9 Cara Mencegah Kanker Payudara, Penting Untuk Perempuan Apalagi Remaja

Kanker payudara yakni salah satu jenis kanker yang paling umum  9 Cara Mencegah Kanker Payudara, Penting Untuk Wanita Apalagi Remaja

9 Cara Mencegah Kanker Payudara, Penting untuk Wanita Apalagi Remaja (youtube.com)
Kanker payudara yakni salah satu jenis kanker yang paling umum & mematikan bagi wanita.

Namun sesungguhnya ada banyak cara mencegah kanker payudara yang sanggup diusahakan sendiri, termasuk cara mencegah kanker payudara pada remaja.

Bagaimana caranya? Yuk simak...

Kanker payudara yakni tumor ganas yang terbentuk di jaringan payudara. Tumor ganas merupakan kumpulan sel kanker yang berkembang secara cepat ke jaringan di sekitarnya atau menyebar ke cuilan tubuh yang lebih jauh. Penyakit ini terjadi hampir selalu pada perempuan namun sanggup terjadi pula pada pria.

Kanker payudara juga menjadi penyebab utama tingginya angka simpulan hidup dibandingkan dengan kasus kanker lainnya.

Tak hanya itu, kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang sanggup diturunkan secara genetik, jadi apabila keluarga mempunyai riwayat kanker, Anda harus waspada.

Dan meskipun keluarga tidak mempunyai riwayat kanker, Anda juga harus tetap waspada. Oleh karenanya, kanker payudara harus menjadi perhatian penting bagi setiap wanita.

Namun demikian, banyak sekali cara pencegahan sesungguhnya bisa  dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya kanker ini.

Apa saja cara mencegah kanker payudara? Berikut rangkuman cara mencegah kanker payudara yang kutip dari banyak sekali sumber:

Sebagai Langkah Awal, Kenali Risiko Kanker Payudara

Perlu diketahui bahwa ada risiko-risiko terkait kanker payudara yang tidak sanggup dihindari, contohnya terlahir sebagai wanita, faktor genetik, dan mencapai usia tertentu. Mari kita bahas satu-persatu.

Faktor genetik & lingkungan

Tidak sanggup dipungkiri, faktor genetik sangat besar lengan berkuasa terhadap kemungkinan terjadinya kanker payudara. Faktor ini memberi andil dalam penyakit tersebut sebanyak 5-10 persen.

Meskipun demikian, ada pula penderita kanker payudara yang sama sekali tidak mempunyai riwayat keluarga dengan penyakit serupa.

Hal ini berarti faktor lingkungan juga memengaruhi, sehingga masih ada impian tinggi untuk sanggup mencegah kanker payudara melalui gaya hidup yang sehat.

Faktor Usia

Pada kasus kanker payudara, makin bau tanah usia perempuan dianggap makin berisiko terkena penyakit ini. Rata-rata kasus kanker payudara ditemukan pada perempuan berusia di atas 50 tahun.

Wanita yang mengalami menstruasi pertama kali pada usia di bawah 12 tahun dan perempuan yang mengalami menopause sesudah usia 55 tahun juga berisiko terkena kanker payudara.

Faktor Kehamilan

Kehamilan juga ada hubungannya dengan kanker payudara. Risiko terkena kanker payudara lebih tinggi pada perempuan sampaumur yang belum pernah hamil, hamil untuk pertama kalinya pada usia di atas 30 tahun, dan tidak menyusui.

Faktor lain

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan di atas, ada faktor lain yang menyebabkan risiko kanker payudara meningkat. Faktor tersebut yakni sudah pernah mengalami kanker payudara sebelumnya, pernah mengalami kanker ovarium, mempunyai jaringan payudara yang padat, serta pernah terkena paparan radiasi di kawasan dada pada usia kanak-kanak dan remaja.

Cara Mencegah Kanker Payudara


Mencegah lebih baik daripada mengobati (foto: Rumu)

Selain faktor-faktor risiko di atas, ada juga faktor-faktor risiko yang sesungguhnya sanggup dihindari, termasuk cara mencegah kanker payudara stadium awal.

Anda sanggup mencegah kanker payudara dengan menghindari faktor-faktor tersebut, yaitu dengan melaksanakan beberapa hal di bawah ini:

1. Menjaga berat tubuh tetap ideal

Berat tubuh akrab kaitannya dengan risiko kanker payudara. Wanita yang mengalami obesitas sesudah masa menopause mempunyai risiko terkena kanker payudara 20 - 40 persen lebih tinggi dibanding dengan yang mempunyai berat tubuh ideal.

Perubahan berat tubuh dan waktu terjadinya kenaikan berat tubuh ini diduga berkaitan dengan keadaan hormon estrogen dan insulin di dalam tubuh.

Melihat risiko ini, menjaga berat tubuh tetap ideal yakni salah satu cara mencegah kanker payudara yang sanggup Anda lakukan.

2. Utamakan makanan

Pola makan sehat dengan mengutamakan asupan buah, sayuran, kacang-kacangan termasuk kacang kedelai, minyak sehat, dan antioksidan yang tinggi, sanggup membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Wanita yang sudah terkena kanker payudara pun hidupnya sanggup lebih berkualitas, bila menghindari masakan berlemak. Daging berlemak, sosis, krim, margarin, mentega, dan minyak yakni banyak sekali jenis masakan yang harus dihindari sebagai perjuangan atau cara mencegah kanker payudara stadium awal.

3. Aktifitas fisik

Luangkan waktu untuk aktif secara fisik sanggup menurunkan risiko kanker payudara. Sebaliknya, risiko kanker payudara meningkat pada perempuan yang sudah bertahun-tahun tidak pernah mengolah fisiknya lagi.

Standar untuk melaksanakan olahraga intensitas sedang (seperti bersepeda dan jalan cepat) yakni selama 2 jam 30 menit per minggu.

4. Kebiasaan merokok

Anda yang pernah menjadi perokok saja masih mempunyai risiko terkena kanker payudara sebesar 6-9 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak pernah merokok sama sekali.

Kondisi yang lebih jelek bisa Anda alami bila masih aktif merokok, yaitu 7-13 persen lebih berisiko untuk terkena kanker payudara.

5. Jauhi alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol satu gelas tiap hari sanggup meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 7-12 persen.

Potensi terkena kanker payudara akan lebih tinggi bila biasa minum minuman beralkohol lebih dari segelas per hari. Hal ini sanggup terjadi lantaran ada kaitan antara tingkat alkohol dengan perubahan jumlah hormon di dalam darah.

Karena itu, menjauhi konsumsi alkohol juga merupakan salah satu cara mencegah kanker payudara.

6. Menyusui bayi secara teratur

Menyusui bayi sanggup membantu menurunkan risiko kanker payudara sampai 22 persen.

Sejauh ini belum diketahui niscaya mengapa menyusui sanggup mencegah kanker payudara. Namun, cara mencegah kanker payudara dengan dihisap dipercaya bisa membantu keseimbangan hormon, mencegah paparan zat pemicu kanker, dan menghindari kerusakan sel payudara.

7. Membatasi terapi hormon

Terapi hormon biasa dilakukan oleh perempuan terkait dengan masa menopause. Terapi memakai hormon estrogen dan progesteron ini biasanya bersifat jangka panjang. Karena itulah, terapi ini berisiko meningkatkan kanker payudara.

Apabila Anda benar-benar membutuhkan terapi hormon, konsultasikan kepada dokter biar kadar hormon tersebut sanggup dikurangi.

: Cara Alami Membunuh Sel-Kangker Dalam Tubuh, Konsumsi 9 Makanan ini

8. Hindari terkena paparan radiasi

Ada beberapa hal yang mungkin menciptakan Anda terpapar radiasi tingkat tinggi, contohnya menjalani investigasi CT scan, bekerja di kemudahan kesehatan yang memakai radiasi, dan terpapar asap kendaraan atau bahan-bahan kimia.

Jadi, lindungi diri Anda dari paparan tersebut dan hindari semaksimal mungkin.

9. Kenali perubahan payudara

Mengenali Perubahan-perubahan yang ada, yakni hal paling penting dan ini termasuk cara mencegah kanker payudara alami.

Untuk mengenali perubahan pada payudara yakni dengan melaksanakan investigasi secara sanggup bangun diatas kaki sendiri yang disebut SADARI, yaitu dengan meraba payudara sendiri untuk mendeteksi adanya kelainan.

Cara mencegah kanker payudara dengan meremas juga bisa dilakukan secara mandiri.

Jangan malas melakukannya lantaran investigasi dan meremas ini sangat penting untuk mendeteksi kanker payudara semenjak dini.

Selain investigasi secara mandiri, Anda juga dianjurkan untuk melaksanakan investigasi ke dokter secara rutin. Dokter akan melaksanakan investigasi mammogram atau USG payudara untuk mengusut kondisi kelenjar payudara. Tujuannya yakni apabila ada gejala kanker payudara, sanggup segera tertangani.

Demikian, semoga bermanfaat untuk Anda semua.