Penyebab Sakit Kepala Belakang Dan Cara Mengobatinya


Image Source: klikdokter.com

Semua orang niscaya pernah mencicipi sakit kepala, keluhan yang dirasakan pada setiap orang pun berbeda-beda. Namun, sakit kepala belahan belakang ialah salah satu kondisi yang sering terjadi pada beberapa orang. Sakit kepala belahan belakang sanggup sembuh dengan hanya melaksanakan pengobatan di rumah. Apa penyebab sakit kepala belakang?

Sakit kepala ini sanggup disebabkan oleh kelelahan, stres, atau duduk masalah pada otot-otot di leher atau rahang, ibarat ketegangan otot. Sakit kepala ini biasanya berlangsung selama 20 menit hingga 2 jam. Hal ini menjadikan nyeri otot di leher sanggup mengakibatkan sakit kepala belahan belakang.

Penyebab sakit kepala belahan belakang

1. Migrain

Apa saja penyebab sakit kepala belahan belakang? Migrain biasanya memang tidak menyerang belahan belakang kepala, tetapi belum tentu migrain tidak sanggup menyerang belahan ini. Para andal saraf meyakini bahwa migrain disebabkan oleh perubahan pada pemikiran darah di otak dan kegiatan sel saraf. Keturunan juga sanggup mengakibatkan migrain. Migrain juga sanggup dipicu oleh kurang tidur atau kebanyakan tidur, kelelahan, stres, cahaya terang, anyir yang menyengat, bunyi yang terlalu keras, dan juga sanggup dari faktor makanan.

2. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang merupakan sakit kepala yang paling umum dirasakan oleh setiap orang dan biasanya terjadi pada tingkat yang ringan hingga sedang. Sakit kepala ini sanggup disebabkan oleh kelelahan, stres, atau duduk masalah pada otot-otot di leher atau rahang, ibarat ketegangan otot. Sakit kepala ini biasanya berlangsung selama 20 menit hingga 2 jam. Penelitian mengatakan bahwa sakit kepala tegang sepertinya sanggup meningkatkan kerentanan seseorang terhadap nyeri. Hal ini menjadikan nyeri otot di leher sanggup mengakibatkan sakit kepala belahan belakang.

3. Neuralgia oksipital

Sakit kepala belahan belakang juga sanggup disebabkan oleh neuralgia oksipital. Neuralgia oksipital ialah kondisi saraf oksipital (saraf yang ada pada sumsum tulang belakang hingga kepala) meradang atau mengalami cedera. Sehingga, Anda mencicipi sakit pada belahan belakang kepala  atau pada belahan bawah kepala Anda. Namun, sakit kepala ini juga sanggup menyebar ke belahan atas kepala.

4. Sakit kepala cluster

Apa penyebab sakit kepala belakang sebelah kiri? Sakit kepala ini tiba dan pergi pada waktu tertentu, dan juga dinamakan sakit kepala cluster. Sakit kepala ini biasanya terjadi di satu sisi kepala dan juga sanggup hingga parah. Anda sanggup mengalami hidung tersumbat, mata merah dan berair. Lebih dari seperempat penderita sakit kepala cluster melaporkan bahwa mereka juga mengalami sakit kepala di belahan belakang. Sakit kepala cluster biasanya diderita oleh laki-laki setengah baya yang memiliki riwayat merokok. Penyebab sakit kepala ini belum diketahui, namun mungkin faktor genetik sanggup menjadi salah satu penyebabnya.

5. Sakit kepala cervicogenic

Ini merupakan salah satu penyebab yang paling umum dari sakit kepala belahan belakang. Sakit kepala ini sanggup dimulai dari satu sisi kepala dan kemudian sanggup menyebar ke sisi lainnya dan juga ke dahi. Sakit kepala cervicogenic sanggup dipicu oleh postur, cedera leher, dan cedera ringan lainnya. Sakit kepala belahan belakang yang disebabkan oleh sakit kepala cervicogenic ini seringnya dialami oleh orang yang lebih tua.

6. Aktivitas fisik

Apa penyebab sakit kepala belakang sebelah kanan? Penyebab sakit kepala belahan belakang sanggup dipicu oleh kegiatan fisik yang berat. Pada beberapa kasus, sakit kepala belakang ini sanggup terasa sempurna di belakang mata. Sakit kepala belakang ini biasanya berlangsung selama 20 menit. Pada umumnya, pusing kepala belahan belakang ini tidak mengindikasikan duduk masalah serius, namun sanggup juga merupakan tanda gangguan pembuluh darah pada otak, meskipun ini sangat jarang terjadi. Segera konsultasikan dengan dokter kalau Anda sering sekali terjangkit penyakit ini.

Setelah mengetahui beberapa penyebab sakit kepala belakang, alangkah baiknya Anda juga perlu tahu cara mengatasi sakit kepala belahan belakang. Berikut beberapa cara mengobati sakit kepala belahan belakang.

Cara mengobati sakit kepala belahan belakang

1. Memijat kepala

Berikan pijatan yang lembut pada belahan pada area yang sakit. Selain itu, cobalah berikan pijatan lembut pada leher, punggung, pundak dan pelipis. Pijatan lembut tersebut juga sanggup mengurangi ketegangan otot yang mengakibatkan rasa sakit kepala muncul.

2. Kompres hangat

Kompres memakai air hangat pada belahan kepala belakang dan leher biar otot-otot tidak tegang. Tidak hanya mengompres, Anda juga sanggup mencoba mandi dengan air hangat. Mandi air hangat dipercaya efektif mengurangi ketegangan otot sehingga meredakan sakit kepala belakang. Selain memakai air hangat, mengompres memakai es juga sanggup dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dikepala tanggapan migrain.

3. Tidur

Jika Anda mengalami sakit kepala sebaiknya tidur di ruangan yang damai dan gelap. Matikan lampu ketika tidur biar lebih nyaman. Selain itu, hindari faktor-faktor pemicu sakit kepala, ibarat mengatur contoh hidup yang baik dan mengelola stres.

4. Minum obat

Jika beberapa penanganan sakit kepala belakang di atas tidak membantu untuk meredakan rasa sakit, tak ada salahnya Anda mengonsumsi obat untuk meredakan rasa sakit. Jenis obat untuk sakit kepala yang sanggup Anda gunakan ialah obat antinyeri yang sanggup dibeli bebas di apotek. Namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter biar diberikan obat yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi sakit kepala belakang. Semoga bermanfaat.