Bahan Alami Pengganti Sp Kue, Lebih Sehat Camilan Bagus Lembut & Mengembang Sempurna


Mengenal cake emulsifier./Copyright shutterstock.com

Apa itu SP?

Hati-hati, pengembang kuliner ringan cantik kimia berisiko sebabkan Kanker Usus...

Baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa zat dalam obat pengembang kuliner ringan cantik akan meningkatkan perkembangan serta pertumbuhan sel kanker di usus.

Agar lebih aman, gunakan materi alami pengganti pengembang kuliner ringan cantik ini saja...

Saat akan menciptakan cake atau kuliner ringan cantik biasanya kita butuh cake emulsifier atau pengemulsi khusus untuk adonan kuliner ringan cantik dan cake.

Zat pengemulsi ini diharapkan biar mendapat kuliner ringan cantik atau cake dengan tekstur yang lembut dan empuk.

Jenis-Jenis Pengembang Kue



Mengenal banyak sekali macam materi kuliner ringan cantik dan fungsinya. (pinteres)

Di Indonesia, cake emulsifier yang paling sering ditemukan dan digunakan, antara lain ovalet, TBM, dan SP.

1. TBM

TBM biasanya digunakan dalam pembuatan cake. Ditambahkan ketika proses pengocokan. Fungsi dari TBM ini sanggup memperbaiki tekstur cake menjadi lebih lembut.

Komposisi TBM sendiri dikenal lebih kompleks dari ovalet. Umumnya TBM digunakan pada proses pencampuran mentega dan gula yang telah mengembang dengan telur.

2. SP

Resep cake dan bolu biasanya paling pas memakai SP. SP cocok digunakan untuk resep yang telurnya perlu dikocok hingga mengembang kaku.

Pada cake, SP sanggup menciptakan hasil pengocokan adonan lebih stabil dan menyatu. Adonan pun jadi tidak gampang turun ketika dikocok. Resep kuliner ringan cantik yang memerlukan pengocokan telur dan gula lebih dulu gres diakhiri dengan mentega cair juga sanggup pakai SP.

3. Ovalet

Kandungan ovalet hampir sama dengan TBM yang mengandung mono dan digliserida. Hanya saja ovalet ini lebih banyak mengandung asam lemak dari hewan.

Adakalanya kita juga perlu mengecek apakah ada logo halal dari cake emulsifier yang satu ini. Dengan ovalet, materi mentega dan telur sanggup dibentuk lebih menyatu. Serta hasil kuenya jadi lebih lembut dan agak basah.

Bahaya Cake Emulsifier (Pengembang Kue)


Gambar ilustrasi (liputan6.com)

Umumnya, semakin banyak emulsifier yang ditambahkan dalam adonan makanan, sanggup saja adonan tersebut akan mengembang lebih baik dan mengesankan.

Tapi, meski ia sangat baik buat pengembang adonan khususnya adonan kue, disarankan biar penggunaan emulsifier tidak berlebihan lho ya.

Para peneliti menemukan bahwa zat emulsi yang terkandung di dalam emulsifier dan beberapa zat aktif lainnya akan menciptakan perkembangan serta pertumbuhan sel kanker di usus semakin meningkat.

: Bahaya Emulsifier (Pengembang Kue) Berisiko Sebabkan Kanker Usus

Tak hanya itu saja, kandungan zat emulsi ini juga sangat memungkinkan usus maupun sistem pencernaan mengalami problem radang dan sejenisnya.

Bahan Alami Pengganti Pengembang Kue


Telur (okezone.com)

Sebenarnya, ada alternatif lain biar kuliner ringan cantik tetap mengembang tanpa penggunaan pengembang kuliner ringan cantik kimia.

Yaitu hanya dengan memakai putih telur.

Seperti dikatakan Rani, host program Hijabers Cooking yang diselenggarakan sebuah tabloid wanita, putih telur sanggup membuatkan kuenya tanpa memakai baking soda atau materi pengembang kuliner ringan cantik buatan lainnya.

Membuat kuliner ringan cantik ibarat chiffon cake, sponge cake, atau kuliner ringan cantik yang mengembang lainnya. Putih telur sanggup dijadikan alternatif pengembang kuliner ringan cantik alami. Tapi, harus dikocok dahulu hingga kaku,” jelasnya ibarat dikutip dari okezone.com.

Cara Membuat Putih Telur Sebagai Pengembang Kue Alami


(Putih telur yang sudah dikocok (Foto:Image))

Dia menambahkan, putih telur yang hendak dijadikan pengembang kuliner ringan cantik baiknya dikocok dulu hingga kaku memakai mixer.

Ukuran bahwa putih telurnya sudah kaku adalah ketika mangkuk dibalik, putih telurnya tidak jatuh.

Setelah itu gres dicampurkan ke adonan kuliner ringan cantik dengan cara diaduk melipat perlahan. Hal ini berfungsi biar udara yang terdapat dalam putih telur yang sudah kaku tidak hilang.

Putih Telur Membuat Kue Lembut & Mengembang Sempurna


Gmabar ilustrasi (bisnisusahaonline.com)

Tidak hanya sebagai pengembang, Rani menambahkan, memakai putih telur ternyata mempunyai kelebihan dari segi rasa dan juga tekstur.

Kalau pakai putih telur nanti kuenya jadi lebih lembut dan juga mengembang sempurna. Dibandingkan jikalau pakai baking soda, nanti jikalau terlalu banyak rasa kuenya cenderung lebih pahit,” pungkas dia.

Demikianlah pembahasan wacana pengembang kue, semoga bermanfaat untuk bunda sekalian!