Cara Mengobati Luka Bakar Dengan Materi Alami


Image Source: alodokter.com

Luka bakar sanggup merusak jaringan otot, tulang, pembuluh darah dan jaringan epidermal yang menimbulkan kerusakan yang berada di sistem saraf.

Setiap orang niscaya berisiko terkena luka bakar, apalagi luka bakar itu akan membuktikan tanda-tanda menyerupai kulit memerah dan bengkak, rasa sakit yang luar biasa.  Bila Anda mengalami luka bakar, segeralah untuk mengobatinya.  Bagaimana cara mengobati luka bakar?

Cara mengobati luka bakar 

1. Lidah buaya

Tanaman ini mempunyai sifat antiperadangan, sanggup merangsang penyembuhan luka, melembapkan kulit, dan bisa mencegah perkembangan bakteri. Bahkan ada satu penelitian yang membuktikan bila gel pengecap buaya ampuh mengobati luka bakar. Oleh alasannya itu, tidak salah bila pengecap buaya sering kali dijadikan obat luka bakar alami. Untuk menyembuhkan luka bakar, disarankan untuk mengoleskan gel pengecap buaya orisinil eksklusif ke kawasan yang terkena luka bakar. Selain itu, hindari produk yang mengandung materi aditif, terutama pewarna dan parfum.

2. Madu

Bagaimana cara menghilangkan bekas luka bakar yang sudah lama? Dengan kandungan antiradang, antibakteri, dan antijamur yang ada di dalamnya, madu diduga bisa menjadi obat luka bakar alami. Ada studi yang mengatakan bila madu memang mempunyai kegunaan untuk mengatasi luka bakar ringan, dan membantu penyembuhan luka bakar lebih cepat. Namun hal tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

3. Kentang dan mentimun

Cara mengobati luka bakar dengan materi alami yakni memakai kentang dan mentimun. Bahan alami tersebut sanggup menyerap panas dalam kulit anda, selain itu juga sanggup menghilangkan iritasi pada kulit Anda. Caranya yakni haluskan kentang dan mentimun yang sudah dikupas dan dicuci hingga bersih. Setelah itu oleskan pada penggalan luka bakar di kulit, biarkan hingga mengering di kulit kemudian bilas dengan air dingin. Pilih salah satu dari kedua materi tersebut.

4.  Air dingin

Salah satu penanganan pertama dikala mengalami luka bakar yakni dengan air. Cara ini bermanfaat untuk meredakan nyeri dan luka pada kulit, selain itu air juga sanggup mencegah bertambah parahnya luka bakar. Namun sebaiknya Anda memakai air yang sudah matang biar terhindar dari bakteri, apabila tidak memungkinkan air biasa juga tidak masalah. Jangan hingga Anda memakai es untuk meredakan luka, alasannya hal tersebut sanggup menimbulkan kerusakan nadi pada kulit.

5. Minyak Zaitun dan Madu

Bagaimana cara menghilangkan luka bakar di wajah? Minyak zaitun sering sekali dipakai untuk mengobati bekas luka apalagi bekas luka bakar. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan minyak zaitun yaitu:
  • Oleskan madu atau minyak zaitun pada area luka, kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit.
  • Cara ini bisa dilakukan kapan saja, baik pagi, siang maupun malam hari.

Untuk hasil yang maksimal kau bisa melakukannya sambil melaksanakan pemijatan biar minyak zaitun bisa meresap ke dalam kulit.

6. Kunyit

Bagaimana cara mengobati luka bakar dengan kunyit? Kunyit bisa membantu mempercepat penyembuhan pada luka tersayat dan luka bakar ringan. Selain itu, kunyit juga memberi dampak sejuk dan menenangkan kulit yang terluka. Menurut Dr Deepali Shastri, pakar pengobatan ayurveda asal Mumbai, kunyit bersifat sebagai antiseptik yang mencegah luka semakin parah alasannya infeksi bakteri.
Caranya:
  • Campur kunyit yang sudah diparut dengan air higienis hingga terbentuk menyerupai pasta. 
  • Tempelkan pada penggalan yang terkena luka. 
  • Lakukan dua kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.


Hal yang Perlu Dihindari Dalam Mengobati Luka Bakar

  • Jangan hingga mengoleskan pasta gigi pada luka bakar, alasannya sanggup menimbulkan kulit iritasi dan meningkatkan infeksi pada luka.
  • Jangan mengoleskan minyak menyerupai minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak goreng. Minyak sanggup menahan panas dan menciptakan kulit terus terbakar.
  • Jangan mengoleskan putih telur, alasannya bisa menimbulkan infeksi kuman dan reaksi alergi pada kulit.
  • Jangan memecahkan/merobek kulit yang melepuh dan menggelembung alasannya bisa menimbulkan infeksi bertambah parah.
  • Jangan mengoleskan mentega atau margarin ke luka bakar alasannya sanggup menimbulkan infeksi.
  • Jangan memakai pakaian yang ketat/menempel pada luka. Jika pakaian melekat pada kulit yang terbakar, jangan coba-coba melepaskannya secara paksa alasannya luka akan bertambah parah, cari pertolongan medis segera.
  • Tidak dianjurkan meletakkan es eksklusif ke luka bakar. Karena sanggup memperparah kulit yang luka.
  • Hindarkan dari paparan sinar matahari langsung. Kulit yang terbakar akan sangat peka terhadap sinar matahari.

Jika luka bakar masih tak kunjung sembuh, contohnya bernanah, muncul bacin tidak sedap pada luka pergilah ke dokter untuk mendapat pertolongan medis segera. Supaya luka bakar tersebut tidak bertambah parah.