10 Amalan Sunnah Di Hari Jumat Awal Bulan Rajab Yang Mempunyai Keutamaan Berlimpah Pahala


Sumber gambar banjarmasin.tribunnews.com

Selain berpuasa sunnah Rajab, banyak juga amalan yang mempunyai keutamaan berlimpah pahala lainnya yang bisa lakukan, supaya jumatmu terus membawa berkah dalam hidupmu yang telah dirangkum .

Memasuki bulan Rajab 1440 hijriah dalam kalender Islam. Bulan ketujuh dalam kalender hiriah ini menjadi bulan yang mulia selain bulan-bulan mulia lainnya ibarat Ramadhan, Syawal, Dzulhijah ata bulan lainnya.

Bertepatan di hari jum'at awal bulah Rajab tahun ini menjadi hari yang istimewa, lantaran dihari jum'at pasti selalu trending di sosial media soal tagar #JumatBerkah.

Selain berpuasa sunnah Rajab, banyak juga amalan yang mempunyai keutamaan berlimpah pahala lainnya yang bisa lakukan, supaya jumatmu terus membawa berkah dalam hidupmu yang telah dirangkum .

1. Membaca Surat Kahfi

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jum’at.”(HR Hakim dalam Al-Mustadrok).

2. Sebanyak Mungkin Membaca Shalawat Nabi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian yaitu hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, lantaran shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”.

Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?”

Nabi bersabda,“Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i).

3. Perbanyak Doa di Waktu Mustajab Ini

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jum’at kemudian berkata, “Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jikalau seseorang muslim melaksanakan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, pasti permintaannya akan dikabulkan.”

Lalu dia memberi aba-aba dengan tangannya yang menawarkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Banyak-banyak Dzikir Mengingat Allah

Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Wahai orang-orang yang beriman, jikalau kalian diseru untuk shalat pada hari jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah…” (QS. Al Jumu’ah: 9).

:

  1. Pengakuan Sedih Ibu yang Dibuang Anaknya di Tepi Jalan Tanpa Bekal Apa-apa
  2. Tanda-tanda Suami Sering Bohongi Istri, 7 Tanda Ini Bisa Kaprikornus Buktinya
  3. Hutang Puasa Tahun Kemarin Belum Lunas, Apa Boleh Qadha Ramadhan Sekaligus Puasa Rajab?


5. Mandi Jumat

Dalam sebuah hadits dari  Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, maka ia mandi ibarat mandi janabah…” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Gunakan Pakaian yang Paling Disukai

Anjuran ini terkait bersahabat dengan perintah shalat Jumat. Ketika sholat muslim menghadapkan dirinya pada Allah. Maka sepantasnyalah ia tampil dengan pakaian terbaiknya.

Nabi SAW bersabda, “Wajib bagi kalian membeli dua buah pakaian untuk shalat Jumat, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani)

7. Gunakan Wewangian

Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, kemudian menggunakan minyak rambut atau minyak basi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, kemudian shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan saat imam memulai khutbah, ia membisu dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini hingga Jumat berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Tidak Duduk dengan Memeluk Lutut Saat di Masjid

Ada sebuah larangan yang disampaikan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis hasan yang diriwayatkan Abu Dawud dan Tirmidzi dari Sahl bin Mu’adz bin Anas. Ia  menyampaikan bahwa Rasulullah SAW melarang Al Habwah (duduk sambil memegang lutut) saat sedang mendengarkan khatib berkhutbah. Maka, menghindarkan diri dri prilaku yang tidak boleh tersebut pun bisa menyebabkan sebuah amal ibadah.

9. Bergegas ke Masjid

Bersegera ke masjid merupakan salah satu sunnah yang bisa kita lakukan di hari Jumat.

Anas bin Malik berkata, “Kami berpagi-pagi menuju sholat Jumat dan tidur siang sesudah shalat Jumat” (HR. Bukhari).

10. Melaksanakan Shalat Sunnah Setelah Shalat Jumat

Sama ibarat shalat wajib lainnya, ada juga shalat sunnah yang mengiringi shalat Jumat. Shalat sunnah sesudah shalat Jumat dilakukan dua rakaat atau empat rakaat.

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kalian telah tamat mengerjakan shalat Jumat, maka shalatlah 4 rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa lantaran sesuatu, maka shalatlah 2 rakaat di masjid dan 2 rakaat apabila engkau pulang.” (HR. Muslim, Tirmidzi)

10 Amalan Sunnah di Hari Jumat Awal Bulan Rajab yang Memiliki Keutamaan Berlimpah Pahala yang dianggap sepele ini seringkali diabaikan, padahal jikalau kita melakukannya makala pahala akan mengalir dengan deras.

Dengan mengerjakannya akan bertambah pula kebaikan pada diri kita. Wallahu A'lam.
Related Posts