2 Resep Pie Susu Bali Yang Renyah Dan Lembut

 Sudahkah anda mendengar nama camilan anggun pie susu 2 Resep Pie Susu Bali yang Renyah dan Lembut
Image Source: ramesia.com

Sudahkah anda mendengar nama camilan anggun pie susu? Mungkin nama pie susu tak lagi absurd terdengar di indera pendengaran anda. Pie susu merupakan masakan nikmat yang namanya popular dari dahulu hingga sekarang.

Pie susu merupakan cemilan khas Bali yang seringkali dijadikan pilihan oleh para wisatawan sebagai oleh oleh. Rasanya yang gurih dan lembut membuatnya menjadi incaran bagi para pencinta masakan yang tiba ke Bali.

Oleh alasannya yaitu itu, kalau anda berwisata ke Bali cobalah untuk merasakan pie susu ini. Meskipun di kota lain juga ada, pie susu dari Bali lah yang paling populer.

Sangking populernya hasil pencarian untuk resep pie susu. Terdapat sekitar 2.460 varian resep pie susu yang gampang dibentuk dan tentu saja enak. Dan juga masih terdapat banyak lagi varian resep pie susu yummy dan lembut lainnya!

Nah, bagi yang tertarik untuk menciptakan pie susu sendiri dirumah yang nikmat dan lembut. Tenang, untuk menciptakan camilan anggun pie susu ternyata sangat simpel dan bahannya gampang didapat.

Kunci utama untuk mendapat pie susu yang nikmat dan lembut di pengecap yaitu dosis materi serta proses pemanggangan yang tepat.

Langsung saja, kali ini kami akan membuatkan aneka varian resep dan cara menciptakan pie susu yang nikmat dan lembut. Yuk, simak ulasannya dibawah ini supaya anda sanggup segera mencobanya di rumah!

:

1. Resep dan Cara Membuat Pie Susu Bali Yang Pertama

Bahan Untuk Kulitnya:

  • Mentega 150 gram
  • Tepung terigu protein sedang 225 gram
  • 2 sdm gula halus
  • 3 sdm meizena
  • 2 butir telur (gunakan kuningnya saja)
  • Garam ¼ sdt

Bahan Untuk Isinya:

  • 1 butir telur
  • Gula pasir 3 sdm
  • Vanili bubuk ½ sdt
  • Susu kental anggun 4 sdm
  • Tepung custard 1 sdt
  • Susu cair 300 ml
  • Garam ¼ sdt

Cara Membuat Isinya:

  1. Mulai dengan merebus tepung custard yang sebelumnya telah dicampur susu cair dan gula pasir. Aduk hingga tercampur dan mendidih.
  2. Campurkan untuk telur dan diaduk rata.
  3. Selanjutnya tambahkan garam, susu kental anggun serta vanili bubuk ke dalam gabungan yang sudah direbus tadi dan tunggu hingga gabungan dingin.

Cara Membuat Pie Susunya:

  1. Campurkan semua materi kulit yang telah disediakan hingga merata.
  2. Oleskan cetakan dengan  materi mentega supaya tidak lengket, kemudian tuangkan gabungan dalam cetakan yang tersedia (diameter 8 cm).
  3. Ratakan untuk gabungan dan bentuk bab pinggir menggunakan ujung garpu.
  4. Supaya matangnya merata, anda sanggup menusuk-nusuk di bab bawah gabungan dengan garpu.
  5. Tuangkan isian yang telah dibentuk diatas gabungan kulit, dan lanjut untuk memanggang dalam panggangan kurang lebih selama 60 menit dengan suhu 150 derajat celcius.
  6. Apabila gabungan sudah bewarna keemasan, silahkan diangkat.
  7. Pie susu siap disajikan.

2. Resep dan Cara Membuat Pie Susu Bali Yang Kedua

Bahan:

  • 500 gram tepung pembuat roti atau tepung terigu
  • seperempat (250 gram) margarin
  • 6  telur ayam diambil kuningnya saja
  • 200 ml air matang
  • 1 susu kaleng kental manis.
  • 1 butir besar atau 2 butir telur ayam
  • 1 sendok kecil garam

Cara Membuatnya:

  1. Pertama tama buat kulit pie nya dulu. Ambil 500 gram tepung terigu yang telah disiapkan di atas. Campurkan  dengan 250 gram margarin dan garam secukup nya.
  2. Kemudian aduk secara perlahan lahan hingga semua materi tercampur dengan sempurna.
  3. Jika sudah tercampur, pecahkan satu butir telur ayam yang ukuran nya cukup besar. Masukkan dan aduk ke dalam gabungan dengan tangan (uleni) hingga benar benar kalis dan tercampur sempurna.
  4. Berikutnya menciptakan isi pie susu nya. Ambil satu kawasan yang lain menciptakan gabungan isi pie nya. Ambil untuk 6 butir kuning telur yang dipersiapkan dan campurkan  1 kaleng susu putih kental anggun juga air. Mixer ketiga materi tersebut dalam kecepatan sedang hingga semua materi tercampur secara sempurna. Usahakan agar  proses pengadukan ini tidak mengakibatkan bahan-bahan di dalamnya berbuih.
  5. Siapkan untuk cetakan yang akan di gunakan untuk pembuatan Pie nya. Bentuk cetakan sanggup dikreasaikan dengan selera atau keinginaan Anda.
  6. Selanjutnya sanggup mengambil gabungan kulit pie di atas. Ambil dengan sedikit dan ratakan menggunakan tangan. Ingat, sebaiknya menggunakan tangan dalam meratakannya alasannya yaitu karenanya sangat berbeda apabila Anda menggunakan alat lain.
  7. Masukkan untuk isi pie diatas ke dalam cetakan yang telah di alasi kulit pie. Sebaiknya cetakan di isi secukupnya saja. Jangan terlalu banyak suapaya menghindari camilan anggun pie yang tidak matang. Pada tahap ini, Anda sanggup sedikit berkreasi dengan gaya inspirasi baru. Coba dengan menambahkan coklat tabur, kismis parutan keju, atau yang lain untuk hasil yang menraik dan menggugah selera.
  8. Panaskan panggangan dengan ukuran api sedang, sesudah dirasa cukup panas masukkan cetakan pie susu tadi ke dalam nya. Panggang hingga kurang lebih 40 menit hingga dengan 60 menit.
  9. Jika sudah matang yang ditandai dengan bab dalamnya matang yakni dengan menggunakan lidi dan menusukan ke dalam bab kuenya. Jika masih lembek dan lengket, berarti camilan anggun belum matang dengan sempurna.

Demikian klarifikasi diatas wacana aneka resep pie susu dan cara membuatnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!