Cara Mengenali Tanda-Tanda Tipes Semenjak Awal Biar Tak Hingga Parah!

Image Source: wartakota.tribunnews.com

Tipes atau demam tifoid merupakan salah satu penyakit yang sering diderita orang Indonesia, baik cukup umur maupun anak-anak. 

Penyakit ini disebabkan oleh basil yang melekat di masakan atau minuman, biasanya akhir jajan sembarangan. Nah, gejala tipes itu apa saja? Simak penjelasannya!

Pengertian Tipes

Demam tifoid atau biasa dikenal sebagai tipes ialah penyakit yang sanggup menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi (melalui fesesnya). Tipes disebabkan oleh basil Salmonella typhi. Bakteri ini biasanya ada dalam air yang tercemar dengan feses dan sanggup melekat pada masakan atau minuman yang Anda konsumsi.

Jika Anda sering jajan sembarangan dan daya tahan tubuh Anda sedang menurun, sanggup saja Anda mengalami demam tifoid (tipes). Anak kecil mungkin lebih rentan terkena demam tifoid lantaran daya tahan tubuhnya belum sekuat orang cukup umur atau sanggup jadi lantaran kurang menjaga kebersihannya dikala makan.

Selain dari masakan atau minuman yang tercemar basil S. typhi, tipes juga sanggup disebabkan melalui kontak eksklusif dengan orang yang terinfeksi. Anda sanggup mengalami abses basil S. typhi dikala mengkonsumsi masakan yang ditangani oleh orang yang sedang demam tifoid.

Ciri dan Gejala Tipes

Gejala tipes itu apa saja? Gejala tipes atau demam tifoid sanggup muncul pada tingkat yang ringan hingga parah, tergantung dari beberapa faktor, menyerupai usia, kesehatan, dan riwayat vaksinasi. Gejala tipes juga sanggup muncul secara sedikit demi sedikit atau mendadak.

Inilah beberapa tanda-tanda tipes:
  • Demam setinggi 40°C
  • Ruam atau bintik-bintik merah pada kulit
  • Sakit kepala
  • Nyeri dan sakit pada otot
  • Kehilangan nafsu makan
  • Diare
  • Sembelit
  • Sakit perut
  • Muntah
  • Lemah dan lesu

Gejala tipes pada anak

Gejala tipes pada anak bekerjsama tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Ciri dan tanda-tanda tipes pada anak di antaranya ialah demam tinggi, sakit kepala, sakit tenggorokan, lemah dan lesu, kurang berenergi, sakit perut, sembelit, diare, dan bintik-bintik merah.

Jika anak sudah mengatakan tanda-tanda tersebut secara bertahap, sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk segera ditangani. Penanganan yang terlambat sanggup menimbulkan tanda-tanda tipes makin parah atau bahkan komplikasi. Anak sanggup mengalami penurunan berat tubuh yang parah, diare berat, demam yang makin tinggi, bahkan berhalusinasi.

Gejala tipes ini akan mulai membaik pada ahad ketiga hingga keempat, semenjak pertama kali muncul. Namun, ketika mengalami komplikasi tipes, gejalanya sanggup saja akan bertahan lebih lama. Gejala tipes kambuh sesudah Anda merasa sembuh (disebut dengan tanda-tanda rekuren). Beberapa pasien tipes sanggup mengalami tanda-tanda rekuren selama satu hingga dua minggu.