Tanda Awal Kehamilan Itu Seolah-Olah Tanda-Tanda Pms, Perhatikan 15 Tanda Hamil 1 Ahad Ini

 berikut ini beberapa tanda awal kehamilan  Tanda Awal Kehamilan Itu Mirip Gejala PMS, Perhatikan 15 Tanda Hamil 1 Minggu Ini
Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu Mirip Gejala PMS (Ilustrasi: hellosehat.com)

Tanda awal kehamilan ibarat tanda-tanda PMS.

Agar tidak menebak-nebak, berikut ini beberapa tanda awal kehamilan 1 ahad yang perlu Anda ketahui.

Tanda awal kehamilan selain haid yang tiba terlambat, ada tanda-tanda lain yang dapat menjadi indikasi bahwa Bunda sedang mengandung.

Praktis lelah, mual, serta muntah merupakan tanda-tanda awal kehamilan yang umum terjadi pada sebagian wanita. Namun, tanda awal kehamilan juga dapat sangat ibarat dengan premenstrual syndrome (PMS).

Kondisi ini kerap menciptakan para perempuan kesulitan dalam membedakan antara tanda-tanda awal kehamilan dengan tanda-tanda PMS.

Meski begitu, ada beberapa gejala khas kehamilan yang dapat Anda perhatikan.

Tanda Awal Kehamilan


Merdeka.com

Biasanya tanda-tanda ini sudah muncul bahkan kalau usia kehamilan Anda gres satu minggu. Itu lantaran segera sehabis sel telur Anda dibuahi, badan akan mulai mengalami aneka macam perubahan untuk menyesuaikan diri.

Nah daripada penasaran, berikut beberapa tanda awal kehamilan yang perlu bunda ketahui.

1. Perubahan payudara

Salah satu tanda awal kehamilan yakni adanya perubahan yang signifikan pada payudara Bunda. Payudara terasa bengkak, sakit dan sensitif.

Puting payudara juga menggelap dan lebih mencuat sebagai persiapan untk menyusui. Bagian areolapun menjadi lebih besar.

2. Lebih sering pipis

Bila Bunda tiba-tiba sering kebelet pipis di malam hari, hal ini dapat menjadi tanda awal kehamilan.

Frekuensi buang air kecil lebih sering menerangkan sel telur yang telah dibuahi mulai melaksanakan implantasi di dinding rahim. Hormon hCG yang muncul akhir implantasi ini memicu harapan untuk pipis lebih sering.

3. Rasa mual


Her World
Dilansir dari theasianparent.com, banyak ibu hamil yang mengalami mual di masa awal kehamilan.

Sekitar 50% perempuan mengalami mual dan muntah di trimester pertama kehamilan mereka. Kabar baiknya, kondisi ini akan berkurang ketika memasuki trimester kedua.

4. Lemas dan gampang lelah

Di masa kehamilan awal, tingkat hormon progesteron meningkat secara drastis dan terus berlanjut sampai final trimester pertama.

Level hormon progesteron yang meningkat tajam menciptakan Bunda cepat merasa kelelahan.

5. Praktis terkena flu

Level progesteron yang meningkat, mencegah sistem imun menyerang embrio janin yang gres melekat di dinding rahim. Efek sampingnya, Bunda jadi gampang terjangkit virus dan basil ibarat influenza.

6. Gusi bisul dan sakit


Doktersehat.com

Sistem imun yang melemah, serta volume darah yang meningkat di badan Bunda. Menyebabkan beberapa jaringan mengalami inflamasi. Salah satunya gusi.

Bila Bunda mengalami gusi berdarah, sakit atau mata bengkak. Bisa jadi tanda awal kehamilan.

7. Cairan kewanitaan

Keluarnya cairan di kewanitaan yang kental selama beberapa hari sehabis masa ovulasi juga menjadi tanda awal kehamilan yang sering luput dari perhatian.

Cairan lendir kental ini akan terus keluar untuk menjaga kebersihan organ kewanitaab secara alami, dan mencegah basil jahat menyentuh janin.

: Contoh Keputihan Tanda Hamil 1 Minggu dan Ciri-ciri Tanda Awal Kehamilan

8. Kram di kepingan rahim

Proses implantasi sel telur ke dinidng rahim dapat mengakibatkan rasa kram ibarat hendak haid, hanya saja mens tidak pernah datang. Banyak ibu yang mengalami kram di kepingan rahim di masa awal kehamilan.

9. Flek

Saat embrio janin melekat lebih dalam di dinding rahim, Bunda akan mengalami sedikit perdarahan atau flek.

Sekitar 25-30% mengalami flek di hari-hari pertama kehamilan. Seringkali, flek atau perdarahan ini disalahpahami sebagai mens.

Flek sebagai tanda awal kehamilan berwarna kecokelatan atau merah muda, dengan jumlah sedikit.

10. Menjadi pemilih soal makanan

Selain mengalami mual, Bunda juga akan menjadi pemilih soal makanan. Bisa jadi, kuliner yang dulu jadi favorit Bunda, sekarang membayangkan baunya saja sudah mau muntah.

Fluktuasi hormon di badan Bunda dapat juga dapat memicu harapan makan sesuatu yang sangat kuat, biasa disebut ngidam.

11. Rasa ibarat logam di lidah

Tanda awal kehamilan yang paling abnormal yang dirasakan Bunda ialah rasa ibarat logam di dalam mulut, yang tertinggal sehabis makan.

Hal ini merupakan efek smaping dari perubahan hormonal yang terjadi di badan Bunda ketika hamil muda.

Tingkat hormon estrogen memengaruhi sense of taste di verbal Bunda. Rasa logam di verbal ini dapat terus ada sampai produksi hormon lebih stabil di trimester kedua.

12. Peka terhadap suhu

Pada ketika cuaca dingin, Bunda menggigil. Ketika cuaca panas, Bunda merasa gerah luar biasa.

Tentu saja, hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang menciptakan sensor organ di tubuh  menjadi lebih peka dari sebelumnya.

13. Produksi air liur yang berlebihan

Kondisi ini terjadi biasanya disebabkan oleh naiknya asam lambung, yang kemudian menciptakan Bunda mengalami morning sickness.

14. Sembelit atau susah BAB


Hellosehat.com

Hormon progesteron yang meningkat juga mengakibatkan kerja usus menjadi lebih lambat. Akibatnya Bunda dapat mengalami susah buang air besar di masa awal kehamilan.

Kondisi ini dapat diatasi dengan minum air putih yang banyak dan konsumsi kuliner tinggi kandungan magnesium untuk mengatasi sembelit.

15. Emosi naik turun

Menjadi moody, cepat murka atau terlalu sensitif dan gampang tersinggung. Semua itu merupakan efek samping dari perubahan hormon di badan Bunda.

Jika kondisi ini disertai tanda-tanda awal kehamilan di atas, Bunda mungkin perlu beli testpack segera.

Nah itulah beliau tanda-tanda awal kehamilan yang harus bunda ketahui. Semoga bermanfaat.