Ciri-Ciri Asam Urat Dan Obat Alami Asam Urat Yang Manjur


Image Source: viva.co.id

Pernah mencicipi sakit pada pergelangan kaki atau tangan? 

Penyebabnya sangat beragam, salah satunya asam urat. Biasanya kondisi ini terjadi saat kadar purin di dalam badan menjadi sangat tinggi sehingga badan bereaksi dengan menjadikan rasa nyeri pada kepingan badan tertentu. Apa ciri ciri asam urat? Berikut ini klarifikasi ihwal asam urat.

Definisi asam urat

Penyakit asam urat adalah peradangan pada sendi yang dikenal masyarakat dengan istilah encok. Kondisi ini sangat menyakitkan alasannya yaitu terlalu banyak kadar purin di dalam tubuh. Purin yaitu protein yang diproduksi di dalam badan dan juga terdapat pada banyak makanan. Semakin banyak makan yang mengandung purin, semakin besar juga badan memproduksi asam urat atau uric acid.

Kadar purin yang tinggi akan mengalir kedalam darah dan hasilnya mengubah asam urat menjadi kristal. Semakin lama, kristal akan menumpuk di sekitar sendi dan jaringan lunak badan lainnya. Akibatnya, sendi dan otot akan terasa linu serta nyeri. Seperti inilah proses terjadinya asam urat pada badan Anda.

Tahapan-tahapan asam urat

Ada empat tahapan penyakit asam urat yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1.Hiperurisemia asimptomatik.
Kondisi ini menunjukan terlalu banyak kadar asam urat di dalam darah. Meskipun begitu, kondisi ini tidak menjadikan tanda-tanda asam urat apa pun.

2.Penyakit asam urat akut. 
Kondisi ini menunjukan hiperurisemia asimptomatik yang tidak ditangani  sehingga akan membentuk kristal yang menumpuk pada sendi. Anda mungkin akan mencicipi tanda-tanda nyeri selama 3 hingga 10 hari.

3.Penyakit asam urat interval. Kondisi ini disebut juga dengan asam urat interkis, yang rasa sakitnya akan terjadi secara tiba-tiba. Anda akan merasa sehat, bisa saja tiba-tiba muncul sakitnya.

4. Chronic tophaceous gout. Kondisi ini terjadi jawaban penyakit asam urat yang tidak diobati, kurang lebih butuh waktu 10 tahun untuk berkembang. Pada tahap ini, bukan hanya rasa sakit, nodula juga akan terbentuk, Nodula yaitu pembengkakan disertai kemerahan pada kulit dan jaringan lunak lainnya yang bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada sendi.

Gejala asam urat

Apa ciri ciri tanda-tanda asam urat? Sama menyerupai penyakit lainnya, tidak semua orang akan mencicipi tanda-tanda asam urat yang sama. Namun, tanda-tanda asam urat yang umumnya sering terjadi, meliputi:

  • Nyeri sendi mendadak.
  • Pembengkakan pada sendi (efusi sendi).
  • Kesulitan untuk melaksanakan aktivitas alasannya yaitu gerakan terbatas.
  • Area yang nyeri dan membengkak akan terasa panas.
  • Kemerahan pada kulit di sekitar sendi.
  • Muncul nodul (pembengkakan parah yang memerah di kulit).

Biasanya penyebab dan ciri ciri asam urat hanya memengaruhi satu sendi, contohnya asam urat pada kaki. Rasa sakit yang semakin parah menunjukan bahwa peradangan pada sendi juga semakin memburuk.

Obat asam urat alami

Sekarang ini banyak obat asam urat alami yang muncul dan dipercaya sanggup mengurangi rasa sakit serta mengatasi tanda-tanda asam urat. Apa saja obat asam urat alami tersebut?

1. Buah ceri

Mungkin sebagian besar dari Anda belum mengetahui bahwa ternyata buah ceri sangat baik untuk pasien yang sedang mengalami peradangan, termasuk asam urat. Penyakit asam urat terjadi alasannya yaitu kadar asam urat di dalam darah yang terlalu tinggi.

Manfaat buah ceri sebagai obat asam urat bahkan telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pasien dengan asam urat yang mengonsumsi buah ceri dengan rutin mengalami rasa sakit yang lebih sedikit. Bagi penderita asam urat, dianjurkan untuk memakan buah ceri sebanyak 15-20 buah per hari.

2. Jahe

Dalam sebuah jurnal yaitu Annals of Biological Research disebutkan bahwa jahe mempunyai sifat antiradang yang sangat efektif dipakai untuk mengurangi tanda-tanda penderita asam urat.
Zat anti peradangan yang terkandung di dalam jahe dan dianggap sebagai obat asam urat yaitu gingerols dan shogaol. Bagi Anda yang mengalami asam urat, Anda bisa menambahkan jahe ke dalam masakan atau minuman Anda setiap hari.

3. Buah Pisang

Penderita asam urat harus menghindari masakan yang mengandung purin tinggi alasannya yaitu dari purin tersebut asam urat dalam darah akan terbentuk.  Oleh alasannya yaitu itu, yang diharapkan para penderita asam urat yaitu masakan yang rendah purin, salah satunya yaitu pisang.

Pisang juga mengandung kalium dan vitamin C yang cukup tinggi. Kalium mempunyai kemampuan untuk mengubah kristal asam urat menjadi cairan sehingga sanggup dikeluarkan oleh badan dengan gampang melalui urin. Sedangkan kandungan vitamin C yang tinggi di dalam pisang dianggap sanggup menurunkan tingkat peradangan yang terjadi pada penderita asam urat.

4.  Buah apel

Menurut jurnal Arthritis and Rheumatism yang diterbitkan pada tahun 2005, vitamin C yang ada di dalam apel baik bisa menjadi obat asam urat alami yang mengurangi rasa nyeri, dan juga bisa mencegah penyakit asam urat terjadi. Para andal dari University of Pittsburgh Medical Center menyarankan supaya sebaiknya penderita asam urat mengonsumsi 2 hingga 4 buah apel dalam sehari.