Terbukti Efektif, Ini 11 Cara Meningkatkan Iq & Kinerja Otak Secara Maksimal


11 Cara Meningkatkan IQ & Kinerja Otak Secara Maksimal (foto: masdika.id)

Setiap orang terlahir dengan kepintaran yang berbeda.

Namun, tidak menutup kemungkinan, orang yang sudah bakir ingin menjadi lebih bakir lagi dengan meningkatkan IQ-nya.

Nah ternyata, 11 kebiasaan sederhana ini terbukti efektif meningkatkan IQ dan kinerja otak baik anak-anak, remaja maupun cukup umur secara maksimal.

Apa itu IQ? IQ atau dalam bahasa Inggris disebut dengan intelligence quotien merupakan kecerdasan intelektual yang dimiliki oleh seseorang.

Kecerdasan intelektual atau IQ merupakan istilah umum yang dipakai untuk menjelaskan sifat pikiran yang meliputi beberapa kemampuan, yakni kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, memakai bahasa, serta belajar.

Kecerdasan intelektual atau IQ merupakan sesuatu yang berkaitan dekat dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh seseorang.

Mengapa cara meningkatkan IQ otak itu penting? Anda bayangkan saja bagaimana jadinya jikalau insan yang mempunyai banyak kebutuhan dan keinginantak mempunyai instrumen kemampuan diatas.

Apakah mungkin kita bisa meningkatkan kepintaran otak atau IQ? Tentu saja mungkin. Ada banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan kemampuan otak.

Bukan hanya kita saja, kecerdasan intelektual (IQ) telah menarik perhatian banyak peneliti. Selama bertahun-tahun mereka mencari aneka macam cara untuk meningkatkan kecerdasan kita.

Dan hasilnya, banyak ditemukan cara gres wacana bagaimana cara meningkatkan kemapuan otak IQ otak manusia.

Walaupun riset menawarkan bahwa genetika memberi donasi 40-80% pada IQ manusia, tetapi itu bukan angka tetap. Dengan beberapa trik, Anda masih bisa meningkatkan IQ sampai satu deviasi standar maupun diatasnya.

Nah, berikut ini ialah 11 cara sederhana yang terbukti efektif sebagai cara meningkatkan IQ anak-anak, cara meningkatkan remaja maupun sebagai cara meningkatkan IQ orang dewasa.


Tribunnews

1. Belajar bermain alat musik dan fotografi

Berdasarkan hasil sebuah penelitian, orang cukup umur yang mempunyai hobi gres menyerupai fotografi, mempunyai hasil tes memori yang baik.

Selain itu, memainkan alat musik juga menjadi kunci utama untuk meningkatkan IQ anak-anak maupun kita sendiri.

Dengan berguru bermain alat musik, terbukti fungsi sel-sel otak kian meningkat.

2. Mengonsumsi masakan yang baik untuk otak

Cerdas menentukan makanan, semakin cerdas pula otak kita dan keluarga.

Penelitian yang dimuat dalam The Journal Neurology menemukan, diet berkualitas jadi faktor penting untuk menurunkan risiko kehilangan memori dan kemampuan berpikir.

Diet mediterania, misalnya. Diet ini memanfaatkan minyak zaitun dan kacang-kacangan yang kaya akan antioksidan. Alhasil, sanggup mencegah penuaan dan melindungi saraf otak.

3. Tidur yang berkualitas

Sebuah studi menyampaikan kalau tidur sanggup mempertajam memori kita. Ketika tidur otak akan menciptakan neuron gres yang baik untuk fungsi otak.

Kurang tidur justru sebaliknya, merusak saraf dan fungsi otak kita.

4. Olahraga

Menurut The Alzheimer's Association, rutin berolahraga sanggup mencegah penurunan kognitif.

Tak hanya itu, ternyata olahraga sederhana menyerupai berjalan juga sanggup meningkatkan kreativitas kita dan kinerja otak.

5. Hindari Stres

Stres sanggup berdampak serius pada pikiran manusia, tak terkecuali anak-anak. Padahal, kunci untuk menjadi cerdas ialah fokus.

Oleh lantaran itu, sebisa mungkin hidari stres.

: Obesitas Mempengaruhi IQ Anak? Benar Gak Ya?

6. Meditasi

Meditasi telah terbukti mempunyai banyak manfaata pada fungsi otak kita. Melalui meditasi kita sanggup meningkatkan konsentrasi dan kreativitas.

7. Membaca

Cobalah membaca buku secara serius, setidaknya satu buku perminggu.

Ha ini akan menciptakan kosakata, kecerdasan verbal, dan pengetahuan umum kita kian meningkat.

8. Aktif secara sosial

Bersosialisasi dengan orang lain bisa memaksimalkan potensi otak kita.

Hal ini disebabkan lantaran otak akan terus bekerja. Seperti memperoleh wawasan baru, mengemukakan ide-ide baru, sampai mengingat hal-hal spesifik mengenai mitra kita.

9. Bermain game

Menurut profesor di University of California Irvine, bermain game  tak selalu berdampak jelek bagi anak-anak, remaja maupun dewasa. Namun jutru bermain game bisa mengasah otak serta meningkatkan IQ kita.

Anda dan bawah umur bisa mencoba contohnya bermain game-game yang berbau strategi, atau game yang membutuhkan daya ingat.

10. Menonton TV

Jangan salah, sama halnya dengan game, menonton TV juga sanggup menciptakan kita lebih cerdas. Tapi, tentunya bila menonton jadwal yang mendidik.

Contohnya jadwal dokumenter atau jadwal pendidikan. Dengan begitu, pengetahuan umum kita dan bawah umur akan semakin meningkat.

11. Berteman dengan orang cerdas

Kita juga bisa ‘ketularan’ cerdas bila berteman dengan orang cerdas. Bersama mereka kita bisa berdiskusi atau berdebat mengenai aneka macam macam hal.

Alhasil, kecerdasan dan pengetahuan kita akan meningkat. Selain itu,kita juga bisa berguru untuk mengerti cara mereka berpikir dan mengekspresikan diri.

Nah itulah ia kebiasaan sederhana yang ternyata bisa meningkatkan IQ dan kinerja otak, agar bermanfaat.