8 Cara Menjaga Kesehatan Mata, Supaya Penglihatan Normal Sampai Tua


Image Source: unsplash.com/@patrickbrinksma

Kita terkadang sering lupa untuk merawat kesehatan mata. Padahal mata termasuk indera terpenting dalam badan manusia. Tanpa mata, kita tidak sanggup melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat kita. 

Untuk memastikan mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia. Bagaimana cara menjaga kesehatan mata? Bagaimana cara menjaga kesehatan mata selama bekerja dengan komputer?

Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Makan banyak buah-buahan dan sayuran

Cara menjaga kesehatan mata secara alami yaitu menggunakan wortel. Wortel mempunyai kandungan akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Karena beta karoten merupakan antioksidan yang sanggup mengurangi risiko degenerasi makula.

2. Hindari menggunakan lensa kontak selama lebih dari 19 jam 

Hal ini sanggup menyebabkan kerusakan mata permanen serta tidak nyaman pada mata Anda. Jangan menggunakan kacamata terlalu lama, alasannya yaitu sanggup menyebabkan mata lelah.

3. Kurangi penggunaan tetes mata

Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh, tetapi hanya sesekali saja. Karena jikalau berlebihan, itu akan merusak kesehatan mata Anda.

4. Gunakan mentimun 

Cara menjaga kesehatan mata dengan materi alami selanjutnya menggunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang hirau taacuh dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

5. Pakailah kacamata hitam pelindung UV

Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV dibutuhkan untuk melawan paparan dari sinar matahari. Agar sinar tersebut tidak pribadi masuk ke mata.

6. Hindari duduk terlalu usang di depan komputer

Bagaimana cara menjaga kesehatan mata selama bekerja dengan komputer? Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer buatlah mata Anda beristirahat sejenak. Karena jikalau berlama-lama di depan komputer itu sanggup menciptakan mata lelah.

7. Jangan membaca dalam cahaya redup

Bagaimana cara menjaga kesehatan mata? Cara yang satu ini mungkin banyak yang melakukannya, kini cobalah untuk menghindari membaca dalam cahaya lampu yang redup alasannya yaitu sanggup menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti dan beristirahatah untuk sementara waktu.

8. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai

Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang akrab dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali. Cara lainnya duduklah, kemudian tempatkan siku di pinggul, tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

Inilah delapan cara untuk menjaga kesehatan mata. Ingat, rawatlah mata Anda alasannya yaitu tanpa itu Anda tidak akan sanggup melihat indahnya dunia. Semoga bermanfaat.