Dengan 5 Jenis Senam Ibu Hamil Ini, Persalinan Bakal Lebih Gampang

 jenis gerakan sederhana yang bisa dilakukan oleh ibu hamil Dengan 5 Jenis Senam Ibu Hamil Ini, Persalinan Bakal Lebih Praktis
Senam ibu hamil biar gampang melahirkan (Foto: tokped)

Bagaimana gerakan senam ibu hamil?

Berikut 5 jenis gerakan sederhana yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Selain meningkatkan kesehatan ibu dan bayi, persalinanpun bakal menjadi mudah.

Olahraga pada ketika hamil sangat disarankan untuk meningkatkan kebugaran Ibu selama mengandung si Kecil. Lakukan investigasi ke dokter untuk mengetahui kemampuan, kondisi fisik, dan kesehatan kehamilan Ibu terkait jenis olahraga yang sempurna dilakukan.

Selama menjalani mengandung si Kecil, banyak hal yang sanggup dilakukan untuk mencapai kehamilan yang sehat. Antara lain, dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, serta melaksanakan gerakan olahraga yang sesuai.

Berolahraga selama masa kehamilan terbukti meningkatkan kesehatan lbu dan si Kecil dalam kandungan, serta sanggup memperlihatkan manfaat positif ketika proses persalinan berlangsung.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua olahraga boleh dan baik dilakukan oleh Ibu yang hamil. Kondisi dan kemampuan fisik Ibu, usia kehamilan, serta perubahan fisik selama kehamilan juga besar lengan berkuasa terhadap pemilihan jenis olahraga yang diperbolehkan.

Jenis olahraga yang disarankan bagi Ibu hamil ialah yang bersifat aerobik dan mempunyai resiko rendah terjadinya benturan atau kecelakaan (low impact).

Olahraga yang sanggup dilakukan Ibu antara lain berjalan santai, berenang, sepeda statis, jogging, dan senam hamil; termasuk beberapa gerakan yoga dan pilates di dalamnya.

Senam kehamilan sendiri sanggup dilakukan oleh Ibu dengan memperhatikan pilihan gerakan senam yang diadaptasi di setiap usia kehamilan, seperti senam ibu hamil 4 bulan, senam ibu hamil 6 bulan ataupun senam ibu hamil 8 bulan. Karena menentukan gerakan senam, sangat bergantung dari keadaan fisik Ibu selama mengandung.

Pada usia kehamilan trimester kedua, yaitu 4 bulan ke atas, perut ibu sudah mulai membesar, sehingga menjadikan tekanan pada pembuluh darah besar tempat perut.

Ketika telah terjadi perubahan pada bentuk perut, Ibu tidak dianjurkan melaksanakan gerakan senam dengan posisi terlentang dalam waktu cukup usang lantaran akan menekan pembuluh darah besar yang menimbulkan ajaran darah ke janin berkurang. Begitu pula posisi bangun yang terlalu usang sanggup menimbulkan berkurangnya ajaran darah ke jantung.

Selalu diawali acara berolahraga dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan. Lamanya olahraga harus diperhatikan biar tidak berlebihan dan menciptakan Ibu kelelahan.

Tidak harus mengikuti club senam ibu-ibu hamil yang biasanya ada di klinik bersalin, ternyata senam hamil sangat gampang untuk dipraktikkan sendiri di rumah.

Manfaat Senam Hamil

Senam ibu hamil sangat penting bagi ibu hamil yang akan segera menjalani proses persalinan.

Persalinan akan terasa seram bagi ibu hamil yang belum mempunyai persiapan khusus. Terutama bagi ibu hamil yang kondisi kesehatannya jelek selama kehamilan. Misalnya saja tensi tinggi, hb rendah dan menderita komplikasi menyerupai asma, jantung dan maag.

Oleh lantaran itulah, senam hamil penting supaya ibu hamil tahu bagaimana caranya melancarkan persalinan.

Senam hamil juga menciptakan otot ibu hamil rileks dan tenang, rasa rileks dan damai itu bisa mensugesti kondisi psikis ibu hamil. Rasa gugup dan nerves ketika akan mengalami masa persalinan bisa menjadikan kerugian bagi ibu hamil itu sendiri.

Saat seseorang gugup, ibu hamil akan mengalami penurunan Hb. Hb sangat penting untuk ibu hamil yang akan melahirkan, alasannya ialah ketika melahirkan ibu hamil bisa mengeluarkan banyak darah.

Senam Ibu Hamil Agar Praktis Melahirkan

Nah, berikut ini telah kami rangkum apa saja senam ibu hamil beserta gambar yang sebaiknya dilakukan oleh bunda biar melancarkan proses persalinan?

Senam ibu hamil 1: Kegel


Senam Ibu Hamil (id.theasianparent.com)

Senam Kegel melatih dan menguatkan otot-otot dasar panggul biar melahirkan lebih mudah. Selain itu, senam Kegel ini melatih otot di sekitar uretra, kandung kemih, rektum, dan rahim.

Gerakan ini sanggup dilakukan baik sambil duduk maupun berdiri. Durasi berkisar 3-10 detik, ulangi latihan 4 kali sehari.

Senam hamil 2: Jalan kaki


Senam Ibu Hamil (id.theasianparent.com)

Selain senam, sering-seringlah berjalan kaki lantaran sanggup mengurangi waktu persalinan. Lakukanlah terutama pada trisemester ketiga lantaran membantu posisi bayi biar masuk ke jalur lahir.

Senam hamil 3: Posisi jongkok


Senam Ibu Hamil (id.theasianparent.com)

Senam ini dilakukan dengan posisi punggung lurus dan pelan-pelan menurunkan tubuh hingga posisi jongkok. Tahan selama 10 detik dan kembali ke posisi berdiri.

Ulangi gerakan ini beberapa kali sehari untuk memperkuat otot paha dan peregangan otot panggul. Gerakan ini sanggup memudahkan proses persalinan.

Senam ibu hamil 4: Memiringkan panggul


Senam Ibu Hamil (hipwee.com)

Memiringkan panggul sanggup meningkatkan kekuatan otot perut dan meredakan sakit pinggang terutama trimester ketiga.

Ambil posisi merangkak dengan kepala sejajar punggung. Tengadah ke atas sambil menarik dan melepas nafas.

Lakukan dengan santai. Berlatihlah rutin beberapa kali sehari.

: SUAMI: Baca Doa ini Ketika Istri Melahirkan, InsyaAllah Persalinannya Pasti Lancar

Senam hamil 5: Pose tailor


Senam Ibu Hamil (id.theasianparent.com)

Pose tailor yang disebut pose kupu-kupu dalam yoga dilakukan dengan duduk di lantai dan punggung lurus dinding. Kedua telapak kaki saling menyentuh rapat dan dorong lutut ke arah bawah menyentuh lantai.

Manfaatnya ialah untuk melatih otot paha menghilangkan stres punggung bawah ibu hamil. Lakukan posisi ini 10-20 detik dan ulangi beberapa kali sehari.

Buat Bunda yang sedang hamil, sebelum mempraktekkan gerakan senam hamil di atas, alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.

Demikian, semoga bermanfaat.