8 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan


Image Source: pixabay.com/bananas-fruit-fruits-carbohydrates-652497/

Pisang ialah salah satu buah paling terkenal di dunia. Pisang tidak hanya lezat, tetapi juga sangat mempunyai kegunaan untuk tubuh kita.

Manfaat pisang yang bermacam-macam pun sanggup dengan gampang Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Apa saja manfaat buah pisang? Apa saja manfaat buah pisang bagi kesehatan?


Manfaat buah pisang untuk kesehatan

1. Baik untuk pencernaan

Jika Anda pernah mengalami keracunan makanan, maka pisang merupakan pilihan yang sempurna untuk mengatasi duduk kasus perut Anda. Tekstur pisang yang lembut menciptakan masakan ini sanggup dengan gampang melewati susukan cerna. Kandungan kaliumnya sanggup menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh Anda. Kandungan serat dalam buah ini juga membantu menambah kepadatan feses dan meredakan diare.

Apa manfaat buah pisang untuk ibu hamil? Buah pisang untuk ibu hamil yaitu sanggup meringankan duduk kasus morning sickness. Karena buah ini kaya terdapat kandungan vitamin B6. Vitamin B6 memang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan untuk mengurangi duduk kasus mual dan muntah.

2. Menurunkan tekanan darah

Selain membantu menggantikan elekterolit yang hilang dari tubuh, kandungan kalium dalam pisang sanggup membantu menurunkan tekanan darah. American Heart Association (AHA) menganjurkan para penderita hipertensi untuk mengkonsumsi masakan tinggi kalium untuk membantu menurunkan tekanan darah.
Namun, manfaat pisang tidak akan bekerja secara efektif jikalau tidak mengurangi masakan yang mengandung banyak garam dan lemak. Selain dengan makan buah ini, Anda juga diharuskan untuk menerapkan referensi masakan sehat yang kaya nutrisi.

3. Menurunkan risiko stroke

Hal ini berhasil dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa, perempuan pasca menopause yang rutin mengonsumsi masakan tinggi kalium mempunyai risiko lebih rendah untuk mengalami stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi masakan berkalium sama sekali.

4. Meningkatkan stamina olahraga

Minuman olahraga memang sanggup membantu menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang hilang. Tetapi, minuman jenis ini biasanya mengandung gula dan materi buatan lainnya. Sebagai gantinya, Anda sanggup makan buah pisang sebelum olahraga.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa pisang sanggup dijadikan materi utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang. Buah ini diketahui memberi manfaat yang lebih dari minuman olahraga biasa alasannya ialah mengandung kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B-6 alami.

5. Meredakan nyeri ulu hati dan mencegah tukak lambung

Apa saja manfaat buah pisang bagi pencernaan? Orang yang punya maag sanggup mendapat manfaat pisang untuk kesehatan pencernaan mereka jikalau buah ini rutin dijadikan camilan.
Buah ini merupakan antasida alami yang berfungsi menetralkan asam lambung. Pisang juga mengandung antioksidan flavonoid berjulukan leucocyanidin, yang membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

6. Baik untuk kulit

Apa manfaat buah pisang untuk wajah? Buah ini mengandung vitamin C, sebuah antioksidan yang penting dalam pembentukan kolagen dan membantu mencegah kerusakan jawaban sinar UV. Buah ini juga diketahui sanggup mencegah timbulnya jerawat, menyerap minyak, dan melembabkan kulit kering.
Cara menciptakan masker wajah dari buah pisang.
  • Pertama, pilihlah buah yang sudah matang atau lembek. 
  • Tumbuk sampai menjadi campuran pasta halus. 
  • Oleskan masker pisang pada kulit wajah yang higienis dan biarkan selama setidaknya 15 menit.
  • Setelah itu, bilaslah dengan air sampai bersih. 
  • Untuk menambah kelembapan, Anda sanggup menambahkan satu sendok teh madu atau greek yogurt polos.

7. Sumber mangan yang baik

Meski jarang terdengar, mangan merupakan mineral yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Mangan membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino dalam tubuh manusia. Mangan juga diperkirakan sanggup mencegah migrain, menurunkan risiko komplikasi kehamilan, dan menurunkan risiko maut jawaban serangan jantung. Beberapa penelitian mengatakan bahwa perempuan yang mengalami osteoporosis mempunyai kadar mangan yang lebih rendah dalam tubuh dibandingkan mereka yang tidak mengalami osteoporosis.

8. Mengandung serat tinggi

Apa manfaat buah pisang bagi kesehatan? Kebutuhan serat sangat penting untuk menjaga kesehatan susukan cerna dan menjaga pergerakan usus. Selain itu, serat juga penting untuk menjaga kadar kolesterol dan mengontrol kadar gula darah. Serat juga sanggup membantu Anda menurunkan berat tubuh alasannya ialah menjaga semoga Anda kenyang lebih lama.

Sekian artikel apa saja manfaat buah pisang bagi kesehatan? Untuk mendapat manfaat pisang yang telah disebutkan di atas, imbangilah dengan referensi hidup sehat dan mengkonsumsi masakan yang menyehatkan.