Cara Membersihkan Indera Pendengaran Yang Benar Supaya Tak Hingga Merusak Gendang Telinga


Image Source: kompas.com

Telinga merupakan organ yang sangat penting dan sensitif dalam badan manusia. Dalam sebagian orang membersihkan pendengaran merupakan hal yang dianggap sudah biasa. Mereka tidak memikirkan bagaimana jikalau organ didalam pendengaran terganggu sebab kesalahan dirinya sendiri ketika membersihkannya.

Membersihkan pendengaran bergotong-royong dihentikan asal-asalan. Sebelum membersihkan pendengaran sebaiknya Anda mengetahui cara membersihkan pendengaran yang baik dan benar. Apabila terjadi kesalahan dikala membersihkannya maka sanggup menimbulkan luka dalam pada pendengaran yang berbahaya.

Sebenarnya kotoran pada pendengaran itu yaitu kelenjar bewarna kuning (earwax) yang berfungsi untuk mencegah infeksi, melembapkan kanal telinga, sampai melindungi gendang telinga. Earwax akan bergerak ke arah luar kanal pendengaran dan biasanya mengering dan keluar dengan sendirinya dari lubang telinga. Bagaimana cara membersihkan telinga?

Cara membersihkan pendengaran yang baik dan benar

1. Menggunakan obat tetes telinga

Bagaimana cara membersihkan pendengaran anak? Menggunakan obat tetes pendengaran sanggup mempermudah kotoran dalam pendengaran tanpa memakai alat bantu lain. Menggunakan obat ini tidak hanya diteteskan saja tetapi ada prosedur-prosedur khusus. Supaya obat sanggup bekerja efektif pastikan obat tersebut masuk kedalam telinga.
Caranya:
  1. Cuci tangan terlebih dahulu.
  2. Hangatkan obat tetes pendengaran dengan menggenggamnya.
  3. Kemudian buka tutup botol dan letakkan pada daerah yang kering.
  4. Posisikan kepala miring sampai pendengaran menghadap ke atas.
  5. Ambil obat tetes tersebut kemudian teteskan pada lubang pendengaran dengan hati-hati dan perlahan.
  6. Setelah diteteskan, tarik pelan daun pendengaran ke atas dan ke bawah supaya cairan obat benar-benar masuk ke dalam telinga
  7. Miringkan kepala Anda atau tetap berada dalam posisi tidur selama 2 sampai 5 menit.

2. Menggunakan minyak zaitun atau baby oil

Bagaimana cara menghilangkan pendengaran tersumbat? Kotoran yang menumpuk pada pendengaran ternyata diakibatkan oleh serpihan dalam pendengaran yang terlalu kering. Agar problem ini sanggup diatasi memakai minyak zaitun atau baby oil yaitu cara yang sangat sederhana. Tetapi memakai minyak zaitun ini membutuhkan waktu yang tidak mengecewakan usang untuk mengeluarkan kotoran pada telinga.
Caranya:
  1. Siapkan minyak zaitun atau baby oil.
  2. Kemudian posisikan kepala miring, sanggup juga posisi tidur miring.
  3. Lalu, teteskan minyak zaitun atau baby oil secara perlahan ke telinga.
  4. Tunggu sampai cairan minyak zaitun atau baby oil benar-benar masuk.

3. Periksa ke dokter THT

Bagaimana cara membersihkan kotoran pendengaran yang sudah mengeras? Selain cara-cara diatas, periksa ke dokter merupakan cara yang efektif dan kondusif untuk membantu membersihkan kotoran yang ada dalam telinga. Secara umum, periksakan pendengaran Anda ke dokter THT secara rutin setidaknya sebulan sekali sesuai dengan kode dokter. Pemeriksaan teling ke dokter sangat penting untuk dilakukan, apalagi dikala usia Anda mulai tua. Karena diusia yang sudah renta gangguan pada pendengaran pastinya akan lebih sering terjadi.

Cara menjaga kesehatan telinga

Selain bagaimana cara membersihkan pendengaran dengan baik. Anda juga harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan telinga. Berikut cara-caranya.

1. Batasi volume dikala mendengarkan musik

Jika Anda suka mendengarkan musik, pastikan Anda mengatur volume tidak terlalu keras. Anda sanggup kira-kira sendiri volume musik yang akan didengar. Apabila Anda mendengarkan musik dan suaranya terdengar oleh orang di bersahabat Anda, berarti volume musik Anda terlalu keras yang sanggup merusak gendang telinga.

2. Batasi penggunaan headset yang terlalu sering

Untuk menjaga kesehatan pendengaran Anda harus memeperhatikan bagaimana memakai headset yang baik. Usahakan untuk tidak mendengarkan musik terlalu sering memakai headset. Berilah waktu pendengaran Anda untuk beristirahat. Anda sanggup memakai headset dengan volume kurang dari 60 dan memakai headset selama kurang dari 60 menit.

3. Menggunakan pelindung telinga

Jika Anda bekerja dilingkungan yang timbul bunyi bising dan keras sebaiknya Anda memakai pelindung pendengaran untuk mengurangi imbas bunyi yang ditimbulkan. Sementara bila Anda suka menonton konser, ke bioskop, atau pergi ke daerah yang memutar musik dengan bunyi keras, sebaiknya memakai penyumbat telinga. Hal ini dilakukan untuk meredam imbas bunyi yang bervolume tinggi tersebut.

4. Jangan mendengarkan sumber bunyi keras dalam satu waktu secara bersama

Hal ini jikalau dilakukan terus menerus sanggup merusak pendengaran Anda. Misalnya, dikala ada orang yang sedang membersihkan rumah dengan vacuum cleaner yang mengeluarkan bunyi berisik, Anda jangan membesarkan volume televisi atau malah mendengarkan musik dengan bunyi keras.

5. Pastikan pendengaran Anda selalu kering

Jika Anda sedang berenang, sebaiknya Anda memakai penyumbat pendengaran untuk mencegah air masuk ke dalam telinga. Jika Anda merasa ada air yang masuk ke dalam telinga, segeralah miringkan kepala Anda supaya air yang masuk tadi sanggup keluar. Selalu keringkan pendengaran dengan handuk kering setiap final berenang dan setiap final mandi.

Demikian bagaimana cara membersihkan pendengaran yang baik tanpa menyakiti organ dalam telinga. Semoga sanggup bermanfaat.