mereka. Ingatlah bahwa sesungguhnya Dia Maha Meliputi segala sesuatu

ALLAH MELIPUTI SEGALA MANUSIA

Dan (ingatlah), dikala Kami wahyukan kepadamu: "Sesungguhnya Tuhanmu mencakup segala manusia". Dan Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi insan dan (begitu pula) pohon kayu yang terkutuk dalam Al Quran. Dan Kami menakut-nakuti mereka, tetapi yang demikian itu hanyalah menambah besar kedurhakaan mereka.(Al Israa : 60)

ALLAH MELIPUTI ORANG2 KAFIR

atau menyerupai (orang-orang yang ditimpa) hujan lebat dari langit disertai gelap gulita, guruh dan kilat; mereka menyumbat telinganya dengan anak jarinya, lantaran (mendengar suara) petir,sebab takut akan mati . Dan Allah mencakup orang-orang yang kafir (Al Baqarah : 19)

ALLAH MELIPUTI APA YG MEREKA KERJAKAN

Dan janganlah kau menjadi menyerupai orang-orang yang keluar dari kampungnya dengan rasa besar kepala dan dengan maksud riya´ kepada insan serta menghalangi (orang) dari jalan Allah. Dan Allah mencakup apa yang mereka kerjakan. (Al An Faal : 47)

ALLAH MELIPUTI APA YG AKU KERJAKAN

Syuaib menjawab:" Hai kaumku, apakah keluargaku lebih terhormat berdasarkan pandanganmu daripada Allah, sedang Allah kau jadikan sesuatu yang terbuang di belakangmu? Sesungguhnya Tuhanku mencakup apa yang kau kerjakan."(Huud : 92)

KARENA KEMANAPUN KALIAN MENGHADAPDISITULAH AKU

Dan kepunyaan Allahlah timur dan barat, maka kemanapun kau menghadap maka disitulah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui”. (QS.al-Baqarah: 115)

BENTUK CAHAYA ALLAH

Allah mencahayai langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, menyerupai sebuah lubang yang tak tembus yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca. Kaca itu bagaikan bintang (yang bercahaya) menyerupai mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya.

Yaitu, pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat. Minyaknya hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya, Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. An Nuur 35)

BENTUK ALLAH

Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat(QS. Asy-Syura: 11)


Tuhanku via dutaislam.com

KESIMPULAN TULISAN INI

1. ALLAH MELIPUTI SEGALA SESUATU, SEGALA SESUATU DILIPUTI ALLAH.
YG DILIPUTI SEGALA SESUATU. YG MELIPUTI ALLAH. ALLAH ADA DILUAR.
SEGALA SESUATU ADA DIDALAM.

ALLAH TIDAK BERADA DALAM RUANGAN. TAPI RUANGANLAH YG BERADA DIDALAM ALLAH.
KARENA ALLAH MAHA LUAS, MAHA BESAR, LAGI MAHA TINGGI

2. ALLAH BUKANLAH MAKHLUK. ALLAH TIDAK BISA DIPERUMPAMAKAN. NAMUN PERUMAPAMAAN CAHAYA ALLAH SPT SEPERTI SEBUAH LUBANG YG TAK TEMBUS YANG DIDALAMNYA ADA PELITA

LALU ALLAH SEPERTI APA ?

ENTAHLAH

Dalam Suatu hadits di sebutkan janganlah kita memikirkan ihwal Allah SWT. tapi pikirkan ihwal penciptaanNya.

Demikian artikel mengenai gambaran Allah ini kami bahas. Semoga membantu Anda dalam mencari kebenaran dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih ya telah membaca Keberadaan dan Bentuk Allah.