Cara Merawat Bayi Gres Lahir: 4 Hal Penting & Fundamental Ini Wajib Anda Ketahui

Bayi gres lahir mempunyai keunikan tersendiri sehingga dibutuhkan perhatian khusus dalam me Cara Merawat Bayi Baru Lahir: 4 Hal Penting & Mendasar Ini Wajib Anda Ketahui
Cara Merawat Bayi Baru Lahir (foto: hellosehat.com)

Bayi gres lahir mempunyai keunikan tersendiri sehingga dibutuhkan perhatian khusus dalam merawatnya.

Nah, bagi Anda orang bau tanah gres kususnya, berikut 4 hal penting dan fundamental yang wajib diketahui ketika merawat bayi gres lahir.

Merawat bayi gres lahir terkadang menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para orangtua muda yang gres mempunyai anak.

Kehadiran bayi bukan saja menguras tenaga dan emosi, namun juga menjadikan kekhawatiran bagi sebagian orang bau tanah baru. Banyak orang tua, terutama yang gres mempunyai anak, kebingungan dalam merawat bayi gres lahir.

Memang, mungkin Anda telah melaksanakan banyak sekali persiapan untuk menyambut kehadiran buah hati semenjak jauh-jauh hari.

Akan tetapi, tetap saja Anda memerlukan pembiasaan besar lantaran tugas gres Anda sekarang ialah sebagai orang tua.

Pertanyaanpun sering muncul dibenak orang bau tanah baru, bagaimana cara merawat bayi gres lahir yang benar? Bagiana cara memandikan bayi yang benar? Bagaimana mengganti popoknya? dan bahkan hingga pertanyaan bagaimana cara memberi ASI yang baik?.

Nah, bila Anda mengalami hal serupa, beberapa hal penting dan fundamental di bawah ini wajib diperhatikan ketika merawat bayi gres lahir:

1. Jaga kebersihan dan keamanan bayi


zwitsal.com

Jagalah kebersihan tangan ketika hendak memegang atau menggendong bayi yang gres lahir. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh Si Kecil semoga ia terhindar dari serangan basil dan virus.

Berhati-hatilah ketika menggendong bayi yang gres lahir, terutama ketika Anda memegang penggalan kepala dan leher bayi.

Cara menggendong bayi gres lahir yang benar ialah dengan selalu menopang kepala dan lehernya. Jangan pernah menguncang-guncang bayi ketika membangunkan atau menenangkannya, lantaran sanggup mengakibatkan pendarahan di otak.

Selain itu, batasi juga cara kita bermain bersama bayi. Jangan mengayun-ayun ataupun menggoyang-goyangkan bayi lantaran hal itu sangat berbahaya.

2. Memandikan bayi


zwitsal.com

Jangan mandikan Si Kecil sebelum tali sentra copot dan area pusar mengering. Cukup seka dengan waslap.

Setelah tali sentra copot, mandikan bayi dengan sampo dan sabun yang didesain khusus untuk kondisi kulitnya.

Benda-benda pendukung lain yang wajib dimiliki untuk memandikan bayi gres lahir ialah handuk lembut dan kolam mandi bayi. Jika khawatir produk yang dipakai bisa menjadikan iritasi, bicarakanlah dengan dokter.

3. Mengganti popok


ibudanmama.com

Salah satu perawatan bayi gres lahir yang dianggap susah ialah memasang popok. Anda mungkin akan mengganti popok hingga 10 kali dalam sehari. Hal ini tergantung dari asupan yang diterima bayi.

Umumnya, bayi yang diberi susu formula semenjak lahir akan lebih sering pipis dan buang air besar dibandingkan bayi yang diberi ASI.

Sementara itu, bayi pertama kali buang air besar sehabis sehari atau dua hari kelahirannya.

Adapun kotoran bayi gres lahir yang baik berupa mekonium berwarna hitam. Mekonium sendiri terdiri dari lendir, cairan ketuban, dan segala sesuatu yang ditelan bayi ketika berada di dalam janin.

4. Memberi susu


rsmelinda2.com

Umumnya, bayi perlu diberi susu 8-15 kali dalam sehari. Ini lantaran kapasitas perut bayi masih sangat kecil.

Susui Si Kecil sesering mungkin, tanpa harus menunggunya menangis atau berteriak terlebih dahulu.

Saat menangis, bayi lebih sulit menelan susu lantaran lidahnya tidak berada dalam posisi yang tepat untuk meneguk cairan.

Mungkin pada awalnya menyusui bayi akan terasa sulit dilakukan. Tapi seiring dengan waktu, bayi dan Anda akan makin menguasai proses ini.

: 11 Masalah yang Sering Terjadi Pada Bayi Baru Lahir dan Cara Mengatasinya

Anjuran Penting bagi Orang Tua

Sebagaimana kami lansir dari alodokter.com, merawat bayi gres lahir identik dengan kelelahan sepanjang hari. Tidak jarang, banyak orang bau tanah dilanda tekanan berlebih. Terlebih bila gres mempunyai anak yang pertama.

Untuk itu, hal pertama yang harus diperhatikan ialah bagaimana orang bau tanah mengelola tekanan yang ada.

Beberapa hal berikut ini bisa diterapkan untuk mengelola tekanan ketika merawat bayi gres lahir, diantaranya:

Menjaga kondisi Fisik

Meski merawat bayi gres lahir sering dikaitkan dengan kurang tidur, hindarilah mengonsumsi kafein.

Tetaplah konsumsi masakan sehat, cukupi kebutuhan cairan harian, dan pastikan selalu menghirup udara segar.

Agar kondisi tetap bugar, tidurlah berbarengan dengan waktu tidur buah hati Anda. Meminta tolong pasangan untuk menggantikan posisi Anda ketika malam hari juga bisa dilakukan.

Jangan takut

Melihat mungil dan rentannya Si Kecil yang gres lahir, mungkin menciptakan Anda dan pasangan merasa khawatir tidak bisa merawatnya dengan baik. Namun kecemasan akan berkurang bila hal tersebut dibicarakan bersama-sama.

Selain itu, tertawa ceria bersama bayi dan pasangan bisa menguraikan ketakutan yang Anda rasakan.

Jangan khawatir dan tidak percaya diri dalam  melaksanakan perawatan sehari-hari untuk Si Kecil, menyerupai mengganti popok atau menenangkannya ketika menangis. Pada awalnya mungkin terkesan kaku, tapi usang kelamaan Anda akan terbiasa melakukannya.

Tunda dahulu pekerjaan lain

Jangan terlalu memaksakan diri untuk melaksanakan hal-hal yang biasa dilakukan sebelum kelahiran buah hati Anda. Membersihkan rumah dan mencuci pakaian bisa ditunda dahulu, semoga tidak terlalu lelah ketika merawat bayi gres lahir.

Anda juga bisa menghemat energi dengan mengurangi aktivitas yang biasanya membutuhkan waktu lama, menyerupai memasak.

Jika sebelum ada si Kecil Anda terbiasa menyiapkan makan malam yang sempurna, maka sekarang cukup menyajikan masakan yang gampang diolah. Tentu saja, bukan berarti Anda mengesampingkan nilai gizi di dalamnya.

Jangan mengurung diri

Saat merawat bayi gres lahir, jangan ragu untuk keluar rumah. Bayi yang rewel ketika di dalam rumah, mungkin akan ceria ketika diajak keluar rumah untuk sekadar berjalan-jalan menghirup udara segar.

Memiliki bayi juga bukan berarti membatasi kekerabatan dengan teman-teman dan keluarga Anda. Sesekali, biarkan mereka ikut membantu mengasuh bayi Anda.

Jangan menolak ketika mereka hendak menggendong bayi atau membantu menjaga Si Kecil. Bantuan ini bisa menghemat tenaga Anda.

Tahu kapan meminta bantuan

Ingat, masa kecil buah hati Anda tidak akan terulang dua kali. Oleh lantaran itu, nikmatilah masa-masa ‘merepotkan’ tersebut.

Meski begitu, Anda harus tetap mengetahui batasan diri sendiri. Jika memang tekanan yang Anda rasakan sudah sangat berat, mintalah pinjaman dari ahlinya.

Anda bisa meminta pinjaman kepada orang bau tanah atau kepada dokter untuk mendapat tips merawat bayi.

Kebahagiaan di dalam keluarga dengan kehadiran Si Kecil, jangan hingga terganggu dengan rutinitas perawatannya. Dengan memerhatikan hal-hal di atas, proses merawat bayi gres lahir bisa menjadi lebih menyenangkan.

Demikian, semoga bermnafaat.
Related Posts