2 Cara Gampang Menciptakan Bunga Dari Kulit Jagung

Cara Praktis Membuat Bunga Dari Kulit Jagung  2 Cara Praktis Membuat Bunga dari Kulit Jagung
Image Source: santrijawa.com

Kulit jagung yang bagi kebanyakan orang hanya menjadi benda sisa tak bermanfaat. Tetapi ketika ini disulap menjadi bunga-bunga elok bernilai sampai dapat diimpor keluar negeri. Belakangan ini, banyak orang di Indonesia yang mempunyai hobi baru, yaitu hobi mengolah aneka macam barang yang sudah tidak berguna.

Cara menciptakan bunga dari kulit jagung merupakan sebuah kerajinan tangan dari materi bekas alami sederhana namun sangat bermanfaat untuk prakarya dari barang-barang yang sudah tidak berguna. Cara menciptakan bunga dari kulit jagung tentu saja menjadi sebuah nilai kerajinan yang sangat bagus dengan memanfaatkan limbah jagung.

Bagaimana cara menciptakan bunga dari kulit jagung? Dan di pertemuan kali ini kita masih bakal ngebahas yang namanya bunga, yakni cara menciptakan bunga dari kulit jagung dengan simpel yang pastinya keren untuk hiasan rumah Anda. Contoh kreasi bunga yang indah dari kulit jagung. Berikut ini yakni cara simpel menciptakan bunga dari kulit jagung yang mungkin dapat Anda coba dirumah.

:

Cara menciptakan bunga dari kulit jagung

1. Cara menciptakan bunga dari kulit jagung 1

Alat dan bahan

Hal pertama yang harus kau perhatikan yakni menyiapkan alat dan bahanya terlebih dahulu. Berikut alat dan bahannya:
  • Gunting
  • Kawat halus (bisa memakai kabel serabut bekas)
  • Kawat sedang (untuk tangkai bunganya)
  • Tang
  • Lem kertas
  • Kulit jagung (kulit jagung yang dipakai harus dalam keadaan sudah direbus dan dikeringkan terlebih dahulu)

Cara menciptakan bunga


Image Source: santrijawa.com
  1. Ambil kulit jagung yang sudah disiapkan tadi.
  2. Buatlah ukuran pada kulit jagung dengan panjang 6 cm dan lebar 2 cm sebanyak 5 helai dan kemudian digunting. Buat juga sehelai kulit jagung dengan panjang 8 cm dan lebar 3 cm.
  3. Bentuk 5 helai kulit jagung ukuran 5 cm x 2 cm tadi menjadi kelopak bunga.
  4. Kemudian siapkan kabel serabut yang sudah dikupas.
  5. Potonglah sehelai kabel tersebut dengan ukuran 25 cm. Kemudian bengkokan pada salah satu ujungnya dengan memakai tang.
  6. Ambil kulit jagung yang ukuran 8 cm x 3 cm tadi kemudian lipat menjadi 3 bagian. Lalu gulung ke kawat sedang (ujung yang sudah di bengkokan) yang dipakai sebagai tangkai. Pada bab ini berfungsi sebagai putik dan sebagai daerah meletakan kelopak bunga.
  7. Kemudian pilinlah sampai menutupi ujung kawat yang bengkok. Langkah selanjutnya ikatlah dengan melilitkan kawat serabut.
  8. Nah kini masuk ke tahap merangkai kelopak. Pertama-tama tempelkan satu kelopak terlebih dahulu dan ikatlah dengan memakai kawat serabut. Lihat gambar.
  9. Kemudian tambahkan kelopak yang kedua. Letakan posisi serapih mungkin,  perhatikan jarak antar kelopak, hal ini semoga 5 kelopak tadi rata posisinya.
  10. Lakukan hal yang sama sampai semua kelopak terpasang dengan rapih dan kuat. Jika ada yang dirasa kepanjangan maka kau dapat memotongnya.
  11. Pada tahap ini mulai terlihat bentuk bunga cempaka yang sudah jadi. Namun perlu di finishing lagi semoga terlihat lebih cantik.
  12. Ambil beberapa daun jagung sisa untuk di jadikan sebagai daunnya. Untuk langkahnya sama saja mirip menciptakan kelopak. Kamu harus mengukur terlebih dahulu. Buatlah beberapa helai daun.
  13. Ikatlah daun tersebut ke tangkai dengan kawat serabut. Ukuran daun yang mempunyai ukuran kecil diletakan dibagian atas sedangkan yang besar diletakan dibagian bawah. Ikatlah dengan berpengaruh semoga tidak simpel lepas dan rusak.
  14. Tutuplah Tangkai dengan kulit jagung. Pilih kulit jagung yang tipis dan lentur, kemudian buatlah menjadi ukuran 1-2 cm untuk lebarnya.

2. Cara menciptakan bunga dari kulit jagung 2

Ada juga model bunga yang kedua, kalau pada yang pertama yakni bunga cempaka dari kulit jagung. Yang kedua ini juga sama, akan tetapi model bunga dan bentuk bunga sangat berbeda. Seperti yang dapat kau lihat pada gambar diatas, hiasan bunga yang indah bukan. Nah, eksklusif saja kita menuju cara pembuatannya. Mula-mula siapkan alat dan materi terlebih dahulu.

Alat dan bahan
  • Gunting
  • Pensil/pulpen
  • Botol sirup bekas
  • Kertas kado
  • Ranting pohon
  • Lem tembak
  • Pewarna (hijau dan kuning)
  • Kulit jagung

Pada materi diatas juga sangat berbeda dengan yang pertama, cara yang kedua ini memakai ranting pohon sedangkan cara yang pertama memakai kawat. Memang untuk keawetan sendiri lebih berpengaruh dengan kawat, akan tetapi memakai ranting akan lebih indah. Untuk pewarna dapat memakai pewarna masakan atau pewarna tekstil.

Cara menciptakan bunga dari kulit jagung



Image Source: santrijawa.com

1. Siapkan air dan kemudian diberi pewarna kemudian masak sampai mendidih. (masak dengan wadah yang berbeda, warna hijau untuk daun dan warna kuning untuk kelopak bunga)
2. Jika sudah mendidih, masukan kulit jagung dan biarkan sampai warna meresap.
3. Tiriskan dengan cara diangin-anginkan tanpa terkena sinar matahari.
4. Jika sudah kemudian potonglah kulit jagung mirip bentuk daun dan kelopak. Lihat gambar dibawah ini.



5. Lipat kelopak secara simetris. Lihat gambar dibawah ini.


6. Lengkungkan bab yang lebar ke arah luar dan ditekan sehingga mirip gambar diatas.
7. Jika sudah kemudian rangkailah sampai menjadi kelopak bunga sungguhan dengan menggabungkan kelopak dengan lem tembak.
8. Jika sudah terbentuk tambahkan hiasan pada bab tengah dengan memakai sisa kulit jagung. Seperti gambar dibawah ini.



9. Buatlah beberapa bunga mirip digambar dibawah ini.


10. Kemudian pasangkan kelopak bunga yang sudah jadi ke ranting dengan memakai lem. (kreasikan dengan sekreatif mungkin)
11. Kemudian tempelkan juga daun yang sudah dibentuk pada ranting
12. Jika sudah kemudian bungkus ranting tersebut dengan kertas kado.
13. Di tahap simpulan ini harus mengkreasikan sebagus mungkin. Dan tara bunga sudah jadi.
Mungkin kalau Anda masih resah memakai cara-cara diatas, Anda dapat melihat video tutorial dibawah ini.



Nah itulah cara menciptakan bunga dari kulit jagung sebagai kerajinan tangan yang dapat dicoba dirumah, untuk menghiasi rumah Anda semoga lebih indah. Membuat kerajinan ini juga dapat mengurangi limbah kulit jagung di masyarakat.

Demikian cara menciptakan bunga dari kulit jagung dengan mudah. Semoga bermanfaat.