Manfaat Buah Mengkudu Mengurangi Stres Sampai Menurunkan Kolesterol


Image Source: pixabay.com/noni-morinda-citrifolia-fruit-329500/

Mengkudu merupakan buah-buahan berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Mengkudu mengandung banyak sekali macam zat, apa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan?

Manfaat Buah Mengkudu

1. Mengatasi arthritis

Apa manfaat buah mengkudu untuk tubuh? Jika Anda menjalani gaya hidup sehat dan minum jus mengkudu setiap hari, Anda bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan arthritis hingga seminimal mungkin. Berbagai penelitian menyampaikan bahwa jus mengkudu membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi kerusakan sendi yang terkait dengan arthritis lantaran sifat analgesiknya.

Tim peneliti di Jerman mempelajari manfaat buah mengkudu dalam mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit. Hasilnya, khasiat analgesik mengkudu ditemukan sebanding dengan tramadol, yaitu obat analgesik resep yang dipakai untuk mengobati rasa sakit sedang hingga parah.

2. Menurunkan risiko encok

Encok merupakan sejenis arthritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Beragam penelitian telah menyampaikan bahwa jus mengkudu sanggup mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga menurunkan risiko encok.

3. Melindungi dari risiko kerusakan jawaban stroke

Apa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan? Minum jus mengkudu sanggup membantu melindungi Anda dari kerusakan yang bisa ditimbulkan stroke. Periset di Universitas Kobe Gakuin Jepang melaksanakan uji lab pada binatang untuk memilih apakah sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari buah mengkudu akan melindungi tikus lab dari kerusakan otak yang disebabkan oleh gangguan anutan darah sementara ke otak.Periset mempublikasikan temuan mereka dalam buletin Biological and Pharmaceutical tahun 2009.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Satu lagi manfaat buah mengkudu untuk kesehatan ialah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan scopoletin yang hadir dalam buah mengkudu mempunyai sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-jamur dan anti-histamin yang meningkatkan prosedur pertahanan tubuh.

Selain itu, sifat anti-bakteri buah mengkudu menyampaikan khasiat yang cukup ampuh untuk melawan kuman E. coli (penyebab gangguan pencernaan dan jerawat jalan masuk kencing), Staphylococcus aureus (penyebab jerawat kulit dan tulang, hingga sepsis) dan Proteus vulgaris (penyebab jerawat jalan masuk kencing).

5. Menurunkan kolesterol

Peningkatan kadar kolesterol dalam darah merupakan faktor utama penyakit kardiovaskular. Merokok bisa mengakibatkan kolesterol tinggi jawaban dari penumpukan stres oksidatif dalam tubuh.

Satu penelitian melibatkan 132 penerima yang digambarkan sebagai perokok berat. Peserta diminta untuk rutin minum jus noni atau pil plasebo selama sebulan. Hasilnya menyampaikan bahwa mengonsumsi 29 hingga 188 mililiter jus mengkudu sanggup mengurangi total kolesterol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi.
Mengkudu juga mengurangi low-density lipoprotein, bentuk kolesterol yang buruk. Hasil ini diterbitkan dalam The Scientific World Journal edisi 2012.

6. Menurunkan gula darah

Penelitian pada binatang telah menyampaikan hasil yang menjanjikan terhadap manfaat buah mengkudu untuk mengendalikan kadar glukosa darah. Periset di Universitas Hindia Barat melaksanakan satu penelitian semacam itu dan menemukan bahwa buah mengkudu mempunyai sifat penurun gula darah. Penelitian ini melibatkan pemberian komplemen mengkudu noni atau obat diabetes resep pada tikus diabetes selama 20 hari untuk mempelajari imbas gula darah.

Studi tersebut menemukan bahwa noni juga efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah. Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine Oktober 2010 lalu.

7. Mengurangi stres

Menurut jago nutrisi klinis Byron J. Richards, Jus mengkudu bisa membantu Anda mengatasi stres dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif otak.

8. Mencegah kanker

Buah mengkudu mengandung bermacam-macam antioksidan yang bisa memerangi risiko Anda terhadap kanker. Buah mengkudu telah menyampaikan sifat stimulasi kekebalan badan dan bersifat melawan tumor. National Cancer Institute juga telah mendanai penelitian awal perihal manfaat buah untuk pencegahan dan pengobatan kanker payudara.

9. Mengobati iritasi kulit kepala

Apa manfaat buah mengkudu bagi rambut? Dr Reema Arora, dermatologis asal Delhi menyampaikan bahwa meski belum banyak literatur medis yang menyelidik manfaat buah mengkudu, para pakar kesehatan setuju bahwa buah hijau ini mengandung sifat anti-bakteri dan antijamur, dan dengan demikian sanggup membantu mengatasi iritasi kulit kepala.

10. Mencegah penuaan

Apa manfaat buah mengkudu untuk wajah? Manfaat buah mengkudu yang mengandung Vitamin C dan selenium sanggup membantu melawan radikal bebas, menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan. Penting untuk merawat kulit dan menjaganya tetap sehat dan muda.