Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Alami Tanpa Obat

Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Alami Tanpa Obat Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Alami Tanpa Obat
Image Source: harapanrakyat.com

Masuk angin bahwasanya bukanlah sebuah istilah medis yang menggambarkan jenis penyakit dalam tubuh. Lantas bagaimana cara mengatasi masuk angin? Dikutip dari banyak sekali sumber, berikut ini tips mengatasi masuk angin dengan gampang tanpa menggunakan obat-obatan.

Masuk angin ialah kombinasi dari beberapa tanda-tanda dan bukan nama suatu penyakit. Maka, cara mengatasi masuk angin pun harus efektif juga. Biasanya, kerokan menjadi salah satu cara mengatasi masuk angin. Padahal, ada obat masuk angin alami yang bisa Anda buat dengan bahan-bahan di rumah dan pastinya alami.

Berikut ini ialah beberapa cara mengatasi masuk angin dengan alami di rumah. Apa saja penyebab dan cara mengatasi masuk angin? Yuk simak artikel dibawah ini.

:

Cara Mengatasi Masuk Angin secara Alami

Mencegah lebih baik daripada mengobati, itulah pepatah yang seringkali kita dengar. Cara ini memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, dan penyakit yang sering menyerang ialah masuk angin. Sebagai tindakan pencegahan masuk angin, berikut ini cara mengatasi masuk angin yang bisa Anda lakukan:

1. Gunakan pakaian hangat

Cara mencegah masuk angin yang pertama ialah menggunakan pakaian yang sesuai dengan musim, menyerupai peralihan animo kemarau ke animo hujan. Jangan lupa untuk membawa pakaian ekstra, jaket, sweater, atau selimut di tas.

2. Gunakan sarung tangan dan kaus kaki

Menggunakan sarung tangan dan kaus kaki bisa menjaga kehangatan dan kelembapan kulit dan bisa menghangatkan dikala animo hujan.

3. Gunakan epilog kepala

Gunakan epilog kepala biar terlindung dari angin, udara dingin, dan air hujan. Penutup kepala tersedia dalam banyak sekali macam, menyerupai topi dan kupluk.

4. Makan masakan berkalori tinggi

Konsumsi masakan berkalori tinggi untuk menjaga panas tubuh. Makanan berkalori tinggi yang bisa anda konsumsi menyerupai roti, sereal bars, cokelat, dan biskuit

5. Hindari berkeringat banyak

Jangan berkeringat terlalu banyak merupakan cara mencegah masuk angin, alasannya keringat menciptakan panas tubuh hilang lebih cepat, kesannya Anda akan merasa kedinginan.

6. Hindari alkohol

Konsumsi minuman beralkohol sanggup mengganggu kemampuan tubuh mengatur suhu tubuh dan meningkatkan hilangnya panas tubuh.

7. Hindari kafein dan rokok

Jauhilah kafein dan rokok, alasannya keduanya sanggup menyebabkan pembuluh darah di tangan dan kaki menyempit. Aliran darah pun menjadi kurang lancar sampai menyebabkan tangan dan kaki kedinginan yang akhirnya menyebabkan masuk angin.

Jika Anda terlanjur masuk angin, segera melaksanakan cara mengatasi masuk angin yang telah dijelaskan di atas.

8. Perbanyak minum air putih

Konsumsi banyak air sampai urine berwarna bening. Tanda tubuh Anda tidak cukup mendapat asupan cairan terlihat bila Anda tidak buang air kecil setiap 2-3 jam sekali.

9. Makan teratur

Salah satu hal yang paling gampang dilakukan untuk mencegah terjadinya masuk angin ialah makan secara teratur. Selain itu Anda bisa mengonsumsi vitamin, baik itu vitamin yang bersumber dari vitamin komplemen masakan maupun vitamin alami.

Asupan vitamin tambahan ini bertujuan supaya daya tahan tubuh menjadi baik. Cara gampang lainnya yang sanggup Anda lakukan untuk mencegah terjadinya masuk angin ialah pakailah pakaian tebal atau jaket bila sedang mengendarai sepeda motor atau berada di tempat dengan angin puting-beliung dan dingin.

10. Hindari minuman dingin

Cara mencegah masuk angin yang gampang dilakukan ialah dengan menghindari minum minuman dingin. Sebaiknya konsumsi wedang jahe atau minuman-minuman hangat lainnya. Selain mencegah, jahe dan minuman hangat juga dipakai sebagai obat masuk angin.


Obat Masuk Angin Alami

Ketika masuk angin menyerang, keinginan untuk berbaring di tempat tidur dan tidak melaksanakan apa-apa ialah sesuatu yang umum terjadi. Oleh alasannya itu, biar Anda tetap bisa beraktivitas menyerupai biasa, ada banyak cara mengatasi masuk angin yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Madu dan lemon

Madu terbuat dari serbuk sari bunga dan enzim dalam air liur lebah yang mempunyai antioksidan, sifat antivirus, dan antibakteri. Kandungan tersebut sebagai cara mengatasi masuk angin dengan ampuh. Antioksidan dalam madu juga sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian di Pennsylvania State University tahun 2007 menemukan bahwa pada 105 belum dewasa dengan nanah jalan masuk pernapasan atas, mereka yang mengonsumsi madu mengalami peningkatan 40% terhindar dari batuk dan tidur gelisah dibandingkan dengan belum dewasa yang tidak diobati.

Cara menciptakan obat masuk angin alami: Tambahkan dua sendok makan madu ke secangkir air hangat, air matang atau teh hijau. Tambahkan beberapa sendok teh perasan lemon untuk meningkatkan vitamin C.

Tetapi jangan berikan madu pada bayi dan anak-anak, kemungkinan spora botulism dan sistem kekebalan mereka tidak cukup besar lengan berkuasa untuk mengatasinya.

2. Sup ayam

Sup ini terdiri dari kaldu ayam, daging ayam, wortel, kentang, tomat, bawang putih, dan paket bumbu. Namun setiap budaya mempunyai versinya sendiri sebagai obat masuk angin dan untuk kekebalan tubuh.

Selain dipakai sebagai cara mengobati masuk angin, daging ayam dan sayuran dalam sup ayam diketahui menghambat peradangan pada jalan masuk bronchial, yang menyebabkan batuk dan pilek, berdasarkan penelitian tahun 2000 di Nebraska Medical Center di Omaha.

Sup ayam juga mengandung asam amino yang bertindak menyerupai obat acetylcysteine, yang dipakai untuk mengobati bronkitis dan penyakit paru-paru lainnya.

Panasnya juga membantu, berdasarkan para peneliti di Common Cold Centre di Cardiff University di Wales. Sebuah studi 2008 menemukan bahwa pada 30 orang dengan pilek atau flu, minuman panas menyerupai teh jauh lebih efektif dalam mengurangi pilek, batuk, bersin, sakit tenggorokan, meriang, dan kelelahan daripada minuman yang bersuhu ruangan.

3. Teh jahe

Jahe mengandung senyawa gingerols yang sanggup mengatasi rasa sakit, peradangan, kuman dan virus. Jahe menekan senyawa peradangan, berdasarkan sebuah studi 2005 di Universitas Johns Hopkins di Baltimore.

Ketika mengalami pilek atau flu, Anda membutuhkan cairan, dan teh jahe ialah cara yang terbaik sebagai cara mengobati masuk angin. Sebaiknya minum teh jahe atau air jahe tanpa ditambahkan gula.

4. Makanan pedas

Seperti yang kita tahu, masakan pedas menciptakan hidung Anda mengeluarkan cairan atau meler. Makanan pedas juga sanggup menghilangkan masuk angin alasannya sifatnya yang menghangatkan badan. Bawang putih, cabe dan jahe ialah semua anti-peradangan yang ampuh, menjinakkan iritasi di hidung, tenggorokan, jalan masuk pernapasan kepingan atas, dan masuk angin.

5. Minyak kayu putih

Minyak yang satu ini sudah semenjak dahulu dipakai untuk menghangatkan tubuh termasuk sebagai cara menyembuhkan masuk angin.

Minyak kayu putih berasal dari pohon eukaliptus yang mengandung beberapa senyawa, salah satunya ialah cineole, yang memerangi virus, kuman dan jamur.

Minyak kayu putih juga sanggup mengurangi nanah virus penyebab pilek dan flu, berdasarkan studi tahun 2009 oleh University of Heidelberg di Jerman.

6. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang mungkin mempunyai sifat antimikroba. Menambahkan bawang putih ke hidangan masakan mungkin mengurangi keparahan tanda-tanda masuk angin dan pilek. Selain obat masuk angin, bawang putih juga bermanfaat menghilangkan rasa sakit atau peradangan.

7. Probiotik

Probiotik ialah kuman dan ragi yang “ramah” ditemukan di tubuh Anda. Probiotik juga ditemukan di beberapa masakan dan suplemen. Probiotik sanggup membantu menjaga kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh Anda, dan penelitian menunjukkan bahwa probiotik sanggup mengurangi kemungkinan Anda sakit dengan nanah jalan masuk pernapasan atas.

Mengnsumsi probiotik yang yummy dan bergizi ialah yoghurt. Selain bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, yogurt ialah minuman sehat yang mengandung banyak protein dan kalsium. Carilah produk yoghurt yang mencantumkan kuman hidup pada labelnya.

8. Mandi air hangat

Salah satu cara mengobati masuk angin ini sangat mudah, Anda hanya melaksanakan mandi air hangat. Cara ini sekaligus sanggup mengurangi tanda-tanda flu dan pilek pada orang dewasa. Menambahkan garam dan baking soda Epsom ke dalam air hangat sanggup mengurangi sakit pada tubuh.

9. Teh hijau

Obat masuk angin alami ini mengandung antioksidan tinggi yang bisa melawan radikal bebas. Kandungan tersebut bermanfaat sebagai cara menghilangkan masuk angin. Minum teh hijau juga sanggup merelaksasi tubuh Anda. Sebaiknya meminum teh hijau yang rendah kafein dan polifenol.

10. Istirahat

Cara menyembuhkan masuk angin selanjutnya hanya dengan beristirahat. Cara ini tentu sangat dibutuhkan biar tubuh Anda pulih dari masuk angin.

Saat sakit, tubuh Anda membutuhkan waktu dan energi untuk melawan kuman dan virus. Istirahat dengan tidur benar-benar sanggup mengurangi masuk angin.

Gejala Masuk Angin yang Harus Anda Kenali

Perlu diketahui, biasanya tanda-tanda masuk angin sanggup dikenali dengan adanya perubahan pada tubuh seperti:

  1. Badan terasa tidak enak
  2. Kedinginan
  3. Meriang
  4. Sakit kepala
  5. Otot terasa nyeri
  6. Kehilangan nafsu makan
  7. Cepat merasa lelah
  8. Selain itu, ciri-ciri masuk angin lainnya juga bisa ditunjukkan dengan sering bersendawa, sering buang angin (berbau) serta muncul rasa pegal-pegal.

Meski ciri-ciri masuk angin terlihat sepele, namun bila masuk angin disertai nyeri perut, diare, dan berat tubuh turun terus menerus, hal itu harus segera mendapat penanganan serius alasannya bisa jadi ini indikator penyakit lain.

Itulah cara gampang dan alami mengatasi masuk angin sampai cara mencegah masuk angin. Jika masuk angin tidak kunjung hilang dengan cara-cara diatas, segeralah periksakan ke dokter biar tidak semakin parah.

Demikian cara mengatasi masuk angin dengan cepat yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.