6 Penyebab Gusi Nanah Dan 5 Cara Alami Mengobatinya


Image Source: kompas.com

Gusi merupakan pecahan badan yang terletak di dalam lisan yang terdiri atas jaringan mukosa yang menutupi tulang alveolar di dalam rongga mulut. Gusi mempunyai warna merah muda yang menerangkan adanya pembuluh darah di baliknya.

Pada dasarnya, gusi yang sehat mempunyai warna merah muda, stabil, dan tidak goyah dikala disentuh. Selain hal-hal tersebut, maka mungkin gusi Anda bermasalah. Sangat penting untuk diperhatikan bahwa kalau gusi berwarna merah terang, atau bahkan hingga berdarah maka ada peradangan yang terjadi.

Salah satu problem pada gusi yang sering dialami banyak orang yaitu gusi bengkak. Masalah infeksi pada gusi ini seringkali diabaikan dan dianggap biasa, padahal bila dibiarkan, gusi infeksi dapat  menjadi penyebab problem lain pada gusi yang lalu bisa menjalar hingga ke gigi, bahkan mulut. Apa penyebab gusi bengkak?

Penyebab gusi bengkak

1. Plak dan karang gigi

Apa penyebab gusi infeksi dan sakit? Plak yaitu lapisan tak terlihat pada gigi dan gusi yang terbentuk oleh basil di mulut. Plak akan terlihat kalau gigi tidak dibersihkan secara rutin sehingga menimbulkan zat berwarna kekuningan pada permukaan gigi. Plak sanggup dihilangkan dengan menyikat gigi alasannya yaitu konsistensinya yang lunak. Plak tidak hanya menimbulkan gigi berlubang tapi juga menimbulkan infeksi. Plak yang menumpuk sanggup masuk ke dalam gusi dan menimbulkan peradangan.

Karang gigi terbentuk dari plak yang mengeras. Plak akan bermetamorfosis karang gigi dalam kurun waktu tertentu atau biasanya lebih dari 10 hari. Biasanya karang gigi terbentuk di antara celah gigi dan gusi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, sehingga pembentukannya cenderung tidak terkontrol dan hanya bisa dibersihkan oleh dokter gigi.

2. Iritasi

Apa penyebab gusi infeksi dan berdarah? Reaksi alergi terhadap materi yang terkandung dalam pasta gigi, makanan, obat-obatan atau bahkan kawat gigi, sanggup menimbulkan iritasi dengan tanda-tanda kemerahan dan pembengkakan pada jaringan gusi. Banyak orang gres menyadari bahwa mereka mengalami gusi infeksi setelah mengganti pasta gigi jenis yang berbeda dari biasanya.

3. Sisa makanan

Makanan yang masuk masuk ke bawah gusi atau menempel di sela-sela gigi seringkali sulit untuk dibersihkan. Salah satu pola kuliner yang sering terjebak di bawah gusi yaitu popcorn dan serat daging. Satu atau dua hari sehabis sisa kuliner terselip, terjadilah pembengkakan yang gres akan mereda setelah sisa-sisa popcorn dibersihkan atau keluar dengan sendirinya.

4. Perbaikan gigi dengan cara yang salah 

Gigi yang merenggang alasannya yaitu usia dan diperbaiki dengan cara yang salah, sanggup memudahkan sisa-sisa kuliner terjebak di sela-sela gigi. Seringkali, sisa-sisa kuliner yang sudah terjebak itu sulit dibersihkan sehingga lama-kelamaan sanggup menimbulkan infeksi. Gigi palsu yang tidak pas juga sanggup mengiritasi jaringan gusi, menyebabkannya luka atau bengkak.

5.  Hormon

Gusi infeksi alasannya yaitu efek hormon seringkali terjadi pada perempuan, khususnya dalam kondisi sedang hamil. Perubahan kadar hormon alasannya yaitu kehamilan merupakan penyebab utamanya, dan biasanya kondisi ini hanya bersifat sementara.

6. Obat-obatan

Apa penyebab gusi infeksi dan cara mengatasinya? Beberapa jenis obat-obatan ternyata sanggup menjadi penyebab gusi membengkak. Hal ini perlu Anda perhatikan bila Anda sudah menjaga kesehatan lisan secara keseluruhan dengan baik, namun gusi Anda tampak membengkak. Obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah menjadi salah satu contohnya, alasannya yaitu obat-obatan tersebut menimbulkan pertumbuhan berlebih pada jaringan gusi sehingga menimbulkan pembengkakan.

Cara mengatasi gusi bengkak

Apa penyebab gusi infeksi dan bagaimana cara mengobatinya? Setelah mengetahui beberapa penyebab utama pembengkakan pada gusi, maka Anda juga perlu memahami beberapa cara untuk mengatasi gusi bengkak. Berikut beberapa cara mengatasi gusi infeksi yang bisa Anda lakukan.

1. Garam

Garam sudah menjadi diam-diam umum dan biasa dipakai untuk problem kesehatan pada gigi. Kamu sanggup memakai Garam sebagai cara mengobati gusi gigi yang alami dan ampuh. Kadar sodiumnya yang tinggi sanggup membasmi basil penyebab plak atau karang gigi. Garam bisa dimanfaatkan sebagai antiseptik alami untuk menghilangkan busuk dan menjaga kesehatan pada mulutmu. Caranya:
  • Campurkan 2 sdm garam dan segelas air hangat. 
  • Aduk hingga larut. 
  • Berkumurlah setiap kali simpulan menyikat gigi supaya sanggup membasmi basil hingga bersih.

2. Lemon

Lemon mengandung asam yang berfungsi sebagai alkali alami supaya kadar ph dalam lisan seimbang. Selain lemon merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi basil penyebab gigi berlubang. Lemon juga sanggup menjadi cara alami mengobati gusi infeksi alasannya yaitu gigi berlubang.
Caranya:
  • Peras 1 buah lemon. 
  • Masukkan dalam segelas air hangat. 
  • Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari supaya basil benar-benar hilang.

3. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Apabila Anda akan memakai minyak ini untuk mengobati gusi infeksi secara cepat maka Anda harus memakai minyak cengkeh yang asli. Cara menyembuhkan gusi bengkak, Anda cukup mengoleskan minyak tersebut pada gusi yang sakit. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari. Dalam waktu yang cepat gusi yang infeksi akan kembali normal.

4. Bawang merah

Bawang merah juga mempunyai zat yang bisa meredakan pembengkakan. Anda cukup melembutkan bawang merah dan oleskan pada gusi yang sakit. Cara menyembuhkan gusi infeksi yang satu ini sangat ampuh. Tetapi banyak orang yang enggan untuk memakai cara ini alasannya yaitu tidak tahan dengan rasa dan busuk dari bawang merah. Anda juga bisa mencampurkan bawang merah tersebut dengan garam.

5. Kunyit

Mengoleskan krim yang terbuat dari debu kunyit dan minyak kelapa sanggup menjadi obat alami untuk meredakan pendarahan pada gusi. Hal ini alasannya yaitu kunyit mempunyai kandungan kurkumin yang bersifat terapiutik, yang sanggup meredakan dan mempercepat penyembuhan pada gusi infeksi dan berdarah.

Caranya:
  • Pijat pecahan gusi yang infeksi dengan krim kunyit. 
  • Diamkan selama 15 menit. 
  • Kumur-kumur dengan memakai air hangat.

Jika cara diatas masih kurang berhasil segeralah konsultasi ke dokter gigi supaya menerima perawatan yang lebih lanjut.

Demikian apa penyebab gusi infeksi dan apa obatnya? Semoga sanggup bermanfaat.