Naudzubillah, Ini 7 Golongan Insan Pengikut Dajjal Kelak Di Selesai Zaman


Image Source: dream.co.id

Fitnah terbesar di kiamat ditandai dengan kemunculan Dajjal. Dalam banyak hadits tercantum dengan terang akan ancaman makhluk ini. Bahkan, setiap nabi niscaya memperingatkan umatnya untuk waspada biar tidak tergoda fitnahnya. Supaya umat islam bisa terhindar dari fitnahnya di antaranya yaitu melalui jalur ilmu pengetahuan.

Salah satunya dengan mengetahui siapa pengikut dajjal di final zaman. Paling tidak umat bisa menyiapkan kewaspadaan semenjak dini supaya tidak tergoda fitnahnya dan tidak menjadi bab dari pengikutnya. Lalu siapa pengikut dajjal di final zaman?

Siapakah calon pengikut dajjall di final zaman? Siapa saja para pengikut dajjal di final zaman? Yuk simak dibawah ini.

:

Berikut Para Pengikut Dajjal Di Akhir Zaman


Image Source:dictio.id

Dalam buku “al-Mausū’ah fī al-Fitan wa al-Malāhim wa Asyrāti as-Sā’ah” (2006: 721-727), Dr. Muhammad Ahmad al-Mubayyadh - Berdasarkan nash yang ada - Ada tujuh pengikut dajjal di final zaman.

1. Orang yahudi

Apakah yahudi pengikut dajjal? Terkait hal ini, Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa,

"Kelak dajjal akan diikuti oleh 70 Ribu orang Yahudi dari Ashbahan (Sekarang masuk wilayah Iran) yang menggunakan baju tebal berjahit." (HR. Muslim)

Hadits ini bukan mengatakan pembatasan jumlah, namun terkait betapa banyaknya pengikut Dajjal kala itu. Jika di Ashbahan saja pengikutnya sebanyak itu, apalagi di wilayah-wilayah lainnya. Terlebih, dajjal diberikan kemampuan luar biasa untuk berkeliling dunia dalam waktu yang super cepat. Namun tidak dengan Mekah dan Madinah yang dijaga oleh para malaikat.

2. Kelompok-kelompok menyempal dan khawarij

Menurut riwayat Ibnu Majah, Nabi bersabda bahwa,

"Akan tumbuh cowok yang fasih baca al-Qur`an tapi hanya hingga kerongkongan. Setiap kali sekelompok dari mereka muncul, maka pantas dihancurkan. Kemunculannya lebih dari dua puluh kali hingga hingga kedatangan Dajjal"

Dari hadits tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa salah satu pengikut Dajjal yaitu Khawarij.

3. Pelaku bid’ah dan kesesatan

Hudzaifah Radhiyallahu ‘anhu pernah mendengar sabda Nabi bahwa,

"Setiap umat ada Majusinya, sementara Majusi umat ini yaitu mereka yang tidak percaya takdir. Kalau berjumpa dengan orang semacam ini, Nabi Shallallahu ‘alaihim melarang untuk menghadiri jenazahnya dan dihentikan membesuk mereka di kala sakit alasannya mereka yaitu pengikut Dajjal." (HR. Abu Dawud)

Hadits ini menggambarkan bahwa kelak pengikut Dajjal yaitu orang-orang yang suka melaksanakan bid’ah (baik secara iman maupun ibadah) dan suka mengerjakan kesesatan.

4. Para wanita

Kelak di kiamat menurut riwayat Ahmad, kebanyakan yang terpengaruh dengan fitnah dajjal yaitu para wanita. Sampai-sampai, ada orang yang mengikat istri, ibu, putri, dan saudara perempuannya biar tidak keluar rumah dan tergoda fitnah dajjal.

Hadits ini sama sekali bukan bermaksud merendahkan wanita. Menurut Dr. Mubayyadh, banyak di kalangan perempuan yang mengikuti dajjal alasannya simpel tergoda dengan syahwat dunia, dan tidak begitu mengedepankan akalnya sebagaimana laki-laki. Kaprikornus sangat sulit dilawan bila tidak dibentengi keimanan.

5. Setan 

Dalam hadits riwayat Amru bin Ash Radhiyallahu ‘anhu, disebutkan sabda Nabi bahwa,

"Di bahari ada setan-setan yang dipenjara oleh Nabi Sulaiman Radhiyallahu ‘anhu yang kelak akan keluar membacakan sesuatu kepada manusia..," (HR. Muslim)

Kemungkinan keluarnya setan-setan ini yaitu menjelang atau dikala dajjal muncul. Dalam sebagian riwayat disebutkan bahwa kelak setan-setan akan berjalan di bab depan dajjal yang menyerukan fitnahnya di aneka macam negeri dan kota yang dimasuki dajjal.

6. Para pengikut hawa nafsu

Pengikut dajjal yang lain yaitu mereka yang tahu bahwa dajjal itu kafir, namun mereka tak berpengaruh bersabar menahan fitnahnya. Abu Nu’aim meriwayatkan dari Ubaid bin Umar al-Laitsi bahwa ketika dajjal keluar, salah satu yang mengikutinya yaitu orang-orang yang mengetahui bahwa dajjal yaitu kafir tapi mereka tetap ikut alasannya ingin memakan makanannya serta kebutuhan lainnya. Ketika marah Allah SWT turun, maka mereka juga akan terkena imbasnya.

7. Tukang sihir

Berdasarkan penelitian Dr. Mubayyadh, di sebagian riwayat ada yang mengatakan bahwa tukang sihir (Dukun dan semacamnya) kelak menjadi pengikut dajjal. Mereka berjalan di depan dajjal dengan kebohongan dan kedustaan yang dibuat-buat untuk membuatkan fitnah dajjal.

Demikian klarifikasi diatas perihal siapa saja para pengikut dajjal di final zaman. Semoga bermanfaat!