Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Apakah Berefek Pada Anak?


Image Source: seputaribuhamil.com

Ketika hamil seorang ibu seharusnya selalu memperhatikan contoh makan dan gaya hidup semoga bayi dalam kandungan sehat dan lahir dengan selamat. Disetiap kehamilan seorang ibu niscaya mempunyai sebuah larangan untuk makan masakan atau minuman yang sanggup membahayakan kesehatan janinnya.

Masalah yang akan dibahas kini ini yaitu bolehkah ibu hamil minum kopi? Kopi memang minuman yang tidak sanggup dipisahkan ketika dalam waktu luang atau bersantai. Lalu, apa imbas samping minum kopi pada ibu yang sedang hamil? Bolehkah ibu hamil minum kopi? Simak penjelasannya berikut ini.

:


Efek samping ibu hamil minum kopi

Image Source: solusisehatku.com

Bolehkah ibu hamil minum kopi setiap hari? Dari sebuah penelitian dari The New Journal of Medicine mengemukakan bahwa keguguran sanggup terjadi akhir terlalu sering mengonsumsi kopi. Hal tersebut diakibatkan alasannya yaitu kandungan kafein dalam kopi dipercaya sanggup menimbulkan keguguran. Kopi yang biasanya dikonsumsi sanggup masuk dan menembus plasenta pada bayi.

Kafein yang dikonsumsi secara pribadi sanggup mempengaruhi bayi yang dalam kandungan lewat plasenta. Berikut beberapa imbas samping ibu hamil yang mengonsumsi kopi.

1. Minum minuman berkafein 6 kali  sehari sanggup menimbulkan berat tubuh bayi yang dilahirkan rendah dan sangat membahayakan bagi bayi.

2. Terlalu sering minum kopi sanggup menimbulkan bayi lebih banyak lemak pada tubuh (memiliki indeks masa tubuh lebih tinggi) antara usia 6 bulan sampai usia 6 tahun.

3. Dari beberapa penelitian yang dilakukan menawarkan bahwa kafein mempunyai dampak negatif pada perkembangan otak.

4. Mengonsumsi minuman berkafein pada awal kehamilan sanggup menjadikan risiko keguguran.

5. Pada awal kehamilan, asupan kafein tinggi sanggup meningkatkan keguguran.

6. Terlalu banyak mengonsumsi minuman kafein sanggup menimbulkan detak jantung pada bayi meningkat, yang sanggup menimbulkan aritmia atau detak jantung tidak teratur sehingga sanggup menimbulkan kesehatan bayi lemah.

7. Minum lebih dari 2 cangkir kopi sehari sanggup meningkatan risiko leukemia pada anak-anak.

8. Ibu hamil yang mengonsumsi kopi selama hamil menimbulkan gangguan ADHD atau hiperaktif pada anak.

9. Kafein sanggup menghambat pertumbuhan anak atau bayi yang belum lahir.

10. Bayi yang dilahirkan juga sanggup kecanduan kafein jikalau ibu hamil mengonsumsinya terlalu banyak selama kehamilan. Ketika lahir, bayi yang kecanduan kafein segera diatasi dan mungkin akan menawarkan tanda-tanda penarikan.

11. Minuman yang mengandung kafein terdapat senyawa fenol yang akan menciptakan tubuh inu hamil untuk menyerap zat besi. Padahal zat besi sangat penting untuk perempuan hamil, alasannya yaitu dikala ini banyak ibu hamil yang rendah zat besi.

12. Menyebabkan susah tidur, alasannya yaitu kandungan kafein yang terdapat dalam kopi memacu kinerja jantung semakin tinggi. Jantung yang berdetak kencang serta nafas sesak menciptakan seseorang terus terjaga meski malam telah larut selain itu juga menjadikan hipertensi dalam kehamilan.

13. Mengonsumsi kopi atau kafein yang berlebihan akan menstimulasi produksi asam lambung sehingga menjadikan maag. Maag menimbulkan asupan nutrisi ibu ke janin akan berkurang sehingga menjadikan janin tidak sempurna.

14. Penelitian yang di lakukan Jurnal Obstretucs dan Gynaecology Amerika menawarkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi satu gelas kopi setiap hari sanggup berpotensi melahirkan bayi dengan kelainan leukimia sebanyak 20%.

15. Bahaya minum kopi setiap hari bagi ibu hamil sanggup menimbulkan janin terjangkit tumor. Dari penelitian tersebut mengambarkan bahwa kafein yang terdapat pada kopi sanggup mengubah DNA sel janin menjadi lebih gampang terjangkit sel-sel kanker (tumor).

Demikian alasan mengenai bolehkah ibu hamil minum kopi? Semoga sanggup bermanfaat.