15 Tanda Final Zaman Kecil Ini Telah Lengkap Dan Sempurna, Apakah Final Zaman Besar Segera Datang?


Gambar ilustrasi dilansir dari indowarta.com

Sebelum terjadi kiamat besar, akan ada gejala kiamat kecil...

Ada yang mengatakan, 15 tanda kiamat kecil telah lengkap dan tepat berdasarkan hadist shohih. Hingga pada saatnya kita akan menunggu datangnya kiamat besar.

Benarkah segera datang?

Dalam banyak sekali kesempatan, Rasulullah SAW menyebutkan gejala kiamat. Ada yang disebutkan ia dalam satu hadist, yang kemudian itu dikelompokkan menjadi gejala kiamat besar, dan ada yang disebutkan dalam hadist yang terpisah-pisah dan menjadi gejala kiamat kecil.

Jika mencermati hadis-hadis Rasulullah SAW wacana gejala kiamat itu, ternyata gejala kiamat yang kecil itu sudah lengkap dan banyak kita jumpai di Negara kita maupun di dunia pada umumnya. Apa saja itu?

1. Penaklukan Yerusalem

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, bahwa Auf bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

Aku menghitung 6 hal menjelang hari kiamat.” Baginda Rasulullah menyebutkan salah 1 di antaranya, yaitu penaklukan Yerusalem. ” (Sahih Bukhari)

:

2. Zina merajarela

Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadist

Dan tinggallah manusia-manusia yang buruk, yang seenaknya melaksanakan persetubuhan ibarat himar(keledai). Maka pada zaman mereka inilah kiamat akan datang.

3. Merajarelanya alat musik

Ada sebuah hadist yang menunjukan bahwa di kiamat akan terjadi peristiwa longsor, kerusuhan dimana-mana dan lainnya. Hal ini disebabkan oleh merajalelanya musik.

Pada kiamat akan terjadi longsor, kerusuhan dan perubahan muka. “Ada yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam;” Wahai Rasulullah bilakah hal ini terjadi?” Beliau menjawab, “Apabila telah merajalela bunyian (musik) dan penyanyi-penyanyi wanita.” (H.R. Ibnu Majah).

4. Menghias Masjid dan Membanggakannya

“Di antara gejala telah dekatnya kiamat ialah insan bermegahan dalam mendirikan masjid” – H.R. Nasai.

5. Munculnya Kekejian, Memutuskan Kerabat dan Hubungan Dengan Tetangga Tidak Baik

Tidak akan tiba kiamat sehingga banyak perbuatan dan perkataan keji, memutuskan korelasi silaturrahimdan perilaku yang jelek dalam bertetangga.” (H.R. Ahmad dan Hakim)

6. Ramai Orang Sholeh Meninggal Dunia

Tidak akan tiba hari kiamat sehingga Allah mengambil orang-orang yang baik & andal agama di muka bumi, maka tiada yang tinggal padanya kecuali orang-orang yang hina dan jelek yang tidak mengetahui yang makruf dan tidak mengingkari kemungkaran” (HR. Ahmad)

7. Orang yang Hina Mendapat Kedudukan Terhormat

Di antara tanda semakin dekatnya kiamat ialah dunia akan dikuasai oleh Luka ‘bin Luka’ (orang yang kurang berilmu dan hina). Maka orang yang paling baik ketika itu ialah orang yang beriman yang diapit oleh 2 orang mulia ” (H.R. Thabrani.)

8. Mengucapkan Salam Kepada Orang yang Dikenalnya Saja

Sesungguhnya di antara gejala telah dekatnya hari kiamat ialah insan tidak mau mengucapkan salam kepada orang lain kecuali yang dikenalnya saja.” (H.R. Ahmad).

9. Banyak Wanita yang Berpakaian Tetapi Hakikatnya Telanjang

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. “Di antara gejala telah hari kiamat ialah akan muncul pakaian-pakaian perempuan dan ketika mereka memakainya keadaannya ibarat telanjang”.

Para ulama menjelaskan, bahwa yang dimaksud dengan perempuan yang berpakaian tetapi telanjang ialah para perempuan yang menggunakan baju atau rok, akan tetapi tembus pandang.

Selain itu, ada juga yang beropini bahwa maksudnya ialah mereka menggunakan pakaian, akan tetapi pakaiannya tersebut “tersobek” dengan sengaja sampai menampakkan auratnya demi mengundang syahwat lelaki.

Ada lagi yang menyampaikan bahwa mereka ini ialah wanita-wanita yang menggunakan pakaian ketat, sehingga bentuk tubuh badannya terlihat amat jelas.

10. Bulan Sabit kelihatan Besar

Di antara gejala telah dekatnya hari kiamat ialah menggelembung (membesarnya) bulan sabit.” (H.R. Thabrani).

11. Banyak Dusta dan Tidak Tepat Dalam Menyampaikan Berita

Pada kiamat akan muncul pembohong-pembohong besar yang tiba kepadamu dengan membawa berita-berita yang belum pernah kau dengar dan belum pernah didengar oleh ayah kau sebelumnya, lantaran itu jauhkanlah dirimu dari mereka semoga mereka tidak menyesatkanmu dan memfitnahmu.” (H.R. Muslim).

12. Banyak Saksi Palsu dan Menyimpan Kesaksian yang Benar

Sesungguhnya sebelum datangnya hari kiamat akan banyak kesaksian palsu dan disembunyikan kesaksian yang benar.” (H.R. Ahmad).

13. Negara Arab Menjadi Padang Rumput dan Sungai

Tidak akan tiba hari kiamat sehingga negeri Arab kembali menjadi padang rumput dan sungai-sungai” (Sahih Muslim)

14. Manusia Mewarnai Rambut di Kepalanya Dengan Warna Hitam Supaya kelihatan Muda

Pada kiamat akan muncul suatu kaum yang mencelupi rambut mereka dengan warna hitam ibarat ‘bulu merpati’ yang mereka itu tidak akan mencium kedaluwarsa syurga.” (Sahih Abu Daud & Nasai)

15. Munculnya Gaya Hidup Mewah dan Manja di Kalangan Umat Islam

Apabila umatku berjalan dengan sombong dan yang melayan mereka ialah putera-puteri raja, putera-puteri Parsi dan Rom, maka orang yang paling jelek akan berkuasa terhadap orang yang paling baik (pilihannya).” (HR. Tarmizi, Sahih Abdullah ibnu Umar RA)

Itu ialah gejala kiamat kecil yang disebutkan Nabi Saw dalam banyak sekali kesempatan.

Sedangkan hadis di bawah ini ialah wacana gejala kiamat besar ketika kiamat sudah begitu dekat.

Dari Hudzaifah bin Asid Al-Ghifari ra. berkata:

"Datang kepada kami Rasulullah saw. dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu ia bersabda: "Apa yang kau perbincangkan?".

Kami menjawab: "Kami sedang berbicara wacana hari kiamat".

Lalu Nabi saw. bersabda: "Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kau melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya".

Kemudian ia menyebutkannya: "Asap, Dajjal, binatang, terbit matahari dari kawasan tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam alaihissalam, Ya'juj dan Ma'juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang final sekali ialah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau insan ke Padang Mahsyar mereka ". (HR Muslim).

Dilansir dari islamidia.com, 10 gejala Kiamat yang disebutkan Rasulullah SAW dalam hadis ini ialah gejala kiamat yang besar, dan akan terjadi di dikala hampir tibanya hari kiamat.

Sepuluh tanda itu adalah:

1. Dukhan (asap) yang akan keluar dan mengakibatkan penyakit yang ibarat flu di kalangan orang-orang yang beriman dan akan mematikan semua orang kafir.

2. Dajjal yang akan membawa fitnah besar yang akan merenggut keimanan, sampai akan banyak orang yang akan terpedaya dengan seruannya.

3. Binatang besar yang keluar bersahabat Bukit Shafa di Mekah yang akan berbicara bahwa insan tidak beriman lagi kepada Allah swt.

4. Matahari akan terbit dari kawasan tenggelamnya. Maka pada dikala itu Allah swt. tidak lagi mendapatkan doktrin orang kafir dan tidak mendapatkan taubat dari orang yang berdosa. Seperti nasa juga mengeluarkan pernyataan dimana suatu hari nanti matahari akan terbit di sisi BARAT!

5. Turunnya Nabi Isa alaihissalam ke permukaan bumi ini. Beliau akan mendukung pemerintahan Imam Mahdi yang berkuasa pada masa itu dan ia akan mematahkan semua salib yang dibentuk oleb orang-orang Nasrani dan dia juga yang akan membunuh Dajjal.

6. Keluarnya bangsa Ya'juj dan Ma'juj yang akan menciptakan kerusakan dipermukaan bumi ini, yaitu ketika mereka berhasil menghancurkan dinding yang terbuat dari besi bercampur tembaga yang telah didirikan oleh Zul Qarnain bersama dengan pembantu-pembantunya pada zaman dahulu.

7. Gempa bumi di Timur.

8. Gempa di Barat.

9. Gempa bumi di Semenanjung Arab.

10. Api besar yang akan menghalau insan menuju ke Padang Mahsyar. Api itu akan dimulai dari arah negeri Yaman.

Lantas benarkah kiamat segera datang?

Belakangan ini begitu banyak terjadi fenomena alam maupun kejadian yang sebagian kalangan menyampaikan bahwa itu merupakan gejala kiamat telah dekat.

Mengenai hal ini, Allah SWT berfirman :

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا

 بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya:

 “Mereka menanyakan kepadamu wacana kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan wacana kiamat itu ialah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang sanggup menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan tiba kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seolah-olah kau benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan wacana bari kiamat itu ialah di sisi Allah, tetapi kebanyakan insan tidak mengetahui.” (QS. Al- A’raf ayat 187)

Meskipun waktu kedatangan kiamat hanya Allah SWT saja yang mengetahuinya, akan tetapi sebagai seorang mukmin yang baik kita harus selalu meyakini bahwa hari final (kiamat) niscaya akan tiba, sebagaimana yang tercantum dalam rukun doktrin yang ke-5.

Allah SWT berfirman :

فَهَلْ يَنْظُرُونَ إِلَّا السَّاعَةَ أَنْ تَأْتِيَهُمْ بَغْتَةً فَقَدْ جَاءَ أَشْرَاطُهَا فَأَنَّى لَهُمْ إِذَا جَاءَتْهُمْ ذِكْرَاهُمْ

Artinya:

 “Tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, lantaran bahwasanya telah tiba tanda-tandanya. Maka Apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila kiamat sudah datang?” (QS. Muhammad ayat 18)

Demikian, Wallahu A'lam...