Buah Ciplukan Dulu Dicampakkan Dan Dibuang-Buang, Sekarang Harganya Hingga 500Rb/Kg


Gambar dilansir dari youtube.com

Dulu buah ceplukan dibuang-buang, sekarang diburu banyak orang...

Di Brunei sebijinya buah ciplukan ini bisa dihargai Rp10 ribu. Sementara di mal di kota besar menyerupai di Jakarta sekilonya mencapai Rp500 ribu.

Kenapa harganya begitu mahal? Ternyata menyerupai ini khasiatnya...

Dulu buah ceplukan hanya dibiarkan saja, namun sekarang mulai diburu. Tak berlebihan sebab harganya selangit serta begitu luar biasa manfaatnya.

Di Indonesia ceplukan ini bisa dijumpai di banyak daerah. Tanaman ini tumbuh liar di lahan kosong, pekarangan rumah, atau tempat lain yang tanahnya tidak becek, baik di dataran rendah maupun tinggi.

Di Bali dikenal dengan ciciplukan, sedangkan di Madura dikenal dengan nyor-nyoran. Lain lagi di Jawa Barat (cecenetan), di Jawa Tengah (ceplukan), dan masih banyak lagi nama tempat lainnya.

Khasiat dan Manfaat Ciplukan / Ceplukan


Buah ciplukan / ceplukan

Begitu banyak manfaat dan kasiat buah yang satu ini. Diantaranya yakni sanggup dimanfaatkan sebagai:

  • Antihiperglikemi
  • Antibakteri
  • Antivirus
  • Imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator)
  • Antiinflamasi
  • Antioksidan
  • Analgesik, dan sitotoksik
  • Juga sebagai peluruh air seni (diuretic)
  • Menetralkan racun
  • Meredakan batuk
  • Mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar badan dan anti tumor.


Dilansir dari brilio.net, berikut 16  resep cara memperoleh manfaat buah ciplukan:


Pohon buah ciplukan / ceplukan

1. Menyembuhkan penyakit jantung

Salah satu khasiat buah ciplukan yakni mengobati gangguan jantung. Caranya cukup mudah, ambil 40 helai daun ciplukan dan hancurkan dengan blender menyerupai jus, kemudian minum tanpa adonan apa-apa. Selain dibentuk menyerupai jus, daunnya juga bisa kita makan langsung, tapi pastikan sudah dicuci higienis dulu ya guys.

2. Obat asma

Pengaplikasian ciplukan sebagai obat asma juga tergolong mudah.

Ambil daun dan batang dari buah ciplukan, rebus dan minum air rebusan tersebut. Atau ambil daunnya, kemudian campur dengan kapur sirih kemudian dihancurkan dengan memakai kedua telapak tangan. Kemudian basahkan dengan air.

Setelah itu gumpalkan pada telapak tangan sehingga keluar air berwarna hijau keputih-putihan serta buih. Oleskan pada pecahan dada, perut, dan punggung.

3. Mengobati penyakit kurap

Penyakit kurap memang mengganggu. Selain menciptakan nggak nyaman juga merusak penampilan bila terjadi pada pecahan badan yang terbuka.

Untuk mengobatinya cukup hancurkan daun dari buah ciplukan dan oleskan pada pecahan kulit yang terkena kurap.

4. Menurunkan demam

Nggak hanya daun, buah ciplukan juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan demam atau panas terutama pada anak-anak.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Buah ciplukan juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya dengan meminum air rebusan daun, buah dan akar selama tiga ahad berturut-turut.

6. Membersihkan kencing kotor

Cukup dengan minum air rebusan dari akar hingga pucuk buah ciplukan.

7. Mengobati kanker payudara

Kanker payudara mungkin terdengar sebagai penyakit yang mengerikan. Tapi buah ciplukan ternyata juga bisa menyembuhkan penyakit ini.

Caranya, pucuk yang muda dicampur dgn empat biji beras dan tunas kunyit. Kemudian digiling dengan parutan kelapa hingga lumat. Setelah itu ramuan tadi pribadi ditempelkan pada payudara.

:

8. Menghilangkan kuning pada bayi yang gres lahir

Buah ciplukan juga sanggup menghilangkan kuning pada bayi yang gres lahir. Caranya, ciplukan di jemur hingga kering, kemudian dipakai untuk mandi pada bayi yang gres lahir.

9. Menyadarkan orang pingsan

Ambil akarnya dan bakar. Kemudian abunya dicampur dengan kapur sirih. Setelah itu campurkan dengan sedikit minyak kelapa, dan oleskan pada kepala orang yang sedang pingsan.

10. Mengobati stroke

Meminum dan memakan bagian-bagian dari buah ciplukan secara rutin juga sanggup membantu mengobati penyakit stroke lho.

11. Menambah kecerdasan

Buah ciplukan yang di campur air, jeruk nipis, dan sedikit gula selain nikmat ternyata juga sanggup meningkatkan kecerdasan anak.

12. Mengobati kencing manis

Kencing elok atau diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti. Cara menggunakannya yaitu, rebus batang dan akar dari buah Ciplukan, kemudian minum tiga kali sehari.

13. Menghilangkan sakit persendian

Caranya cukup mudah, campur daun dengan kapur sirih kemudian tempelkan pada persendian yang sakit.

14. Menurunkan kolesterol

Bagian dari buah ciplukan ternyata juga bisa menurunkan kolesterol lho. Caranya makan daun dari buah ciplukan dua helai tiga kali sehari.

15. Untuk tambah darah

Buah ciplukan juga sanggup mengobati kekurangan darah atau anemia. Pengaplikasiannya yaitu dengan cara memasak batang dari buah ciplukan, kemudian minum ari rebusannya.

16. Penawar racun

Semua pecahan dari buah ciplukan ternyata bisa dikonsumsi sebagai penawar racun.

Perlu diingat, walaupun buah ciplukan ini mempunyai khasiat yang luar biasa. Tetapi jangan mengonsumsinya bersamaan dengan kopi ya, sebab konon malah sanggup mengakibatkan keracunan.

Demikian, semoga bermanfaat!