Penyebab Panas Dalam Dan Cara Alami Meredakan Panas Dalam


Image Source: idntimes.com

Sariawan, bibir pecah-pecah, dan nyeri tenggorokan merupakan tanda-tanda khas yang Anda rasakan dikala panas dalam. Gejala tersebut muncul dan selalu menyerang pada tenggorokan sehingga sanggup sangat menganggu acara Anda. Apalagi kalau sudah muncul gejala-gejala parah yang tak hanya menyerang tenggorokan. Apa penyebab panas dalam?

Penyebab panas dalam dan cara mengatasinya

1. Kurang vitamin C

Apa penyebab panas dalam di lidah? Vitamin C yaitu salah satu vitamin yang penting untuk tubuh. Salah satu manfaat vitamin C yaitu kandungan zat antioksidan. Zat ini berfungsi untuk menghilangkan atau menangkal zat-zat radikal bebas pada badan alasannya yaitu polusi dan juga sinar matahari. Kekurangan vitamin C menciptakan badan rentan pada banyak sekali macam penyakit, tak terkecuali penyakit panas dalam.

2. Daya tahan badan menurun

Apa penyebab panas dalam pada anak? Terkadang Anda berfikir mengapa badan sangat rentan terkena penyakit? Bisa jadi itu terjadi alasannya yaitu daya tahan badan Anda menurun. Daya tahan badan menurun menyebakan sistem imun dalam badan juga ikut menurun, sehingga praktis terkena penyakit.

3. Stres

Stres memang menjadi salah satu penyebab timbulnya banyaknya penyakit. Saat stres, kondisi hormon dalam badan tidak beraturan yang menimbulkan sistem kekebalan badan menjadi menurun. Saat stres, Anda cenderung makan dan minum secara sembarangan sehingga asupan gizi yang masuk juga tidak baik untuk tubuh. Sehingga rawan terkena penyakit ibarat panas dalam.

4. Cuaca yang tak menentu

Saat ini mungkin Indonesia sedang masuk dalam demam isu hujan, tapi sanggup saja di siang hari matahari muncul dengan panasnya. Hal ini menciptakan badan tidak sanggup menyesuaikan, belum lagi kalau pada sore hari atau malam hari cuaca berubah drastis menjadi hujan dan dingin.

5. Mengonsumsi masakan pedas, berminyak, dan bersantan

Untuk menghindari konsumsi masakan pedas, berminyak, dan bersantan cukup sulit bagi masyarakat Indonesia. Mayoritas masakan yang Anda temukan di kantin dan warung-warung mempunyai tiga kandungan di atas. Susahnya, masakan macam itu sanggup menjadikan panas dalam.


Untuk membantu penyebab panas dalam dan obat nya, Anda sanggup melaksanakan hal-hal seperti:
  • Menjalankan teladan hidup sehat dengan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup. Minimal tidur malam 7–8 jam sehari dan tidak merokok.
  • Kelola stres dengan administrasi stres yang benar. Melakukan yoga, meditasi, menjalani hobi yang positif, atau ikut healing atau support group sanggup jadi pilihan.
  • Bila mempunyai gangguan lambung, atur makan dalam porsi kecil tapi sering, kurangi konsumsi kopi, teh, serta masakan pedas dan asam.
  • Untuk meredakan nyeri tenggorokan dan sariawan, berkumurlah dengan larutan kumur yang mengandung chlorhexidine gluconate. Jika mengalami sariawan, gunakan gel yang mengandung asam hyaluronat.
  • Oleskah madu pada bibir yang kering dan pecah-pecah. Untuk mengembalikan daya tahan badan kembali optimal, konsumsi adonan perasan lemon dan madu.
  • Jika mempunyai keluhan ibarat amis verbal dan nyeri tenggorokan, berkumurlah dengan air garam sebagai obat kumur alami yang berfungsi sebagai antiseptik.
  • Bila rongga verbal Anda kering, verbal akan terasa asam dan sanggup menjadikan amis tak sedap. Untuk menjaga kesejukan napas dan biar terhindar dari  amis mulut, Anda perlu menyikat gigi dengan pasta gigi yang mempunyai kandungan bahan-bahan alami ibarat garam, ekstrak daun sirih, dan jeruk nipis.
Demikian artikel mengenai penyebab panas dalam dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.