Ciri-Ciri Rematik, Penyakit Berbahaya Yang Merongrong Sendi


Image Source: mediskus.com

Rematik dalam bahasa medis disebut dengan rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang menciptakan sendi mengalami radang kronis. Gejala rematik biasanya sanggup dirasakan pada sendi-sendi jari, tangan, lutut, kaki, pergelangan, maupun siku. Apa ciri ciri rematik?

Ciri-ciri rematik

Berikut yaitu beberapa tanda-tanda rheumatoid arthritis yang perlu diperhatikan :

1. Praktis lelah 

Praktis lelah merupakan kondisi yang biasa dialami oleh para penderita rematik, khususnya ketika radang sendi sedang kambuh. Praktis lelah tanggapan rematik ini terjadi lantaran reaksi tubuh terhadap peradangan pada sendi, kurang tidur, kurang darah, maupun dampak samping obat-obatan. Ketika penderita rematik simpel lelah dan tak berenergi, maka itu juga sanggup memengaruhi kegiatan Anda. Kondisi simpel lelah tanggapan rematik ini juga sanggup saja disebabkan lantaran turunnya nafsu makan dan berat badan.

2. Mati rasa atau kesemutan

Apa ciri ciri penyakit rematik? Salah satu tanda-tanda rheumatoid arthritis atau rematik yaitu carpal tunnel syndrome, ditandai dengan kesemutan di pergelangan kaki dan tangan. Adanya sensasi pada tangan atau kaki terjadi lantaran pembengkakan di lengan. Rasa nyeri akan lebih jelek terjadi pada malam hari, sebaiknya lakukan pengompresan pada tangan atau kaki yang cedera.

3. Sakit sendi 

Sakitnya sendi tanggapan rematik seringkali disebabkan lantaran munculnya radang di area tersebut. Namun sendi sakit ini juga sanggup timbul ketika rematik tidak sedang kambuh, dan ini sanggup saja terjadi bila sendi telah rusak tanggapan rematik yang pernah diderita sebelumnya. Rematik aktif sanggup mengakibatkan sendi bengkak, baik lantaran penebalan pada membran sinovial (lapisan pelindung sendi) maupun dampak kelebihan cairan di area tersebut.

4. Masalah mata

Penderita rematik juga berisiko menderita Sindrom sjogrens yaitu gangguan autoimun yang sanggup mengakibatkan kekeringan pada mata, mulut, hidung, tenggorokan atau kulit. Hal ini diakibatkan peradangan, kebanyakan orang yang mengalami mata kering berkonsultasi ke dokter mata untuk mengetahui penyebabnya, tapi Dr Mandl merekomendasikan untuk juga berkonsultasi dengan seorang mahir reumathologi bila tanda-tanda belum juga sembuh.

5. Rasa pegal pada sendi

Apa ciri ciri tanda-tanda rematik? Salah satu tanda-tanda yang paling secara umum dikuasai dari rematik yaitu rasa sakit pada sendi. Tidak sedikit rasa sakit ini terjadi tanggapan kelelahan atau osteoarthritis(pengeroposan tulang di usia lanjut). Nyeri sendi biasanya berlangsung lebih dari seminggu. hal ini juga sanggup mensugesti tangan, kaki, lutut ikut mencicipi nyeri di waktu yang bersamaan.

6. Kaku di pagi hari

apa ciri ciri sakit rematik? Karakteristik lain dari rheumatoid arthritis yaitu rasa kaku pada sendi di pagi hari. Ini juga merupakan problem umum pada penderita osteoartritis, yang sanggup mengakibatkan rasa sakit sesudah beraktivitas lama, menyerupai tidur. Perbedaan antara  osteoartritis dengan rematik yaitu lamanya waktu rasa sakit yang dirasakan. Pada osteoarthritis biasanya berkurang dalam waktu sekitar setengah jam sedangkan penderita rematik membutuhkan waktu lebih lama.

7. Sendi terkunci

Penderita rematik kadang kala mengalami menyerupai sendi terkunci, terutama di lutut dan siku. Hal ini terjadi lantaran ada begitu banyak pembengkakan tendon di sekitar sendi sehingga sendi tidak sanggup menekuk. Hal ini sanggup mengakibatkan kista di belakang lutut yang sanggup membengkak dan menghambat pergerakan.

8. Nodul

Nodul atau benjolan yang tumbuh di kulit erat dengan persendian yang terkena rematik, biasanya sering muncul di belakang siku. Pada penderita rematik stadium lanjut akan menciptakan si penderita tidak sanggup melaksanakan kegiatan sehari-hari dan kualitas hidupnya menurun.

Demikian penjelasan bagaimana ciri ciri penyakit rematik, yang sanggup menambah pengetahuan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.