Agar Tetap Sehat Dan Bugar, Inilah 9 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 Pergantian animo sering menjadikan aneka macam gangguan penyakit termasuk serangan flu yang Agar Tetap Sehat dan Bugar, Inilah 9 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Image Source: Travel Tribunnews

Pergantian animo sering menjadikan aneka macam gangguan penyakit termasuk serangan flu yang bisa sangat mengganggu acara Anda. Akan tetapi, serangan flu sanggup dicegah dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh?

Cara meningkatkan daya tahan tubuh

1. Olahraga teratur 

Bagaimana cara meningkatkan daya tahan badan seseorang? Olahraga berfungsi meningkatkan hormon-hormon yang menguatkan imunitas tubuh. Selain itu, olahraga merupakan cara yang baik untuk mengurangi tingkat stres. Meski belakangan ini hujan masih sering turun, bukan berarti jadi malas berolahraga. Olahraga rutin akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Anda tidak perlu melaksanakan olahraga berat. Hanya dengan berlari atau jogging di sekitar lingkungan rumah, dan berenang serta bermain basket saja juga sudah cukup.

2. Makan sehat

Rutinitas diet sehari-hari mempunyai faktor penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsilah makanan sehat dan penuh nutrisi, serta hindari makanan cepat saji ataupun makanan yang banyak mengandung lemak, gula, dan sodium. Usahakan makan rutin 3 kali sehari setiap hari. Pilih makanan yang mengandung lemak sehat untuk mencegah obesitas, yang juga merupakan kondisi kegemukan yang bisa mengakibatkan aneka macam macam komplikasi dan menurunkan kekebalan tubuh.

3. Tingkatkan konsumsi protein

Cara meningkatkan daya tahan badan anak biar tidak gampang sakit yaitu dengan banyak makan makanan yang mengandung protein tinggi, menyerupai daging sapi tanpa lemak dan ikan, juga mempunyai kandungan zink yang tinggi. Zink sangat bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Konsumsi makanan penambah kekebalan tubuh 

Makanan yang bisa meningkatkan kekebalan badan ialah buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin serta antioksidan. Beberapa makanan alami yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kekebalan badan adalah:
  • Telur
  • Yogurt
  • Jahe
  • Bawang putih
  • Apel
  • Daging
  • Wortel
  • Tomat
  • Sayuran berdaun hijau
  • Minyak ikan

5. Hindari gula olahan

Anda perlu berhati-hati, sebab beberapa makanan bisa menurunkan kinerja fungsi kekebalan tubuh. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula olahan atau gula halus. Menurut penelitian, mengonsumsi 100 gram (8 sendok makan gula) sama dengan minum 2 kaleng soda dan hal tersebut bisa menurunkan kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman sampai 40%.

6. Hindari makanan cepat saji

Makanan olahan dan cepat saji sangat tidak baik untuk kesehatan. Beberapa makanan tersebut mengandung gula, materi buatan, serta lemak yang tidak baik untuk tubuh. Mulai dikala ini, biasakanlah mengonsumsi makanan yang lebih alami dan segar, terutama makanan organik yang ditanam sendiri.

7. Minum banyak air

Bagaimana cara meningkatkan daya tahan badan secara alami? Minum air putih secukupnya juga sangat penting bagi kesehatan tubuh, sebab bisa meningkatkan kadar oksigen dan keseimbangan cairan di darah. Konsumsi air yang cukup juga meningkatkan produksi limfa atau cairan yang dipakai kekebalan badan untuk melaksanakan sirkulasi sel darah putih dan nutrisi ke seluruh tubuh.

8. Kurangi konsumsi alkohol, kafein, dan rokok 

Bagaimana cara menambah daya tahan tubuh? Hentikan kebiasaan merokok dan juga hindari konsumsi alkohol serta kafein yang berlebihan. Hal-hal tersebut bisa merusak kekebalan tubuh, sebab bisa meningkatkan toksisitas. Toksisitas juga bisa mengakibatkan kurangnya nutrisi dan ketidakseimbangan zat kimia pada tubuh. Dampak jelek lain dari merokok ialah meningkatkan risiko kanker paru-paru, penyakit jantung, serta komplikasi kesehatan lainnya. Alkohol juga melemahkan kinerja sel darah putih.

9. Tidur yang cukup

Pastikan Anda tidur selama 8 jam dalam sehari. Tidur nyenyak ialah salah satu faktor yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Waktu terbaik untuk tidur ialah pukul 22.00 – 06.00. Jadi, hindari begadang terus-menerus sebab akan mengakibatkan badan Anda lelah.

Demikian beberapa cara meningkatkan daya tahan badan yang lemah. Semoga bermanfaat.