Selain Aromanya Wangi, Inilah 8 Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan


Image Source: manfaatbuahalami.com

Daun serai sering dipakai sebagian orang Indonesia untuk menambah cita rasa masakannya. Serai mempunyai zat anti mikroba, antioksidan, anti-kanker, dan anti peradangan. Selain itu, serai juga salah satu sumber terbaik untuk vitamin A, C, folat, zat besi, magnesium, tembaga, potasium, kalsium, dan mangan.

Tapi dibalik manfaat daun serai sebagai bumbu penyedap, ternyata flora yang satu ini juga mempunyai manfaat untuk tubuh. Apa manfaat daun serai untuk kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat daun serai bagi kesehatan

1. Menghindari gigitan nyamuk

Apa kegunaan daun serai? Aroma serai yang segar mempunyai imbas menenangkan dan disukai oleh manusia, tetapi bau sereh ternyata dibenci oleh serangga, termasuk nyamuk. Gigitan nyamuk sanggup memperlihatkan rasa gatal dan bekas pada kulit. Bahkan beberapa nyamuk berpotensi untuk membawa penyakit ibarat demam berdarah dan malaria. Mengoleskan minyak serai secara terjadwal pada kulit dipercaya sanggup melindungi Anda dari gigitan nyamuk. Manfaat sereh untuk menghindari nyamuk juga sudah dibuktikan dengan banyaknya produk lotion anti nyamuk dengan bau daun serai.

2. Menurunkan tekanan darah

Serai mempunyai sifat diuretik yang artinya sereh bisa mambantu membuang kelebihan garam dan air dalam badan melalui urine. Kelebihan kadar garam dalam badan memang merupakan salah satu penyebab dari hipertensi. Sehingga kalau kita mengonsumsi serai secara rutin maka tekanan darah akan menurun seiring dengan menurunnya kadar garam dalam tubuh.

3. Menurunkan kadar gula darah

Apa manfaat daun serai? Selain menurunkan tekanan darah, manfaat daun serai yang lain ialah menurunkan kadar gula darah. Cara kerjanya yaitu mengeluarkan racun yang ada di pankreas dan meningkatkan kerja pankreas. Perlu diketahui bahwa penyebab diabetes ialah akhir pankreas tidak bisa memproduksi insulin yang diharapkan oleh badan sehingga kadar gula dalam darah pun naik.

4. Mengatasi depresi

Serai mempunyai sifat antidepresan yang bisa menurunkan banyak sekali tanda-tanda depresi ibarat stres, cemas, dan gangguan tidur atau insomnia. Aroma serai yang menenangkan dipercaya sanggup membantu relaksasi otot dan juga saraf sehingga tidur lebih nyenyak. Konsumsi teh daun serai sebelum tidur akan menciptakan tidur Anda lebih nyenyak.

5. Menjaga kadar kolesterol

Apa manfaat daun serai dan daun salam? Selain mengatasi depresi, manfaat sereh selanjutnya ialah bisa mencegah kadar kolesterol jahat dalam badan naik. Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa sereh bisa menaikkan kadar kolesterol baik dan mencegah perembesan kolesterol jahat dalam pencernaan. Meskipun sanggup membantu mencegah kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL naik, tetapi masih harus diuji kembali efektivitas daun serai pada pasien yang mempunyai penyakit kolesterol tinggi.

6. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat serai yang keenam ialah memelihara sistem pencernaan. Serai membantu melindungi sistem pencernaan dengan cara membunuh kuman patogen yang masuk dalam sistem pencernaan. Serai tidak hanya sanggup mencegah terjadinya benjol pada jalan masuk pencernaan tetapi dipercaya juga sanggup meredakan tanda-tanda banyak sekali dilema pencernaan mulai dari diare sampai sembelit. Serai juga sanggup mengatasi nyeri perut (termasuk juga nyeri haid) lantaran mempunyai imbas analgesik.

7. Pereda nyeri otot dan sendi

Efek analgesik tidak hanya sanggup dirasakan untuk meredakan sakit perut, tetapi juga jenis nyeri lainnya ibarat nyeri otot dan juga nyeri sendi. Manfaat serai untuk meredakan nyeri otot dan sendi bisa didapatkan dengan cara konsumsi teh serai atau dengan melaksanakan pijat memakai minyak serai.

8. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat daun serai dan jahe juga dipercaya sanggup menjaga kesehatan mulut. Serai dipercaya sanggup mengobati benjol lisan atau sariawan yang disebabkan oleh benjol jamur maupun bakteri. Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa konsumsi teh serai sanggup menurunkan tanda-tanda benjol lisan akhir jamur pada pasien HIV/AIDS. Hal ini lantaran serai mempunyai sifat antiinflamasi, antibakteri, dan juga antijamur.

Demikian klarifikasi ihwal apa manfaat daun serai untuk kesehatan? Semoga bermanfaat.